Pertanyaan Umum Mengenai Lucid Dream

Pertanyaan Umum Mengenai Lucid Dream

Jika anda sudah membaca di postingan sebelumnya mengenai apa itu lucid dreaming?manfaat lucid dream, dan cara lucid dream mudah untuk pemula. Selanjutnya misterhidayat.blogspot.com akan menyampaikan pertanyaan umum mengenai lucid dream untuk anda yang sedang mempraktekan lucid dream.

Pertanyaan umum FAQ mengenai lucid dream


1. Apakah lucid dream terasa nyata?


Coba anda ingat kembali mimpi apapun yang pernah anda alami sebelumnya lalu coba jelaskan se detail mungkin mimpi tersebut. Anda mungkin akan mengalami kesulitan saat menyampaikan nya dengan jelas dan sulit menyampaikan perasaan yang anda rasakan di dalam mimpi itu.

Atau mungkin saja anda mampu menjelaskan secara detail, tapi anda mengalami kesulitan ketika mencoba untuk menyampaikan emosi dan mempertegas apa yang terjadi di mimpi tersebut. 

Saat bermimpi anda akan mengalami hal menarik sayangnya ketika terbangun sulit sekali mengingat nya. berbeda ketika anda berada dalam keadaaan Lucid dream. Anda akan mengingatnya terus menerus. 

Sama halnya ketika merasakan sesuatu saat lucid dream. Otak kita akan memproses ingatan yang pernah di rasakan ke lima panca indra. Jadi saat berada di lucid dream anda juga bisa merasakan rangsangan dan sentuhan sama seperti di dunia nyata.

2. Apakah lucid dream berbahaya?


Lucid dream adalah cara untuk mengeksplorasi banyak hal dengan menyenangkan dan tentu nya aman. Dengan lucid dream anda mendapatkan pengalaman luar biasa tanpa menggunakan metode yang berbahaya seperti penggunaan obat-obatan tertentu yang digunakan hanya untuk mendapatkan keadaan menghayal atau merasakan sesuatu yang menarik.

Tidak ada seorang pun yang bisa terjebak di dalam mimpi atau mendapatkan bahaya saat berada di lucid dream. Karena lucid dream adalah bagian dari anda sendiri dan tentu anda akan kembali dan bangun di tempat tidur seperti biasanya.

3. Sulit mengingat mimpi; apa yang seharusnya dilakukan?


misterhidayat.blogspot.com sudah menjelaskan di postingan sebelumnya cara untuk mengingat mimpi. Silahkan baca dan pahami kembali. Jika anda sudah mencoba namun tetap tidak bisa mengingat mimpi anda, mungkin anda memiliki gangguan tidur atau gangguan kesehatan tertentu yang mengganggu pola tidur anda.

Jadi pastikan anda mencoba langkah-langkah sebelumnya dengan benar.

4. Sudah pernah lucid dream dan itu menakutkan; apakah itu normal?


Lucid dream dapat menjadi menyeramkan jika anda tidak memiliki persiapan yang baik. Banyak orang begitu senang tapi ada yang sebaliknya, terkadang hal menyeramkan itu terjadi begitu saja. Cara terbaik jika anda mendapati pengalaman mimpi yang menyeramkan saat lucid dream adalah menyadari bahwa semua itu hanya terbentuk karena fikiran anda sendiri yang membuatnya.

Semua hal yang terjadi di dalam mimpi adalah bentuk dari fikiran anda itu sendiri. Hal hal yang seram yang muncul hanya tanda atau symbol dari dalam fikiran. 

5. Saya pernah lucid dream tapi tidak bisa mengendalikan mimpi, kenapa?


Memang sulit mengendalikan secara penuh dunia mimpi, apalagi bagi anda yang baru mempelajarinya.

Mungkin anda sadar kalau anda sedang bermimpi tapi tidak bisa mengendalikan nya atau menciptakan sesuatu di dalamnya, itu karena beberapa orang memiliki kemampuan konsentrasi dan fikiran yang berbeda-beda. Jadi berlatihlah terus.

6. Apa perbedaan day dreaming dengan lucid dreaming?


Perbedaan Antara dua hal tersebut adalah anda sadar dan terbangun saat day dreaming dan tertidur saat lucid dreaming. Day dreaming dalam bahasa indonesia berarti melamun, anda pasti pernah melamun, bukan?, namun bukan melamun dengan fikiran kosong melainkan fikiran anda menghayalkan sesuatu yang menarik sama halnya seperti lucid dream, hanya saja day dreaming dilakukan dalam kondisi terbangun bukannya tertidur.

7. Apakah lucid  dream akan membuat kita lelah saat bangun pagi? 


Selama kita melakukan lucid dream kita akan melakukan hal-hal yang seperti nya membuat kita lelah. Tapi banyak orang justru merasa lebih segar dan lebih baik setelah mereka mengalami lucid dream. Ini terjadi karena saat lucid dream kita berada di tempat yang menyenangkan dan itu akan memulihkan tubuh juga fikiran kita secara tidak langsung.

Memiliki kesadaran saat bermimpi tidak akan berdampak negative pada keadaan tubuh seseorang.

8. Dapatkah kita merasakan makanan saat lucid dream?


Sensor mengirim rangsangan ke otak dan otak menyimpan semua bentuk rangsangan tersebut dari apa yang pernah dialami di dunia nyata, Kemungkinan anda juga akan mengalami nya di dalam mimpi. Anda bisa mencoba membayangkan makanan favorit anda.

Fikirkan dengan jelas dan visualisasikan di dalam fikiran. Jika anda mencobanya dengan benar, anda bisa merangsang otak untuk merasakan apa yang anda ingin rasakan.

9. Apa kaitan mengingat mimpi dengan dengan lucid dream?


Mengingat mimpi di sebuah jurnal mimpi atau menyimpannya dalam jurnal audio, itu akan membiasakan otak untuk berada dalam keadaan sadar meskipun dalam keadaan bermimpi.

Saat anda ingat mimpi-mimpi sebelumnya, otak akan menyimpan informasi/memori mimpi yang pernah dialami tersebut untuk dikemudian hari dibuat ulang atau dengan keadaan/situasi/perasaan yang sama yang akan anda rasakan di mimpi selanjutnya.

Kemudian saat anda merasakan hal yang sama seperti di mimpi sebelumnya. Otak akan mudah merespon kalau itu adalah kondisi mimpi karena anda pernah merasakan keadaan/situasi/perasaan yang pernah anda alami. Pada akhirnya anda sadar kalau ini adalah mimpi, saat itulah anda berada dalam keadaan lucid dream.

Itu tadi beberapa pertanyaan umum mengenai lucid dream jika anda ingin menanyakan hal yang lain mengenai lucid dream silahkan ajukan di komentar .
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.