Cara Mengatasi Phoenix OS yang Boros Kuota Internet

Apakah pernah kamu mengalami data internet yang aktif terus menerus ketika menggunakan Phoenix OS? padahal kamu tidak sedang membuka aplikasi apapun?. Di postingan ini misterhidayat.blogspot.com akan berbagi informasi mengenai cara mengatasi Phoenix OS yang boros kuota internet atau memakan data internet tanpa disadari.


Phoenix OS adalah sistem operasi Android x86 di mana kita bisa menginstal OS Android di perangkat PC maupun laptop kita. Sampai saat ini Phoenix OS bisa dibilang yang terbaik setelah remix OS di mana kelebihannya adalah masih dikembangkan oleh developer.

Kenapa hal tersebut bisa dibilang suatu kelebihan? Tentunya jika pembaharuan masih terus dilakukan oleh pengembang, maka peningkatan dan fitur-fitur menarik akan terus hadir di Phoenix OS dibandingkan Remix OS yang sudah pensiun dini.

Sampai saat ini, di mana saat postingan ini dibuat Phoenix OS sudah berada pada versi 3.0.7 yang mana versi Android yang digunakan adalah versi 7.1 untuk laptop dan PC 64-bit. Sedangkan untuk versi 32-bit, Phoenix OS ada di versi 1.5.0 dengan versi Android 5.1.

Update Phoenix OS 3.0.7 ini membawa pembaharuan pada 

  • Pengoptimalan layanan iklan 
  • Memperbaiki beberapa masalah crash dan peningkatan stabilitas.

Ketika menggunakan Phoenix OS sering kita menjumpai data internet yang tiba-tiba habis, padahal kita tidak sedang mendownload apapun atau membuka aplikasi apapun. Jika kamu menggunakan aplikasi pengukur data internet terlihat ada aktivitas keluar masuk data yang kita tidak tahu aplikasi apa yang sedang menggunakannya.

Baca juga: Cara Memperluas Internal Phoenix Os Mudah

Di postingan ini misterhidayat.blogspot.com akan memberi tahu 3 cara untuk mengatasi phoenix os yang boros kuota dari mulai yang mudah sampai yang ekstrim. Berikut langkah langkah

Cara Mengatasi Phoenix OS yang Boros Kuota Internet


1. Menggunakan Aplikasi NoRoot Firewall



Cara Mengatasi Phoenix Os yang Boros Kuota Internet

Cara pertama adalah menggunakan aplikasi firewall. Aplikasi ini sebenarnya aplikasi VPN dimana bisa juga untuk berselancar di dunia maya dengan membuka situs yang diblokir pemerintah atau yang tidak bisa di akses di negara kita.

Nah selain sebagai koneksi VPN seperti namanya NoRoot Firewall dapat memfilter koneksi internet apa saja yang boleh kita ijinkan memakainya. Melalui itu kita bisa tahu aplikasi apa yang selalu terhubung ke internet tanpa kita sadari. Caranya,

1. Download aplikasi NoRoot Firewall di google play store (disini)

2. Setelah berhasil di download jalankan aplikasi nya.

3. Sampai ke tampilan awal aplikasi silahkan tekan Start dan ijinkan koneksi VPN

Nah mulai sekarang, setiap kali ada aplikasi yang menggunakan internet data internet akan terlihat.

4. Buka di tab Pending Access di situ terdapat daftar aplikasi apa saja yang meminta koneksi internet. Silahkan tap Deny pada aplikasi yang mencurigakan atau yang tidak kamu inginkan untuk terhubung ke internet.

Sebagai tambahan, di menu tab Apps kamu bisa juga mencentang aplikasi apa saja yang kamu ijinkan atau tidak saat terhubung ke koneksi mobile dan WiFi.

5. Selesai.

Mudah bukan? tapi perlu kamu tahu ada kekurangan menggunakan aplikasi ini, apa kekurangan NoRoot Firewall? 

Phoenix OS kebanyakan digunakan orang orang termasuk kamu untuk bermain game bukan? seperti PUBG atau Mobile Legends atau game game yang lainnya. Nah ketika kamu hanya mengijinkan NoRoot Firewall untuk mengakses game game tersebut. Game tersebut akan lag. Kenapa lag? sebab koneksi VPN mempengaruhi PING khususnya untuk game game online.

