Manfaat dan Nutrisi Buah Semangka Untuk Kesehatan

Manfaat dan Nutrisi Buah Semangka Untuk Kesehatan

Buah semangka dikenal sebagai salah satu buah yang menyegarkan dan dapat menghilangkan rasa dahaga. Selain rasanya yang manis ternyata buah semangka memiliki manfaat dan kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan.

Apa saja nutrisi dan manfaat yang terdapat pada buah semangka?

Manfaat dan Nutrisi Buah Semangka Untuk Kesehatan


Semangka paling enak dikonsumsi ketika cuaca panas apalagi dengan rasanya yang manis. Meskipun 90% mengandung air ternyata buah semangka memiliki sejumlah besar nutrisi di dalamnya.

Hampir semua bagian semangka dapat dikonsumsi misalnya selain daging yang dapat dimakan, bijinya pun ternyata dapat digunakan sebagai makanan ringan setelah dilakukan proses pemanggangan atau digoreng di daerah-daerah tertentu.

Kulit buah semangka yang memiliki tekstur tebal dan hijau juga dapat digunakan bersamaan dengan daging saat membuat jus.

Buah semangka populer sebagai buah yang manis dan berair ternyata memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi Pada Buah Semangka


Buah  Semangka yang kaya akan air ternyata memiliki kandungan kalori yang sangat rendah. Buah semangka juga mengandung cukup banyak vitamin A dan vitamin C. Buah ini kayak karotenoid dan bebas dari lemak juga kolesterol. Banyak yang percaya bahwa semangka yang disimpan di suhu kamar yang dingin lebih bergizi daripada yang disimpan di kulkas.

Berikut rincian vitamin di dalam buah semangka per 100 gram

Kandungan mineral per 100 gram buah,

100 gram buah semangka mengandung 30 kalori, dan 91,5 gram air, 0,5 gram lemak, 7,55 gram karbohidrat, 0,4 gram serat makanan, 6,2 gram gula, dan 0,601 gram protein.

Biji semangka juga mengandung nutrisi tertentu dan jumlah yang sedikit 50% biji semangka terdiri dari minyak dan setengah lainnya termasuk 35% protein dan 5% serat makanan.

Manfaat Kesehatan Dari Buah Semangka


Manfaat kesehatan yang paling utama dari semangka adalah kandungan karotenoid yang memiliki sifat antioksidan. Likopen yang memberi warna merah pada daging semangka mengandung sebagian besar karotenoid. 100 gram buah semangka mengandung 4,5 MG likopen yang dapat membantu mengurangi resiko penyakit kanker dan penyakit kardiovaskular.

Baca juga: Kandungan Gizi dan Manfaat Ubi Jalar bagi Kesehatan Tubuh

Semangka mengandung asam amino yang disebut sitrulin yang digunakan oleh tubuh manusia untuk menghasilkan asam amino yang lain yang disebut arginine.

Arginine membantu mengeluarkan amonia dari tubuh dan menghasilkan nitrat oksida yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi juga mencegah disfungsi ereksi.

Semangka dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan di antaranya adalah


  • Semangka mengandung vitamin B yang sangat membantu untuk menghasilkan energi instan di dalam tubuh
  • Beta karoten yang terkandung dalam semangka membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga mencegah kebutaan akibat bertambahnya usia
  • semangka kaya akan air dan sangat membantu mencegah dehidrasi
  • Kandungan rendah kalori dari buah ini membuat semoga menjadi buah terbaik untuk seseorang yang sedang menjalankan diet
  • Mineral yang terkandung di dalamnya baik untuk mencegah stroke dan masalah jantung
  • Buah semangka juga mengurangi gejala asma, osteoarthritis, dan rheumatoid arthritis.
  • Buah semangka dapat digunakan untuk perawatan kulit, jus nya bisa diaplikasikan untuk menghilangkan noda pada kulit
  • Buah semangka juga bisa digunakan untuk obat sembelit dan diyakini bermanfaat dalam membersihkan racun didalam tubuh.


Tidak seperti buah-buahan lainnya rasio nutrisi per kalori buah semangka lebih tinggi. Akibatnya kelebihan asupan semangka dapat menyebabkan masalah kesehatan tertentu bagi sebagian orang.

Konsumsi berlebihan pada buah semangka dapat menyebabkan hiperkalemia (kadar Kalium tinggi dalam darah) dalam beberapa kasus. Seringnya muncul pada orang-orang yang memiliki penyakit ginjal.

Semangka dan Penyakit Diabetes


Penderita diabetes harus berhati-hati soal makanan yang mereka konsumsi. Kadar glukosa darah mereka akan meningkat untuk makanan tertentu salah satunya adalah semangka.

Penderita diabetes disarankan untuk tidak mengkonsumsi semangka karena buah ini memiliki indeks glikemik yang tinggi. Makanan dengan indeks glikemik yang tinggi dapat meningkatkan kadar glukosa darah dengan sangat cepat.

Namun studi terbaru menunjukkan buah ini bermanfaat bagi penderita diabetes jika dikonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan.

Jadi saat ini semangka bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes tetapi harus dalam jumlah yang sedikit. Karena buah semangka mempengaruhi tingkat glukosa darah. Disarankan untuk memantau kadar glukosa darah setelah mengkonsumsi buah semangka.

Sebelum itu konsultasikan dengan dokter Anda sebelum memasukan buah ini ke dalam menu daftar diet.

Tips saat membeli buah semangka


Pilihlah buah semangka yang berat memiliki kulit yang halus, hijau, memiliki bercak putih atau kuning, Dan ketika di ketuk atau di pukul suara nya nyaring.

Itulah manfaat dan kandungan nutrisi pada buah semangka untuk kesehatan dan juga tips membeli buah semangka.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.