12 Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Yang Tidak Banyak Orang Tahu

12 Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Yang Tidak Banyak Orang Tahu
Kelapa merupakan tumbuhan yang hampir seluruh bagiannya dapat dimanfaatkan oleh manusia. Salah satunya cairan yang terdapat di dalam buah kelapa yang ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat air kelapa yang tidak banyak orang ketahui?

Air kelapa juga disebut cairan kehidupan karena banyaknya manfaat kesehatan yang ditawarkannya. Asupan air kelapa menyelamatkan nyawa banyak prajurit selama Perang Pasifik. Asupan cairan ini sangat berguna untuk kesehatan tubuh manusia karena merupakan minuman yang lengkap.

Cairan bening yang diperoleh dari kelapa muda dalam bentuk segar dikenal sebagai air kelapa. Air ini mencapai bentuk padat saat kelapa matang. Air kelapa adalah salah satu minuman yang biasa dikonsumsi oleh orang-orang dari negara-negara tropis.

Baca Juga: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jeruk Bagi Kesehatan

Rasanya yang manis dan memiliki banyak manfaat, membuat air kelapa menjadi minuman yang disukai. Dokter juga merekomendasikan minum air kelapa untuk pasien yang sakit. Bahkan di beberapa negara air kelapa dikemas untuk dijadikan produk jual.

Rasa air kelapa berubah sesuai dengan wilayah di mana tanaman tersebut tumbuh. Misalnya rasa air yang diperoleh dari kelapa Brasil tidak berasa, buah kelapa India menghasilkan air yang manis. Kelapa Indonesia memiliki rasa yang sama dengan kelapa India, namun sedikit lebih manis.

Karena kadar kalium yang tinggi di dalamnya, air kelapa juga disebut sebagai minuman olahraga. Konsumsi air kelapa memiliki banyak manfaat yang didapat dan berikut

Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Yang Tidak Banyak Orang Tahu


1. Mengatasi masalah saluran kemih dan ginjal


Air kelapa mampu mengatasi masalah yang berkaitan dengan saluran kemih, usus dan ginjal. Air kelapa membantu menyembuhkan masalah kencing seperti poliutra dan strangury. 

Selain itu juga membantu meningkatkan pencernaan dan menghancurkan cacing di dalam usus jika diminum dengan satu sendok teh minyak zaitun selama tiga hari. Air kelapa dapat meredakan usus dari racun yang berbahaya dan bertindak sebagai karminatif (mengeluarkan gas di saluran pencernaan). 

Dokter menyarankan pasien yang menderita batu ginjal untuk minum air kelapa selain obat-obatan biasa. Air kelapa membantu melarutkan batu-batu ginjal dan memudahkan jalan keluarnya dari tubuh.

2. Penggunaan Obat 


Monolaurin, kandungan kimia dalam air kelapa memiliki sifat antibakteri dan antivirus. Dengan demikian, mampu untuk membunuh patogen seperti cytomegalovirus dan virus Herpes. Air kelapa juga digunakan untuk mengurangi muntah pada pasien yang menderita tifoid dan malaria.

3. Untuk Transfusi Darah 


Air kelapa juga digunakan dalam transfusi darah karena memiliki sifat yang mirip dengan plasma darah. Air kelapa juga digunakan sebagai pengganti cairan standar IV - untuk hidrasi intravena.

4. Membantu dalam Penurunan Berat Badan 


Banyak dari kita tidak tahu air kelapa sebagai minuman untuk menurunkan berat badan. Cairan kaya nutrisi ini juga dapat membantu meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan suplai oksigen ke sel-sel tubuh.

5. Membuang Racun Tubuh


Karena air kelapa bersifat isotonik, terbukti bermanfaat untuk rehidrasi tubuh. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan mudah untuk menyingkirkan racun dengan cara buang air kecil.

6. Meningkatkan Sirkulasi darah dan Mempertahankan PH tubuh


Ini membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mempertahankan tingkat pH cairan tubuh. Elektrolit yang ada dalam air kelapa membantu memenuhi kebutuhan energi tubuh dengan cara yang jauh lebih baik daripada minuman kemasan lainnya; penderita diare juga bisa memanfaatkan sebagian besar dari asupan minuman energi ini.

7. Mengontrol Diabetes


Air kelapa ternyata mampu mengontrol penyakit diabetes dengan syarat tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

8. Melawan Radikal Bebas


Kehadiran antioksidan dalam air kelapa terbukti sangat membantu dalam melawan radikal bebas.

9. Bebas Kolestrol dan Lemak


Air kelapa dianggap lebih bermanfaat daripada susu dan jus jeruk, karena tidak mengandung lemak dan kolesterol seperti yang ada dalam susu. Kelebihan kalori yang ditemukan dalam jus jeruk juga tidak ada dalam air kelapa 

10. Mengurangi Tekanan Darah


Studi mengungkapkan ternyata air kelapa memainkan peran penting dalam mengurangi tekanan darah di arteri.

11. Membantu Mempercepat Penyerapan Obat


Air kelapa digunakan untuk mengurangi pembengkakan di tangan dan kaki. Air kelapa juga sangat berguna untuk pasien karena membantu menyerap obat dengan mudah.

12. Air Kelapa Untuk Kecantikan


Air kelapa terbukti bermanfaat dalam mengurangi jerawat. Pembersihan dan pengencangan kulit dapat dilakukan dengan menerapkan air kelapa pada wajah.

Air kelapa digunakan oleh olahragawan saat berolahraga, bersepeda gunung, aerobik, dll. Ini adalah minuman alami tanpa tambahan pengawet, Dengan mengkonsumsinya tidak menyebabkan efek samping. Minuman ini sarat dengan mineral, vitamin, nutrisi, gula dan cairan alami yang dibutuhkan tubuh.
Penting untuk dicatat bahwa kandungan gula dalam air kelapa alami sangat rendah dan minuman tersebut aman untuk penderita diabetes asalkan dikonsumsi secara tidak berlebihan. Air kelapa bebas dari bahan kimia dan juga aman untuk bayi. Karena cairan alami ini memiliki banyak manfaat di dalamnya, maka sangat pas jika kita menyebut air kelapa ini sebagai 'cairan kehidupan'. 

Tentu saja air kelapa yang baik untuk di konsumsi adalah yang segar dan belum terpapar panas matahari atau udara luar dalam waktu lama.

Itulah 12 manfaat air kelapa bagi kesehatan yang tidak banyak orang tahu. Jika artikel diatas bermanfaat jangan lupa bagikan.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

This post have 0 comments

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.