2. Memblokir Iklan Phoenix Os


Memblokir Iklan Phoenix Os

Iklan pada Phoenix Os juga bisa membuat boros kuota. Nah cara yang kedua ini adalah memblokir iklan iklan tersebut. Iklan biasanya muncul pada aplikasi gratis yang biasa kita instal di google play store. Bagaimana cara memblokir iklan paling ampuh di semua aplikasi dan game bisa kamu baca di

Baca juga: Cara Menghilangkan Iklan Game, Aplikasi, dan Browser di Android 

Setelah kamu mengikuti cara diatas, sekarang saat nya menghapus iklan pada aplikasi yang tidak perlu di versi terbaru 3.0.7. Yaitu menghapus aplikasi PhoenixOS VIP. 

Cara nya masuk ke folder penyimpanan - android system - app - cari folder PhoenixOS VIP lalu hapus. Selesai sekarang kamu tidak lagi melihat iklan pada aplikasi tersebut.


3. Mendisable Aplikasi System


Cara yang ketiga ini paling rekommended sekali, kenapa? karena aplikasi inilah biang keladi internet yang aktif terus menerus apalagi saat pertama masuk ke phoenix os. Ini berdasarkan pengalaman misterhidayat.blogspot.com sendiri selama ini.

Banyak yang menyarankan di grup grup facebook atau tutorial di internet untuk menonaktifkan layanan google services. Sebenarnya tidak sepenuhnya berhasil, sebab internet hanya akan tidak aktif ketika terhubung ke layanan google saja misalnya google play store dll.

Sedangkan jika ada aplikasi di luar dari google contoh nya game helper yang selalu meminta akses internet tanpa kita sadari, tentu saja kuota akan tetap boros bukan? tidak mungkin pula kita mendisable aplikasi game helper sebab kita menggunakannya untuk bermain game.

Lalu bagaimana cara yang paling ampuh? caranya adalah tidak perlu menonaktifkan atau mendisable layanan google service tapi menonaktifkan aplikasi sistem yaitu aplikasi Download Manager 7.1 dan Download 7.1.1.

Gunakan titanium back up pro, download aplikasi titanium, bisa kamu cari di google atau disini misterhidayat.blogspot.com juga menyediakan versi pro beserta lisensi nya jadi kamu tinggal pakai saja.

1. Download apk dan lisensi nya (disini)

2. Silahkan instal apk nya lalu apk lisensi nya, jika sudah buka aplikasi titanium back up tadi

3. Jika ada peringatan akses root silahkan ijinkan

4. Pilih tab Backup/Restore di deretan menu atas, lalu cari Aplikasi Download Manager 7.1.1 dan Download 7.1.1

Jika sudah ketemu pertama klik dan tahan pada pada Download Manager 7.1.1 sampai muncul pop up menu lalu silahkan tekan FREEZE! 

Cara Mengatasi Phoenix Os yang Boros Kuota Internet

Jika sudah selanjutnya tekan tahan pada aplikasi Download 7.1.1 sama seperti langkah sebelumnya dan tekan FREEZE!

Selesai.

Sekarang kamu tidak akan lagi melihat data internet yang terus terusan berjalan di latar belakang dan menguras kuota internet kamu.

Kekurangan cara diatas adalah kamu tidak bisa mendownload aplikasi dari play store. Silahkan gunakan alternatif google play store seperti apk pure. dan cara diatas juga membuat kamu tidak bisa melakukan pembaharuan pada sistem operasi phoenix terbaru jika ada update OTA.

Namun jangan panik, silahkan masuk kembali ke titanium back up nya dan cari aplikasi download yang telah di FREEZE! menjadi UN-FREEZE atau DE-FROST supaya kembali normal. Bagaimana mudah bukan?

Baca juga: Cara Mengatasi Linage2 Revolution Sering Keluar Sendiri di Phoenix OS

Itulah dia cara mengatasi phoenix os yang boros kuota atau menyedot kuota internet tanpa kita sadari. Jika ada kendala atau pertanyaan seputar masalah diatas, silahkan tanyakan melalui kolom komentar. Semoga berhasil!
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.