Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin D Tinggi

Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin D Tinggi

Di postingan kali ini kita akan membahas mengenai makanan apa saja yang tinggi kandungan vitamin D. Berikut penjelasannya

Vitamin D dapat kita temukan pada produk susu maupun seafood atau makanan laut diposkan ini juga kita akan membahas mengenai informasi singkat dari manfaat vitamin D dan dosis yang dianjurkan bagi tubuh.

Sedang lagi dapat kita dapatkan melalui paparan sinar matahari selama orang lagi 10 sampai dengan 15 menit. Sinar matahari pagi baik bagi tubuh karena menyediakan vitamin D yang kita butuhkan. Selain dari matahari kita bisa mendapatkan vitamin D dari beberapa makanan berikut ini.

Sumber vitamin D tinggi yang sering dianjurkan adalah Vitamin yang terdapat pada sumber makanan hewani seperti

Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin D Tinggi


1. Makanan laut atau seafood


Minyak ikan khususnya minyak ikan kod mengandung vitamin D dengan jumlah maksimum lebih dari seribu IU dalam 3 ons. Minyak ikan ini dapat dengan mudah kita dapatkan di toko-toko namun disarankan untuk mengkonsumsinya setelah berkonsultasi dengan dokter. Manfaat dari minyak ikan ini biasanya untuk mengatasi kekurangan vitamin D di dalam tubuh.

Banyak jenis ikan yang memiliki kandungan vitamin D tinggi misalnya ikan salmon dengan kandungan (365 IU), mackerel (340 IU), herring 1300 (IU), sarden (250 IU), ikan tuna (200 IU), dan lain-lain.
Selain itu vitamin D tinggi juga bisa kita dapatkan melalui telur, udang, tiram dan lain-lain.

2. Produk Susu


Urutan kedua makanan yang mengandung D tinggi terdapat pada Produk susu. Biasanya kandungan vitamin D tinggi terdapat pada susu rendah lemak yang hampir mengandung 100 IU vitamin.

Selain itu juga susu kedelai yang memiliki hampir 120 IU vitamin D.
Produk susu lainnya seperti keju, yoghurt, mentega, margarin, susu, kambing dll juga memiliki kandungan tinggi vitamin D.

3. Sumber hewani lainnya


Perlu kamu tahu sumber hewani yang mengandung vitamin D yaitu telur. Namun telur tidak memiliki vitamin D sebanyak ikan. Telur memiliki kandungan vitamin sebesar 40 IU selain itu terdapat beberapa vitamin lainnya seperti B12, vitamin A, dan protein.

Ahli gizi merekomendasikan untuk mengkonsumsi telur organik dan segar agar mendapatkan manfaat yang maksimal. Kandungan kuning telur juga baik bagi tubuh karena mengandung banyak nutrisi daripada putih telur.

Sumber hewani lainnya yang mengandung vitamin dingin namun tidak sebanyak ikan itu hati sapi, ham, daging asap dan lain-lain

4. Makanan Vegan


Sumber makanan lain yang mengandung vitamin D tinggi adalah yang berasal dari bahan makanan vegan itu jamur kancing dan shitake. Jamur kering matahari sintesis vitamin D dan menyediakan 25 sampai dengan 100 IU.

Setelah kita mengetahui sumber makanan yang mengandung kaya vitamin D kita lanjutkan mengenai apa saja manfaat vitamin D bagi tubuh.

Vitamin atau dikenal dengan kaki Calciferol adalah Vitamin yang larut dalam lemak dan memiliki fungsi penting di dalam tubuh misalnya menjaga kesehatan sel-sel agar tetap normal di dalam tubuh melakukan penyerapan kalsium dan fosfor untuk membantu dalam perkembangan dan pertumbuhan tulang dan gigi.

Manfaat lainnya yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang bisa membantu mengurangi resiko dari beberapa penyakit dan infeksi.

Perlu kamu tahu bahwa vitamin D hanya dibutuhkan dalam jumlah sedikit di dalam tubuh kita namun Meskipun begitu penting untuk memenuhi kebutuhan harian dengan vitamin D agar dapat mencegah penyakit defisiensi misalnya rakitis.

Dosis Vitamin D yang Diperlukan Tubuh


Kebutuhan harian vitamin D yang dibutuhkan orang dewasa hingga usia 50 tahun adalah sebesar 400 sampai dengan 800 IU. Dan lebih banyak lagi jika pada orang tua dan wanita hamil dan menyusui.

Anda dapat mendapatkan vitamin D dari beberapa makanan yang telah disebutkan di atas dan juga dari suplemen yang bisa anda beli di toko obat. Meskipun begitu begitu Jika Anda membeli suplemen dari toko obat maka dianjurkan untuk meminta saran dari dokter.

Itulah di atas beberapa sumber makanan yang mengandung vitamin D tinggi dan jumlah yang dibutuhkan untuk dikonsumsi. Semoga bermanfaat!.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.