5 Tips Sehat di Bulan Ramadan

5 Tips Sehat di Bulan Ramadan
Ramadan adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu khususnya untuk umat muslim di seluruh dunia.

Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan membutuhkan banyak energi dan juga komitmen untuk menjalaninya apalagi yang berada di negara tropis seperti Indonesia.

Cuaca panas dan terik matahari memang menjadi tantangan tersendiri. Nah agar tidak jatuh sakit selama bulan Ramadan, berikut

5 Tips Sehat di Bulan Ramadan


1. Jangan melewatkan sahur


Hal pertama yang paling penting yaitu jangan melewatkan sahur. Bukan hanya makan di waktu sahur adalah sunnah namun itu juga sangat penting untuk menjaga energi di dalam tubuh kita selama menjalani aktivitas seharian.

2. Memilih makanan dengan bijak


Di bulan Ramadan banyak tempat menjual berbagai macam makanan untuk berbuka, namun kita harus memilih makanan dengan bijak. Seperti hindari makanan yang digoreng, mengandung banyak minyak,  berlemak, dan bersantan.

Sebisa mungkin sediakan makanan yang mengandung karbohidrat protein, dan serat. Memakan buah-buahan juga disarankan agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Ketika waktu sahur hindari makanan asin karena akan menyebabkan rasa haus berlebih.

3. Jaga cairan tubuh


Ahli kesehatan merekomendasikan bahwa meminum 10 sampai dengan 12 gelas air per harinya saat berpuasa sangat baik bagi tubuh.

Meskipun banyak pilihan minuman seperti jus atau sirup usahakan air putih menjadi prioritas utama.

4. Berolahraga


Banyak dari kita berpikir melakukan olahraga ketika berpuasa adalah hal yang sangat berat untuk dijalani padahal hal tersebut sangat baik untuk tetap menjaga kesehatan tubuh kita.

Waktu terbaik untuk berolahraga adalah setelah berbuka puasa. Luangkan waktu beberapa saat untuk olahraga agar darah mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh, melancarkan sistem pencernaan, dan membantu proses metabolisme.

5. Tidur cukup


Hal terakhir yang paling sering diabaikan adalah tidur. Memang ketika bulan Ramadhan semua orang berlomba-lomba untuk beribadah kepada Allah namun Jangan lupa untuk tidak mengabaikan waktu tidur kita.

Bagaimanapun tubuh membutuhkan cukup tidur untuk mengembalikan energi dan menyegarkan fikiran.

Agar tidak jatuh sakit usahakan setidaknya 6 sampai dengan 8 jam untuk tidur. Jangan lupa bahwa tidur di bulan ramadhan adalah ibadah.

Itulah tips sehat yang bisa kita lakukan saat berpuasa di bulan Ramadhan. Jika artikel diatas bermanfaat jangan lupa bagikan untuk membantu menyebarkan kebaikan kepada banyak orang.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.