7 Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan Tubuh

Nangka merupakan salah satu buah yang cukup familiar khususnya bagi orang orang yang tinggal di daerah tropis termasuk Indonesia. Buah yang dengan warna kuning dengan rasanya yang manis ini ternyata memiliki sejumlah kandungan nutrisi dan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat nangka bagi kesehatan? Simak penjelasannya dibawah.

Kandungan nutrisi buah nangka

Buah Nangka memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Nutrisi nutrisi tersebut diantaranya adalah vitamin C, vitamin C, kalium, kalsium, thiamin, niasin, zat besi, dan seng. Selain itu, buah nangka kaya serat dan rendah kalori sehingga baik bagi seseorang yang menderita penyakit jantung.

Dalam dalam satu cangkir atau sekitar 165 gram buah nangka mengandung beberapa nutrisi berikut, diantaranya:

  • Kalori sebesar 155
  • Kandungan karbohidrat total sebanyak 39,6 gram 
  • Mengandung protein 2,4 gram 
  • Lemak 0,5 gram, dan
  • 2,6 gram serat


7 Manfaat Nangka Bagi Kesehatan


1. Meningkatkan Antibodi dan Mencegak Kanker


Nangka mengandung zat antioksidan dan fitonutrien. Zat tersebut berguna untuk mencegah penyakit kanker. Zat lainnya yang ada pada nangka adalah lignan, isoflavon, dan saponin. Kandungan antioksidan pada buah nangka dapat menetralkan radikal bebas, penyebab beragam penyakit salah satunya kanker.

Selain itu, penelitian mengungkapkan bahwa kandungan vitamin C yang ada pada nangka mampu meningkatkan kadar enzim antioksidan penting yang bisa mencegah munculnya penyakit kanker payudara pada wanita. Singkatnya nangka sangat dianjurkan untuk di konsumsi untuk mencegah penyakit terutama yang berkaitan dengan kanker.

2. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular


Selain antioksidan buah nangka juga mengandung kalium. Kalium berguna dalam mengatur tekanan darah dan irama jantung. Bersama dengan vitamin B6 yang terdapat pada nangka dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Buah nangka juga mengandung resveratrol yang bermanfaat dalam membantu mengobati penyakit kardiovaskular seperti iskemia, hipertensi dan aterosklerosis.

3. Menyehatkan sistem pencernaan


Kandungan serat dalam buah nangka dapat membantu mengatasi masalah pada sistem pencernaan seperti sembelit dan lain lain. Selain itu juga 90 persen buah ini adalah karbohidrat kompleks yang sangat dianjurkan bagi anda yang sedang menjalankan program diet. Kandungan karbohidrat pada nangka mampu membuat perut kenyang lebih lama, sehingga dapat mengurangi nafsu makan berlebih.

4. Menguatkan Tulang dan Gigi


Siapa yang tidak ingin sehat lebih lama, terutama mereka yang terus ingin aktif bergerak meskipun lanjut usia. Nah sudah pasti caranya adalah dengan menjaga tulang agar tetap kuat supaya dapat menopang tubuh lebih lama.

Jika ingin tulang kuat maka anda memerlukan nutrisi yang baik salah satunya adalah kalium. Kalium dapat didapat dengan mengkonsumsi sumber makanan sehat salah satunya buah nangka. Kalsium berguna untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang dan gigi. Secara tidak langsung akan menghindari berbagai penyakit tulang seperti arthritis, osteoporosis, dan mempertahankan kesehatan gigi agar tidak mudah keropos.

Selain kalium, buah nangka juga kaya kandungan potasium yang berfungsi untuk meningkatkan kepadatan tulang.

5. Memelihara Kesehatan Mata


Memiliki penglihatan yang sehat tentu semua orang menginginkannya bukan? Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah nangka. Hal tersebut karena zat yang ada pada nangka diantaranya beta karoten, vitamin A, Lutein dan Zeaxanthin. Beta karoten disintesis oleh tubuh dan diubah menjadi Vitamin A.

6. Biji Nangka Mengandung Kadar Glikemik Rendah


Selain daging buahnya, ternyata biji nangka juga baik bagi kesehatan tubuh terutama bagi anda yang memiliki masalah pada kadar glukosa yang rendah. Dengan memakan biji nangka maka akan mengatasi masalah tersebut karena pada biji nangka mengandung pati serat makanan yang dibutuhkan tubuh. Anda bisa mengolah biji nangka dengan cara di kukus atau direbus untuk mendapatkan manfaatnya.

7. Membantu mengontrol diabetes


Diabetes merupakan salah satu penyakit yang patut diwaspadai sebab komplikasi diabetes amat membahayakan. Untuk itu selalu konsumsi sumber makanan yang baik salah satunya buah nangka. Buah nangka mengandung kadar glukosa yang baik bagi penderita diabetes.

Itulah diatas 7 manfaat buah nangka bagi kesehatan tubuh. Tentunya manfaat buah nangka bisa didapatkan jika kita mengkonsumsi tidak berlebihan. dan jangan lupa untuk selalu terapkan pola hidup sehat dengan berolahraga juga hindari makanan cepat saji. Salam sehat!
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.