Cara Menyembunyikan Navigasi Bar di Android Tanpa Root

Sekarang ini hampir semua smarphone terbaru sudah dilengkapi dengan tombol navigasi bar (navigation bar). Namun beberapa orang ingin menghilangkan tombol tersebut, alasannya mungkin untuk mendapatkan tampilan layar yang penuh dan terlihat lebih luas. Berikut cara menyembunyikan navigasi bar di android tanpa root.

Apa Itu Navigasi Bar?

Navigasi bar adalah tombol virtual yang berfungsi untuk mengontrol letak tampilan smartphone. Fitur ini mulai diterapkan semenjak versi android 4.0 Ice Cream Sandwich hingga versi terbaru saat ini. Fitur Bar Navigasi atau Navigation Bar, menyediakan kontrol navigasi pada perangkat yang tidak memiliki tombol fisik untuk tombol Home, Back, dan Menu.

Baca Juga: Cara Transparansi Panel Android Tanpa Root

Memang jika kita ketahui lebih jauh, navigasi bar memiliki banyak kegunaan terutama menghindari perangkat dari kerusakan tombol fisik. Seperti yang sering kita temui ketika menggunakan tombol fisik secara terus menerus maka suatu saat tombol tersebut akan tidak berfungsi. Jika kamu menggunakan bar navigasi, kemungkinan masalah tersebut tidak akan terjadi.

Cara Menyembunyikan Navigasi Bar di Android Tanpa Root

Bagi smartphone yang sudah disematkan navigasi bar, sudah pasti tampilan antar muka atau tampilan layar menjadi tidak penuh. Ini karena tombol navigasi bar itu sendiri membutukan sedikit ruang di bawah layar smartphone. Beberapa orang mungkin merasa hal tersebut sedikit mengganggu apalagi bagi mereka yang menginginkan layar smartphone yang lebih luas.

Tapi jangan khawatir, di postingan ini misterhidayat.blogspot.com akan berbagi tutorial untuk menyembunyikan atau menghilangkan navigasi bar di semua hape android tanpa harus melakukan root. Cara dibawah juga bisa sekaligus menyembunyikan status bar.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Iklan di Game, Aplikasi, dan Browser Android

Cara Menyembunyikan Navigasi Bar di Android Tanpa Root 


1. Menyembunyikan Navigasi Bar Dengan Aplikasi


Kamu bisa menggunakan aplikasi Power Toggles untuk mengaktifkan mode immersive di ponsel. Mode immersive ini pada dasarnya untuk menyembunyikan status bar dan navigasi bar.

  • Silahkan download melalui link (disini) aplikasi ini tidak membutuhkan akses root.
  • Kemudian, tekan dan tahan pada layar beranda dan lalu pilih pada bagian "Widget", dan pilih "Power Toggles", dan seret "4 × 1 Panel Widget" ke layar depan.

Cara Menyembunyikan Navigasi Bar di Android Tanpa Root

  • Sekarang, kamu perlu menyesuaikan widget. Tekan tombol "Add Toggle", dan gulir ke bawah ke bagian "Display". Di dalam nya, terdapat beberapa daftar menu. Pilih "Mode Immersive". Silahkan tekan saja untuk menambahkannya ke widget.

Cara Menyembunyikan Navigasi Bar di Android Tanpa Root

  • Tekan Selesai "Done" untuk meninggalkan menu pengeditan widget. Sekarang, di homescreen, cukup ketuk Ikon Mode Imersif untuk menyembunyikan navigasi bar maupun status bar.

Cara Menyembunyikan Navigasi Bar di Android Tanpa Root

Selesai. Bagaimana mudah bukan?

Jika ternyata tidak berhasil kamu bisa menggunakan aplikasi dibawah ini.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi GMD Full Screen Immersive Mode (disini). Jika cara diatas menyembunyikan nav bar dan status bar secara bersamaan, pada aplikasi ini kamu bisa memilih menyembunyikan nav bar saja atau status bar saja.

2. Menyembunyikan Navigasi Bar Dengan Build.Prop (Root)


Cara yang kedua adalah dengan menggunakan build.prop. Jika sebelumnya hanya menghilangkan nav bar sementara maka dengan cara ini kamu bisa menghilangkannya secara permanen. Perlu kamu tau ponsel harus sudah dalam keadaan root dan kamu juga harus sudah menginstal aplikasi kontrol navigasi seperti assistive touch (disini) atau control pie (disini)

  • Buka Play Store dan download aplikasi BuildProp Editor gratis (disini)
  • Setelah itu, silahkan jalankan aplikasi nya, tekan ikon Edit di sudut kanan atas untuk membuka editor. 

Cara Menyembunyikan Navigasi Bar di Android Tanpa Root

  • Geser ke paling bawah dan tambahkan baris berikut “qemu.hw.mainkeys = 1” lalu tekan Simpan (Save) di sudut kanan atas.
  • Ketika menekan Save atau Simpan, akan muncul beberapa pilih. Silahkan pilih "(Save and Exit) atau Simpan dan Keluar". Selanjutnya akan muncul peringatan akses root silahkan ijinkan. Setelah selesai, silahkan reboot atau restart perangkat.

Cara Menyembunyikan Navigasi Bar di Android Tanpa Root

Sekarang kamu sudah bisa menghilangkan navigasi bar secara permanen di android. Nah untuk mengembalikannya silahkan hapus qemu.hw.mainkeys = 1 atau ubah menjadi qemu.hw.mainkeys = 0.

Baca Juga: Kumpulan Script Tweak Build.prop Android Terlengkap

Selesai. Bagaimana mudah bukan? Itulah diatas cara menyembunyikan navigasi bar dan status bar di android dengan root dan tanpa root. Jika masih tidak mengerti mengenai langkah langkah diatas silahkan tanyakan di kolom komentar. Semoga berhasil!
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.