Cara Agar Semua HP Android Bisa Memainkan Virtual Reality

Saat ini, kecanggihan teknologi berada di masa transisi dimana gambaran masa depan sudah mulai terwujud dengan banyaknya inovasi yang hadir, salah satunya adalah Virtual Reality. Teknologi ini populer sejak disematkan pada smartphone termasuk android. Namun sayangnya masih banyak yang mendapati perangkatnya ternyata tidak mendukung virtual reality. Di bawah ini cara agar semua hape android bisa memainkan virtual reality.

Mungkin banyak dari kalian sudah sering mendengar istilah tersebut, namun sebenarnya apa sih virtual reality itu?

Virtual Reality adalah sebuah teknologi komputer yang memungkinkan pengguna untuk merasakan pengalaman berada di dunia buatan. Dengan virtual reality kita bisa secara langsung berinteraksi dengan lingkungan 3 Dimensi yang disimulasikan komputer.

Cara Agar Semua HP Android Bisa Memainkan Virtual Reality

Awalnya teknologi ini di terapkan pada PC dengan menggunakan perangkat tambahan seperti helm khusus, joystik, dan alat penggerak mirip tread mill. Namun seiring waktu VR mulai diterapkan pada smartphone tertentu yang sudah mendukung teknologi ini khususnya smartphone keluaran terbaru. Sayang nya banyak juga smartphone yang ternyata belum support virtual reality.

Lalu apa syarat yang dibutuhkan HP android agar bisa menjalankan teknologi virtual reality? syarat dan spesifikasi yang utama adalah adanya sensor Gyroscopes dan Accelerometers. Kedua sensor tersebut harus ada pada hape android yang ingin menginstal aplikasi atau bermain game VR.

Nah jika ternyata hp android kamu tidak memiliki sensor tersebut, di postingan ini misterhidayat.blogspot.com akan berikan tutorial bagaimana cara agar hape android tanpa gyroscopes dan accelerometers bawaan dapat menjalankan virtual reality.

Cara Agar Semua HP Android Bisa Memainkan Virtual Reality


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya syarat utama bermain game vr adalah adanya sensor gyroscopes dan accelerometers. Sensor tersebut berguna agar kita bisa merasakan sensasi berada di dalam dunia virtual.

Jika ponsel tidak memiliki sensor tersebut maka kita akan kesulitan memainkan game atau aplikasi vr. Lalu bagaimana caranya? caranya mudah sekali yaitu kita hanya perlu menambahkan sensor nya sendiri. Apakah bisa? Bisa, kamu ikuti saja langkah langkah nya dibawah ini?

1. Hal pertama kita pastikan dulu kalau memang hape android yang kita miliki tidak mendukung VR yaitu dengan menginstal aplikasi virtual reality checker di google play store (disini)

2. Instal dan buka aplikasinya lalu tekan TEST untuk mulai pengecekan

Cara Agar Semua HP Android Bisa Memainkan Virtual Reality

Bisa kamu lihat dari screenshot diatas, terdapat keterangan "Oops your device do not support VR" yang berarti perangkat tidak mendukung VR.

2. Smartphone android kamu harus sudah dalam keadaan root.

Baca disini: 5 Cara Root Android Tanpa PC Mudah Hanya Sekali Klik 

3. Jika sudah di root selanjutnya Instal Xposed Installer

Baca disini: Cara Instal Xposed Framework Installer di Semua Versi Android

4. Lalu instal module virtual sensor nya (disini) ukuran nya hanya 893 KB saja

5. Setelah diinstal buka aplikasi Xposed Installer pilih Modules, lalu centang kotak di samping

Cara Agar Semua HP Android Bisa Memainkan Virtual Reality

Selanjutnya restart ponsel.

6. Buka aplikasi virtual checkernya lalu kamu cek kembali apakah sudah aktif.

Cara Agar Semua HP Android Bisa Memainkan Virtual Reality

Bisa kamu lihat dari screenshot diatas, terdapat keterangan "Congrats your device is VR Ready!!" yang berarti hp sudah mendukung VR. Silahkan buka aplikasi vr atau mulai instal game vr melalui google play store. Tentunya kamu harus sudah memiliki perangkat tambahan seperti misalnya google cardboard atau kacamata virtual reality agar bisa menjalankan game dan aplikasi vr.

Baca Juga: 6 Aplikasi VR Terbaik Untuk Android Terbaru 2020

7. Selesai.

Bagaimana mudah bukan? Itulah diatas cara agar semua hp android bisa menjalankan game dan aplikasi virtual reality tanpa sensor gyroscope ataupun accelerometers. Semoga berhasil!
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.