Cara Uninstal Game/Aplikasi Tanpa Menghapus Data di Android

Smartphone Android telah dibekali beragam fitur menarik salah satunya adalah kapasitas penyimpanan yang besar untuk menginstal aplikasi maupun game. Namun beberapa pengguna mengeluhkan ruang penyimpanan nya yang penuh dan memutuskan untuk meng uninstall beberapa aplikasi atau game di ponsel nya. Lalu bagaimana cara uninstall aplikasi atau game tanpa harus kehilangan data di Android?

Game dan aplikasi di Android saat ini memiliki ukuran yang cukup besar dan semakin bertambah setelah kita menginstalnya, apalagi jika terdapat pembaruan atau update maka ukuran aplikasi atau game tersebut dapat memenuhi ruang penyimpanan ponsel khususnya penyimpanan internal.

Cara Uninstal Game/Aplikasi Tanpa Menghapus Data di Android

Baca Juga: Cara Instal Dolby Atmos di Semua HP Android Tanpa Root 

Meskipun beberapa smartphone dapat memindahkan data game atau aplikasi ke memori eksternal namun hanya smartphone tertentu saja yang memiliki fitur tersebut. Untuk ponsel android pada umumnya ketika memori ponsel penuh tentunya kita harus melakukan cara untuk melegakan ruang penyimpanan salah satunya adalah dengan mencopot beberapa aplikasi atau game.

Berbicara mengenai game tentu sangat disayangkan apabila kita mencopot nya dari ponsel android kita, sebab untuk menginstallnya membutuhkan kuota internet yang cukup banyak apalagi game game online seperti PUBG Mobile, Free Fire, Mobile Legends, dan lain lain. Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa mencopot game tanpa perlu kehilangan data agar sewaktu waktu jika ingin memainkan nya kembali kita tidak perlu mendownload ulang dari awal.

Baca Juga: Cara Menyembunyikan Navigasi Bar di Android Tanpa Root 

Langsung saja berikut

Cara Uninstall Game / Aplikasi Tanpa Menghapus Data di Android


Pada cara ini ini misterhidayat.blogspot.com menggunakan aplikasi File Manager yaitu X-plore File Manager di Google Play Store, atau kamu juga bisa menggunakan aplikasi File Manager lainnya

Terdapat 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk hal ini,

1. Memindahkan File ke Memori Eksternal atau Penyimpanan Lainnya.


Cara yang pertama adalah bisa dengan memindahkan file data atau obb ke penyimpanan eksternal di SD Card atau penyimpanan lain seperti USB OTG, caranya adalah Buka aplikasi file manager lalu Masuk ke Memori perangkat - Android - data lalu cari folder game yang ingin kamu pindahkan tersebut.

Nah mungkin disini kamu bingung folder yang mana? karena banyak folder aplikasi dan game di dalamnya. Cara mengetahui folder game atau aplikasi nya adalah dengan masuk ke menu tampilan awal di Pengelola aplikasi lalu lihat nama paket aplikasi nya. Seperti gambar dibawah


Cara Uninstal Game/Aplikasi Tanpa Menghapus Data di Android

Dari gambar diatas bisa kamu lihat package name atau nama paket dari apk game mobile legends adalah com.mobile.legends. Setelah kamu mengetahui nama paket nya silahkan kembali ke tampilan awal lalu masuk Memori perangkat - Android - data 

Cari folder com.mobile.legends setelah ketemu silahkan klik panah biru ke arah kanan,  otomatis panel akan bergeser ke arah kanan lalu klik pada SD Card. Jika sudah silahkan klik panah biru ke samping kiri untuk kembali.

Ceklis pada folder tersebut seperti gambar dibawah lalu tekan tahan lama pada folder sampai muncul pop up menu lalu pilih Pindahkan klik OK

Cara Uninstal Game/Aplikasi Tanpa Menghapus Data di Android

2. Mengganti Nama Folder Aplikasi atau Game


Cara yang kedua adalah dengan mengganti nama pada folder com.mobile.legends

1. Masuk ke folder Memori perangkat - Android data lalu cari folder game atau aplikasi yang ingin kamu copot.

2. Tekan dan tahan pada folder tersebut sampai muncul pop up menu lalu pilih Ganti nama silahkan ganti dengan menambahkan kata atau apapun terserah kamu. misalnya dari com.mobile legends jadi com.mobile.legends123

Cara Uninstal Game/Aplikasi Tanpa Menghapus Data di Android

Jika kamu sudah mengganti nama folder nya, sekarang kamu sudah bisa men copot atau meng uinstal aplikasi dan game tanpa takut data akan ikut hilang atau terhapus.

Beberapa game atau aplikasi juga memiliki lebih satu folder data. Selain itu ada juga file yang terdapat pada folder Android - obb. Pastikan di folder obb tidak ada data obb nya. Jika di folder obb terdapat data obb aplikasi atau game yang ingin kamu uninstal silahkan lakukan hal yang sama seperti di atas. Yaitu dengan memindahkan atau mengganti nama folder nya.

Baca Juga: Cara Mengubah Boot Animasi Android Mudah dan Aman

Bagaimana mudah bukan? Jika kamu masih tidak mengerti mengenai langkah langkah diatas atau ada yang ingin ditanyakan silahkan tanyakan melalui kolom komentar ya. Oh ya cara diatas juga tidak mengharuskan ponsel dalam keadaan root (tanpa root). Itulah diatas cara uninstal game dan aplikasi di android tanpa menghapus data atau kehilangan data. Semoga berhasil!
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.