Cara Menghemat Baterai Android Dengan Menonaktifkan Animasi

Meskipun banyak smartphone Android yang sudah disematkan baterai dengan kapasitas besar, namun tetap saja akan terasa boros terutama jika digunakan saat melakukan aktivitas yang menguras baterai seperti bermain game, streaming video di youtube dll. Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa mencoba cara di bawah ini yaitu dengan mematikan atau menonaktifkan animasi di android.

Mungkin kamu tidak begitu memperhatikan bahwa animasi Android ternyata dapat menguras baterai dan memperlambat kinerja sistem. Nah seperti yang kita tahu sistem operasi Android memiliki beragam animasi agar tampilan dan pengalaman pengguna lebih menarik dan interaktif. Sebenarnya Apa kegunaan animasi sistem di android?

Cara Menghemat Baterai Android Dengan Menonaktifkan Animasi

Fungsi animasi pada sistem Android adalah untuk membuat efek-efek tertentu ketika membuka atau menutup aplikasi. Meskipun animasi membuat ponsel terlihat lebih modern namun penggunaannya ternyata kurang begitu efektif bagi mereka yang memiliki perangkat dengan spesifikasi standar. Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa mematikan animasi dengan menonaktifkan skala di pengaturan.

Baca Juga: Cara Mengubah Boot Animasi Android Mudah dan Aman

Sebagai informasi tambahan saja skala animasi merupakan waktu yang ditempuh untuk pindah dari satu program atau aplikasi ke aplikasi lainnya. Nah, setelah kita mengetahui penjelasan mengenai animasi di android, sekarang kita bisa melanjutkan ke langkah-langkah Bagaimana cara menonaktifkan animasi android untuk menghemat baterai dan meningkatkan performa ponsel baik xioami, samsung, dan lain lain..

Cara Menonaktifkan Animasi Android


1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengaktifkan mode pengembang terlebih dahulu. Caranya masuk ke Setting (Pengaturan) - About Phone (Tentang Ponsel) - Build Number (Nomor Versi)

Cara Menonaktifkan Animasi Android

2. Tekan tekan pada Build number 4 sampai 7 kali sampai muncul pop up kecil dengan keterangan Mode pengembang telah diaktifkan atau Anda sudah menjadi pengembang.

Nah setelah kamu mengakfikan mode pengembang maka akan muncul menu baru di pengaturan yaitu menu Pilihan pengembang (Developer options).

3. Silahkan tekan menu tersebut lalu gulir ke bawah di bagian Gambar (Drawing) di sana kamu akan melihat beberapa deretan menu termasuk menu skala animasi.

Cara Mematikan Animasi Android
4. Silahkan kamu nonaktifkan semua menu skala animasi (animation scale) diantaranya windows animation scale, Transition animation scale, dan Animator duration scale menjadi Animation off


Cara Menonaktifkan Animasi Android

5. Selesai

Baca Juga: Cara Menyembunyikan Navigasi Bar di Android Tanpa Root 

Sekarang ponsel android yang kamu gunakan sudah bisa lebih hemat baterai, cara tersebut juga sekaligus dapat mempercepat loading ponsel dan mempercepat kinerja ponsel secara menyeluruh. Bagaimana mudah bukan? Jika masih tidak mengerti mengenai langkah langkah diatas, silahkan tanyakan di kolom komentar ya, semoga berhasil!
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.