Cara Mengubah Boot Animasi Android Mudah dan Aman

Sistem operasi android merupakan sistem operasi open source dimana kita bisa menyesuaikan tampilan mulai dari tampilan sistem termasuk tampilan pada boot animasi ketika ponsel pertama kali dihidupkan. Jika kamu merasa tampilan boot animasi pada ponsel android mu agak membosankan untuk dilihat kamu bisa mengubahnya melalui cara di postingan ini tentunya mudah dan aman.

Boot animasi adalah animasi logo yang muncul setiap kali pengguna menghidupkan ponsel. Biasanya itu sudah disematkan pada masing masing vendor ponsel dengan gaya animasi yang berbeda beda. Untuk mengganti boot animasi sesuai yang kamu mau, kamu bisa mengganti file bootanimation.zip yang terletak pada file sistem. 

Cara Mengubah Boot Animasi Android Mudah dan Aman

Sebelum memulai langkah langkah dibawah, perlu kamu tau bahwa cara ini tidak bisa dilakukan kecuali ponsel dalam keadaan root. Jadi jika ponsel belum di root kamu tidak bisa mendapatkan akses atau melihat file sistem untuk mengganti boot animasi. Nah jika ada tutorial yang mengatakan bisa tanpa root maka sudah jelas itu fake atau abal abal. Untuk ponsel yang belum di root silahkan ikuti tutorial nya di link dibawah 


Oke langsung saja kita menuju ke langkah langkah 

Cara Mengubah Boot Animasi Android Mudah dan Aman


1. Pertama, kamu harus menginstal aplikasi file manager di google play store seperti ExplorerX-plore File Manager, dll 

2. Jika sudah memiliki salah satu dari aplikasi file manager diatas silahkan buka dan jalankan aplikasinya. Masuk ke System - Media 

3. Di dalam folder Media, kamu akan menemukan file "bootanimation.zip" silahkan ganti namanya (rename) dengan nama apapun terserah kamu. Misalnya jadi "bootanimation123.zip"

Cara Mengubah Boot Animasi Android Mudah dan Aman

4. Selanjutnya, download boot animasi dari google atau forum xda karena disana menyediakan banyak sekali animasi berbeda yang bisa kamu pilih.

5. Setelah kamu mendapatkan file bootanimation silahkan kamu ganti jadi bootanimation.zip dan pindahkan file tersebut ke system - media

Jadi di dalam folder media terdapat 2 file boot animasi yaitu bootanimation123.zip dan bootanimation.zip. 

6. Silahkan tekan dan tahan sampai pada bootanimation.zip pilih permission sampai muncul pop up berikut. Lalu centang seperti gambar di bawah (rw-r-r)

Cara Mengubah Boot Animasi Android Mudah dan Aman

7. Selesai, silahkan restart ponsel. 

Untuk mengembalikan ke tampilan boot awal kamu tinggal hapus bootanimation.zip dan ganti bootanimation123.zip jadi bootanimation.zip.

Nah untuk beberapa vendor ponsel seperti samsung, di sistem - media ternyata tidak terdapat file bootanimation.zip melainkan kumpulan file dengan format .qmg

Untuk mengubahnya sebenarnya sama saja, kamu tinggal download ekstrak file zip dan lihat file di dalamnya. Biasanya terdapat 3 atau 4 file seperti bootsamsung.qmg, bootsamsungloop.qmgshutdown.qmg, dan PowerOn.ogg

Silahkan salin dan pindahkan file diatas ke dalam folder sistem - media. Jika ada peringatan timpa atau ganti silahkan ijinkan. 

Catatan: Khusus untuk file audio PowerOn.ogg silahkan salin dan pindahkan ke folder sistem - media - audio - ui

Jangan lupa untuk backup semua file original untuk mengembalikan ke tampilan awal

Jika sudah set permission untuk masing masing file diatas dengan rw-r-r

Cara Mengubah Boot Animasi Android Mudah dan Aman

Selesai. Silahkan restart
Itulah diatas cara mengganti boot animasi android yang ternyata sangat mudah di lakukan. Jika kamu masih tidak mengerti mengenai langkah langkah diatas silahkan tanyakan melalui kolom komentar. Semoga berhasil!
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.