Daftar Nutrisi yang Tepat untuk Lansia


Daftar Nutrisi yang Tepat untuk Lansia

Memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi untuk seseorang yang sudah lanjut usia sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya karena terjadi perubahan komposisi tubuh. Seiring bertambahnya umur, tubuh akan kehilangan kepadatan tulang, kekuatan otot, dan kemampuan dalam meyimpan lemak karena hormon didalam tubuh tidak seaktif dulu.

Ada beberapa nutrisi yang dapat menghambat munculnya gangguan kesehatan pada lansia, dibawah ini daftar gizi dan nutrisi yang bisa di konsumsi lansia atau berapa pun usia anda untuk dapat sehat lebih lama.

1. Air

Air di dalam tubuh menurun seiring bertambahnya usia, jadi semakin tua seseorang maka akan mengalami dehidrasi dengan mudah. Terkadang mereka tidak merasa haus sedangkan tubuh kekurangan cairan. Direkomendasikan untuk meminum air setidaknya 1 ons untuk setiap 2.2 pond berat badan atau tidak lebih dari 1,5 liter perhari.

2. Protein

Ketika seseorang berada pada masa lansia, asupan protein sangat dibutuhkan tubuh untuk menunjang sistem imun atau sistem kekebalan tubuh. Dengan asupan protein yang cukup akan menghambat kehilangan massa otot. Dalam memenuhi kebutuhan protein direkomendasikan untuk mengkonsumsi makanan tinggi protein seperti telur, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, dan ikan.

3. Karbohidrat dan Serat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama seluruh tubuh. Anda bisa mendapatkan kandungan karbohidrat dalam roti, sereal, pasta, dan produk gandum lainnya. Sedangkan untuk serat dan air bisa didapatkan melalui sayuran hijau dan buah-buahan.

4. Lemak

Kebanyakan kita menyarankan orang tua untuk tidak mengkonsumsi daging padahal kandungan di dalam daging juga dibutuhkan untuk tubuh terutama lemak, tentunya asupan lemak untuk orang tua harus dibatasi bukan dilarang. Lansia bisa mengkonsumsi daging tanpa lemak, produk susu rendah lemak, dan memakan makanan yang tidak melalui proses penggorengan.

5. Zat Besi

Bagi lansia kekurangan zat besi amat berbahaya. Apalagi fungsi zat besi itu sendiri sangat erat hubungannya dengan ketersediaan jumlah darah yang diperlukan untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Sumber zat besi yang baik bisa didapat dari daging merah tanpa lemak atau sereal.

6. Seng (Zinc)

Seng diperlukan untuk tubuh sebagai anti oksidan, mempertahankan sistem imun, menjaga kesehatan sistem reproduksi dan juga pencernaan. Untuk membantu anda memenuhi kebutuhan seng anda bisa menkonsumsi tiram, daging sapi, bayam, ikan, kacang-kacangan, dan jamur.

7. Kalsium

Kalsium merupakan salah satu nutrisi yang sering di hindari kebanyakan orang tua karena dapat mengganggu pencernaan mereka terutama kalsium yang banyak terdapat pada susu. Alhasil para orang tua jarang minum susu padahal mereka harus mendapatkan sekitar 1.500 mg kalsium sehari.  Kalsium berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Susu bubuk tanpa lemak, yoghurt, keju rendah lemak, dan brokoli bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsium dan dapat mencegah masalah penyakit tulang seperti osteoporosis atau tulang keropos.


8. Vitamin B12

Vitamin B12 diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan saraf dan mencegah anemia. Ketika masa lansia kemampuan tubuh dalam menyimpan vitamin B12 akan berkurang.Vitamin B12 bisa didapat dalam bentuk obat tentunya melalui anjuran dokter.


Masing-masing nutrisi diatas dibutuhkan untuk menjaga tubuh yang mulai renta agar tetap dalam keadaan baik. Orang tua harus berusaha untuk tetap aktif dan berjuang untuk diet seimbang agar terpenuhinya tubuh yang sehat dan panjang umur.

Semoga bermanfaat!
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

This post have 0 comments

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.