Perbedaan Deepweb dan Darkweb yang Banyak Orang Belum Tau

Apa Itu Deepweb dan Darkweb? Inilah Perbedaannya

Masih banyak yang salah mengartikan deepweb dan darkweb, di postingan ini misterhidayat.blogspot.com akan menjelaskan secara rinci mengenai apa itu deepweb dan apa itu darkweb yang sebenarnya? apa perbedaan deepweb dan darkweb yang banyak orang belum tau? berikut penjelasannya.

Perbedaan Deepweb dan Darkweb


Apa itu Deepweb?


Deep web adalah semua konten yang ada di internet yang tidak terindeks oleh mesin pencari seperti google, bing dan sebagainya. Nah ini juga termasuk video youtube yang di private, online banking, email pribadi sampai hal seperti database rahasia suatu perusahaan atau organisasi tertentu yang tidak bisa kamu akses tanpa url sebenarnya atau hak akses atas konten tersebut.

Coba bayangkan ada berapa banyak akun facebook di luar sana, ada berapa banyak perusahaan yang memiliki data sensitif di cloud mereka dan berapa banyak video pribadi (di private) yang ada di youtube, itu juga termasuk deepweb. dan ya kita semua menggunakan deepweb setiap harinya.

Sebagai contoh tambahan saja, apabila blog misterhidayat.blogspot.com di private dan kamu tidak bisa menemukannya di pencarian google atau bing dll, itu pun sudah termasuk deepweb.

Meskipun terkesan mustahil untuk mengetahui seberapa besarnya deepweb itu, namun diestimasi sebesar 99% dari keseluruhan konten yang ada di internet.

Oke sekarang kita lanjut ke topik yang identik mengenai deepweb ini.

Kalian mungkin pernah mendengar tentang situs-situs yang ber bahaya yang berisi jual beli n4rkoba, situs p3d*fil sampai situs yang berisi jasa pembunuh bayaran. Apa situs situs tersebut berada di deepweb? bisa iya bisa tidak.

Banyak sekali yang salah mengasumsikan antara deepweb dan darkweb. Deepweb dan Darkweb memiliki konsep yang mirip, namun memiliki perbedaan yang penting. Apakah perbedaannya?
perbedaan deepweb dan darkweb



Apa Itu Darkweb?


Darkweb merupakan sebagian kecil dari bagian deepweb itu sendiri, namun pada umumnya situs-situs yang berada di darkweb biasanya men enkripsi koneksi internet yang sedang digunakan.

Darkweb dapat diakses melalui Darknet. Darknet adalah layanan tersembunyi yang pada dasarnya merupakan suatu website yang hanya dapat diakses oleh suatu browser khusus dan alamat untuk layanan tersembunyi tersebut akan selalu berakhiran .onion.

Jadi, jika kamu mencoba mengakses layanan tersembunyi tersebut menggunakan google chrome, tidak akan terjadi apa-apa. Salah satu dari software tersebut yang paling terkenal untuk mengakses Darknet adalah The Onion Router atau biasa disebut dengan TOR.

TOR dapat meng enkripsi data yang akan dikirim dan sebelum sampai ke tujuan, data tersebut terlebih dahulu akan diacak ke banyak server sebelum sampai ke tujuan.

Baca juga: Cara Membuka Deepweb Lewat HP Android

Karena anonimitas yang bagus di darkweb terkadang malah disalahgunakan,contohnya pada berita yang mengabarkan pada bulan oktober tahun 2013, FBI menutup pusat perdagangan n4rkoba online yang dikenal dengan nama SILK ROAD, website ini telah beroperasi sejak awal tahun 2011 dengan total keuntungan sebesar 1,2 milliar dollar.

Hanya setelah beberapa bulan semenjak silk road ditutup, mantan administrator situs tersebut membuat silroad 2.0 namun, di akhir tahun 2014 FBI menangkap adminnya dan situs tersebut ditutup. Beberapa jam setelahnya silk road 3.0 diluncurkan dan sepertinya siklus ini akan tetap berlanjut.

Kamu akan menemukan situs lainnya yang sama, sayangnya darkweb berisi banyak sekali kejahatan dan kekejaman yang sangat parah. Banyak situs berisi kekerasan 53ksual, p3mbunuhan binatang dan p*rn0grafi anak-anak yang merupakan masalah terbesar di dark web.

Salah satu situs tersebut yaitu Lolita City yang saat ini sudah ditutup memiliki lebih dari 100 GB foto dan video serta memiliki lebih dari 15 ribu anggota.

Situs lainnya yang bernama PlayPen ditutup oleh FBI pada tahun 2015 yang mungkin memiliki konten p0rnografi anak terbesar di darkweb, dengan lebih dari 2 ratus ribu anggota.

Media mainstream sering membuat kamu percaya bahwa surface web hanya lapisan tipis diatas jaringan kriminal besar di bawahnya, tapi ternyata ini salah. Dan tidak heran bahwa darkweb lebih besar dibandingkan dengan deepweb.

Riset di awal tahun 2016 menemukan lebih dari 2723 situs .onion aktif di jaringan TOR, 1547 diantaranya berisi konten ilegal, yap itu mencapai lebih dari setengahnya. Ini termasuk situs p*rn0grafi, nark*ba, pencurian uang, cyber terorist, pembunuh bayaran, jual beli senjata, dan lain lain.

Tapi faktanya hanya 3%-6%  dari semua pengguna TOR yang mengunjungi situs situs tersebut. Jadi hanya 3-6% pengguna tor yang mengunjungi darkweb. Sebagian besar dari mereka menggunakan tor untuk melindungi privasi mereka dan sekedar untuk browsing di surface web (google, yahoo, bing) secara tersembunyi dan tidak pernah mengunjungi situs .onion.

Jadi kesimpulannya, 

Surface web adalah semua konten yang dapat ditemukan melalui mesin pencari seperti google, bing, dan lain sebagainya. Deep web adalah konten yang tidak dapat ditemukan melalui mesin pencari. dan Darkweb adalah sebagian kecil dari deepweb yang terdiri dari darknet yang membutuhkan software tertentu atau ijin untuk mengaksesnya.

Itulah dia perbedaan deepweb dan darkweb. Pernahkan kamu mengunjungi deepweb? kuy cerita pengalaman kamu saat mengunjungi darkweb di kolom komentar di bawah!.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.