6 Manfaat Susu Kefir Untuk Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Susu Kefir Bagi Kesehatan Tubuh

Mungkin banyak dari kita masih belum mengenal minuman yang satu ini. yap susu kefir. Apa saja manfaat kesehatan yang bisa kita peroleh dengan mengonsumsi susu kefir? simak penjelasannya dibawah ini.

Apa Itu Kefir?

Kefir, juga dikenal sebagai kephir, yaitu minuman fermentasi yang berasal dari bagian utara Pegunungan Kaukasus, yang juga merupakan perbatasan antara Asia dan Eropa. Nama kefir sendiri berasal dari bahasa Turki “keif,” yang artinya “perasaan baik.” Minuman ini dibiakkan dan difermentasi, sebenarnya hampir sama seperti yogurt, namun bedanya kefir mengandung soda.

Ada 2 jenis varian kefir yang beredar, yaitu susu kefir (milk kefir) dan air kefir (water kefir). Susu kefir Mengandung lebih dari 40 strain bakteri, bisa dibilang lebih probiotik daripada yoghurt, bahkan dapat dikonsumsi oleh individu yang tidak toleran laktosa. Sedangkan air kefir terdiri dari bakteri Lactobacillus brevis, Streptococcus lactis dan Saccharomyces cerevisiae.

Susu Kefir dan air kefir sama-sama bermanfaat bagi tubuh Anda. Cuma karena kurangnya penelitian yang dilakukan tentang air kefir ini, maka dalam artikel ini kita akan membahas mengenai manfaat susu kefir untuk kesehatan. Tetapi sebelumnya, simak dulu kandungan gizinya berikut ini.

Kandungan Nutrisi Kefir

Secangkir susu kefir terdiri dari 152 kalori dan 27 mg kolesterol, sementara 1 cangkir air kefir mengandung 16 kalori.

Selain itu, dalam secangkir susu kefir mengandung sekitar:


  • 7,9 gram protein
  • 8,1 gram lemak
  • 12 gram karbohidrat
  • 257 miligram sodium
  • 331 miligram potassium
  • 280 miligram kalsium
  • 80 miligram vitamin A

Sementara dalam satu cangkir air kefir mengandung sekitar:

  • 1,6 gram protein
  • 0,3 gram lemak
  • 2,3 gram karbohidrat
  • 12 miligram natrium
  • 38 miligram potasium
  • 10 miligram kalsium

Setelah mengetahui kandungan nutrisi yang terdapat pada susu kefir sekarang kita akan mencari tau apa saja manfaanya.

6 Manfaat Susu Kefir untuk Kesehatan


1. Membantu Menurunkan Berat Badan


Kabar baik untuk yang sedang diet, karena salah satu manfaat susu kefir untuk kesehatan adalah mampu menghilangkan lemak tubuh.

Minuman fermentasi itu ibaratnya seperti pembangkit tenaga listrik, dikemas dengan sejumlah besar bakteri baik yang powerful. Bermacam bakteri tersebut diantaranya adalah Lactobacillus gasseri, Lactobacillus amylovorus, Lactobacillus paracasei, Lactobacillus fermentum dan Lactobacillus rhamnosus yang terbukti ampuh untuk urusan penurunan berat badan.

Bakteri mengatur ANGPTL4, hormon serum protein pembakar lemak di tubuh Anda. Studi telah menunjukkan dampak konsumsi kefir terhadap penurunan berat badan, dan hasilnya adalah individu yang mengonsumsi kefir berhasil menghilangkan 3-4% lemak tubuh mereka dalam waktu enam minggu.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Manfaat susu kefir untuk kesehatan berikutnya adalah meningkatkan imunitas. Nutrisi dan senyawa seperti folat dan biotin dalam kefir membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh Anda. Bakteri Lactobacillus kefiri yang terkandung dalam kefir membantu tubuh Anda melawan bakteri berbahaya seperti E. Coli dan Salmonella. Banyaknya bakteri baik dalam susu kefir dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menghentikan pertumbuhan bakteri predator.

Kefiran, polisakarida yang tidak larut hanya ditemukan dalam minuman probiotik memiliki sifat antimikroba yang membantu melawan jenis infeksi ragi yang paling umum, Candida. Dengan berkontribusi terhadap peningkatan sistem kekebalan tubuh, kefir telah terbukti menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

3. Membantu Mencegah Penyakit kanker


Probiotik yang terkandung dalam kefir dapat membantu tubuh Anda melawan serangan penyakit mematikan, seperti kanker. Dengan menghentikan perkembangbiakan sel-sel penyebab kanker, minuman kaya probiotik ini telah terbukti efektif dalam menyebabkan sel-sel kanker merusak dirinya sendiri.

Peran anti-karsinogenik yang dimainkan oleh kefir, memperlambat pertumbuhan tumor awal dan menghentikan perkembangan enzimatiknya dari non-karsinogenik menjadi karsinogenik.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh School of Dietetics and Human Nutrition di Macdonald Campus of McGill University, Kanada berkontribusi terhadap peran kefir dalam mencegah dan melawan sel kanker. Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa kefir mampu mengurangi sel kanker sebesar 56 persen.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan


Manfaat susu kefir untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu melancarkan pencernaan Anda, kerjanya dengan cara memulihkan bakteri baik dalam usus. Probiotik dalam kefir membantu banyak masalah pencernaan seperti diare, sembelit, ulkus yang disebabkan oleh infeksi H. pylori dan lainnya.

Peran paling penting yang dimainkan oleh kefir adalah dalam memerangi sindrom iritasi usus. Probiotik membantu usus Anda melawan patogen dan memulihkan usus.

5. Mengatasi alergi dan peradangan


Masalah peradangan di tubuh Anda menghasilkan perkembangan alergi dan asma. Mengkonsumsi kefir telah terbukti mengurangi gangguan di paru-paru dan saluran udara oleh sel-sel inflamasi.

Selain itu, mikroorganisme dalam minuman ini juga membantu mencegah pembentukan lendir. Hal ini tentunya membantu sistem kekebalan Anda, sehingga menghasilkan perlawanan alami dari reaksi alergi, serta memperkuat tubuh Anda untuk menahan timbulnya alergi.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Vanderbilt University Medical Center mengungkapkan dampak positif konsumsi kefir terhadap individu yang menderita alergi & peradangan.

6. Menguatkan Tulang


Manfaat susu kefir untuk kesehatan terakhir adalah bagus untuk tulang. Kefir, terutama susu kefir, adalah sumber kalsium dan vitamin K2 yang membantu meningkatkan kekuatan tulang Anda. Cara kerjanya dengan meningkatkan metabolisme kalsium Anda, sehingga mencegah timbulnya osteoporosis yang telah menjadi momok menakutkan dalam kehidupan yang serba cepat ini. Seiring dengan banyaknya asupan kalsium yang ada dalam minuman, senyawa bioaktif membantu menghentikan degradasi tulang dengan menyerap kalsium.

Kandungan probiotik dalam kefir membantu penyerapan nutrisi, secara langsung berdampak pada peningkatan kepadatan tulang. Nutrisi seperti fosfor, kalsium, magnesium, vitamin D dan vitamin K2 semuanya bekerja sama untuk membantu mencegah timbulnya osteoporosis dan meningkatkan kekuatan tulang Anda.

itulah diatas manfaat susu kefir bagi kesehatan. Semoga bermanfaat!
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.