Tips dan Cara Memperpanjang Durasi Lucid Dream

Tips dan Cara Memperpanjang Durasi Lucid Dream

Jika kamu mencari informasi mengenai tips dan cara memperpanjang durasi lucid dream, saya anggap kamu sudah tahu di postingan sebelumnya yang membahas apa itu lucid dream dan cara melakukan lucid dream dengan mudah, setidaknya kemampuan kamu sudah sampai di level pre intermediet atau menuju ke level menengah. Tapi tergantung dari seberapa keras usaha yang kamu lakukan apabila kamu belum mendapatkan lucid dream janganlah kecewa apalagi menyerah begitu saja; tetap lanjutkan pratik dan curahkan waktu untuk mempelajari teknik-teknik yang ada.

Lumrah nya seseorang ketika bermimpi kebanyakan sering berganti scene yang membuat kita merasa bahwa mimpi tersebut terjadi begitu singkat, padahal sebenarnya kita bermimpi sepanjang malam tapi yang diingat hanyalah scene di mimpi terakhir sebelum kita terbangun. Dalam kasus lucid dream agak sedikit berbeda, berdasarkan pengalaman saya lucid dream yang singkat terjadi ketika tidak adanya kontrol antara fikiran sadar dan fikiran tidak sadar. Maksudnya bagaimana?

Saya akan menyebut istilahnya seperti itu, mungkin kamu tau maksud fikiran sadar tadi tapi apa itu fikiran tidak sadar? Dalam definisi saya fikiran tidak sadar adalah fikiran yang mempertahankan rasa kantuk kita. Fikiran tersebut yang menjaga agar kita tidak terbangun dari mimpi. Menyeimbangkan fikiran sadar dan tidak sadar dilakukan saat kita mendapatkan lucid dream. Ketika itu terjadi apabila fikiran sadar lebih dominan maka kita akan terbangun dari mimpi namun apabila fikiran tidak sadar lebih dominan maka kita akan tidur terlelap atau deep sleep.

Ketika seseorang berada di fase lucid peranan terpenting adalah konsentrasi, sulit mempertahankan konsentrasi ketika bermimpi hanya akan melepas kondisi lucid tersebut menjadi mimpi biasa atau malah terbangun dari tempat tidur. Biasanya itu terjadi ketika penjelahah mimpi yang pemula mendapat lucid dream namun belum bisa mengendalikan lingkungan mimpi, alhasil banyak kejadian aneh dan mengubahnya menjadi mimpi buruk sebelum akhirnya terbangun dari tidur.

Pada postingan kali ini saya ingin berbagi beberapa tips dan cara agar durasi lucid dream bisa bertahan lama tepat setelah kamu tertidur

Tips dan Cara Memperpanjang Durasi Lucid Dream



1. Kenali kesalahan saat praktik


Alasan lucid dream terjadi begitu singkat salah satu penyebabnya adalah rasa gembira yang berlebihan ketika tersadar saat bermimpi. Kegembiraan berlebihan tersebut sudah cukup untuk mengakhiri lucid dream sebelum kamu bisa melakukan banyak hal didalamnya.

Berada di dunia mimpi memang sepenuhnya berbeda, salah satunya karena banyak hal unik ketika berada di lingkungan yang baru. Butuh waktu agar terbiasa.

2. Relaks


Ketika kamu menemukan diri mu tersadar di dunia mimpi tetap kontrol perasaan gembira yang kamu miliki dan jangan buru-buru melakukan sesuatu seperti terbang atau hal lainnya.
tetap tenang dan lakukan secara perlahan.

3. Merangsang fikiran sadar


Banyak penjelajah mimpi tiba tiba kembali ke mimpi biasa karena mereka hilang kesadaraan. Untuk mencegah hal ini kamu bisa melakukan cek kesadaran atau reality check secara berkala ketika berada di dunia mimpi, misalnya dengan menghitung jumlah jari atau melihat jarum jam.

Selain cek kesadaran, cara lain yang saya lakukan adalah dengan tidak melihat keadaan sekitar saat lingkungan berubah ke dalam scene yang berbeda. Melihat perubahan lingkungan terjadi dengan jelas hanya akan membuat saya menjadi "terbuai" dan mengantuk. Hal itu menyebabkan hilang kesadaran. Mungkin cara ini bisa berhasil atau tidak berhasil. Tergantung masing-masing orang yang mengalaminya.

Dengan Menstimulus fikiran sadar tentunya bisa menjadi teknik dasar agar durasi lucid dream bisa bertahan lebih lama.

4. Ucapkan kalimat mujarab


Kapanpun kamu merasa akan hilang kesadaran, ucapkan kata kata berikut "saya sedang bermimpi, saya sedang bermimpi" lalu lakukan cek kesadaran untuk menegaskan kembali kalau kamu sedang bermimpi.

5. Tunda hal berikut


Banyak orang saat memasuki keadaan mimpi sadar, hal pertama yang ingin dilakukan adalah terbang atau melakukan hal hal intim. Padahal itu hanya akan membuat hilangnya konsentrasi seperti yang sudah saya sebutkan pada poin nomor 1. Kegembiraan berlebihan ketika berupaya untuk terbang atau melakukan hal intim membuat seseorang "tergelincir" dalam deep sleep atau mimpi lelap karena sulit mempertahankan konsentrasi dalam keadaan tersebut.

Meskipun saya menyarankan untuk tidak melakukan hal intim atau berupaya untuk terbang mungkin saja kamu akan mengabaikannya, tapi yang perlu diketahui adalah kamu harus menundanya sebelum terbiasa secara sadar ketika berada di dalam mimpi.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

This post have 0 comments

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.