5 Tips Agar Tidak Melewatkan Waktu Shalat

5 Cara Agar Tidak Melewatkan Shalat

Seringkali kita melewatkan atau menunda-nunda kewajiban kita sebagai seorang muslim salah satunya adalah Ibadah Shalat. Godaan setan cenderung menuntun orang-orang lebih mementingkan kepuasan dan kenyamanan duniawi.

Padahal shalat bukanlah beban namun kebutuhan seseorang yang beriman untuk mencapai Keadaan spiritual dan psikologis yang lebih baik. Ibadah shalat juga mendekatkan hubungan antara Tuhan dan hambanya.

Berikut adalah lima cara mudah agar anda tidak melewatkan atau menunda-nunda shalat.

5 Tips Agar Tidak Melewatkan Waktu Shalat


1. Memahami pentingnya shalat


Kita harus memahami bahwa salat diperintahkan oleh Allah subhanahu wa ta'ala sebagai cara untuk mencapai ketenangan batin dan bukanlah sebagai beban melainkan sebagai sarana untuk membantu dan membimbing hidup seseorang.

Di dalam salat seorang muslim melafalkan doa untuk hari ini maupun yang akan datang. Hal itu menguatkan hubungan antara Tuhan dan hambanya. Salat juga menjadi hal pertama yang akan ditanya atau diminta pertanggungjawabannya ketika hari penghakiman tiba.

2. Membuat pengingat waktu shalat


Di zaman yang serba teknologi seperti sekarang ini hampir setiap orang memiliki ponsel pintar di mana sangat mudah mengaplikasikan pengingat atau alarm di ponselnya.

Anda bisa mengunduh aplikasi adzan dan mengaturnya sebagai pengingat di setiap waktu shalat tiba. Anda juga bisa menggunakan catatan kecil dan meletakkannya di setiap tempat yang sering anda habiskan waktu seperti ruang kerja atau ruangan pribadi. Jadi anda tidak akan lagi melewatkan shalat.

3. Memprioritaskan shalat di antara rencana harian


Menjalani kehidupan sehari-hari, bekerja, mengerjakan tugas, dan lain-lain, sebagai seorang muslim terkadang kita cenderung lupa dan kehilangan gambaran mengenai apa yang lebih penting dibandingkan urusan akhirat.

Yang perlu kita tanyakan kepada diri sendiri adalah mengapa kita harus memprioritaskan urusan duniawi dibandingkan shalat kita?. Setiap manusia harus merencanakan hari mereka dengan shalat Karena itulah yang utama agar manusia tidak salah arah menjalani hidup di dunia.

4. Berikan waktu anda 5 menit saja


Jika anda merasa malas untuk menyisakan 5 sampai dengan 10 menit saja di dalam salat, kenapa anda bisa menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar ponsel, berselancar di media sosial, nonton TV dan aktivitas lainnya yang menyia-nyiakan waktu.

Meskipun salat hanya mengambil sekian persen dari waktu harian anda manfaat yang didapatkan tidak hanya untuk hari ini melainkan masa depan anda.

5. Berdoalah dan Mintalah kepada Allah agar dipermudah segala urusan


Jika masalah selalu datang, melalui shalat kita berdoa meminta bantuan dari Allah agar dipermudah segala urusan.

Melalui Shalat dan doa, motivasi untuk menjalani hidup meskipun ditempa begitu banyak cobaan kita tidak akan menjadi gentar dalam menghadapinya.

Semoga beberapa tips diatas dapat membantu anda menemukan tekad dan motivasi untuk selalu melakukan kewajiban salat dan tidak melewatkannya agar kita semua mendapatkan berkat dan imbalan di dunia dan akhirat oleh Allah subhanahu wa ta'ala, Insya Allah.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.