Cara Mengobati Virus Feline Leukemia Pada Kucing


Cara Mengobati Virus Feline Leukemia pada Kucing

Apa itu virus feline leukemia? bagaimana mengobati kucing yang terinfeksi Virus Feline leukemia? seperti apa penyebab dan pencegahan agar kucing terhindar dari virus tersebut? berikut penjelasan lengkapnya. 
 
Sebelumnya misterhidayat sudah membahas mengenai Feline calicivirus penyebab flu kucing. Pada postingan kali ini kita akan mengetahui penanganan dan cara mengobati infeksi virus Feline leukemia pada kucing? tapi sebelumnya simak penjelasan mengenai virus yang satu ini terlebih dahulu.

Cara Mengobat Virus Feline Leukemia pada Kucing


Apa itu virus Feline leukemia?


Feline leukemia virus (FeLV) adalah Retrovirus yang menyerang kucing di seluruh dunia, virus ini merupakan penyebab kedua kematian pada kucing. Penyakit ini menyebabkan 85% kucing yang terinfeksi akan mati dalam kurun waktu 3 tahun. Feline leukemia akan membuat sistem kekebalan tubuh kucing menjadi rendah. Salah satu bentuk penyakit yang disebabkan oleh virus ini adalah kanker sel darah yang disebut limfosit atau leukimia a. 

Jika kucing terinfeksi Virus leukemia maka masalah kesehatan lainnya akan muncul, itu disebabkan karena virus ini menekan sistem kekebalan tubuh pada kucing.

Cara penyebaran virus Feline leukemia 


Kucing yang telah terinfeksi akan melepaskan virus ini melalui sekresi hidung dan air liur mereka serta melalui feses urin atau darah. Induk kucing juga dapat menularkan virus ke anak-anaknya sebelum lahir atau melalui air susunya.

Kucing juga dapat menularkan virus Feline leukemia melalui luka gigitan dari kucing lain. Penggunaan Kotak Pasir atau mangkuk makanan dan air dengan kucing lain bisa menjadi cara penyebaran virus ini. 

Sebagai informasi tambahan virus leukemia tidak akan bertahan lama di luar tubuh kucing. Dalam beberapa jam di kondisi lingkungan yang normal virus ini akan mati.

Gejala virus Feline leukemia 


Menurut Universitas Cornell veterinary medicine, FeLV merupakan penyebab paling umum penyakit kanker pada kucing,  infeksi yang terjadi dapat mempengaruhi tubuh kucing termasuk mengurangi sistem imun yang dapat membuat kucing rentan terhadap infeksi lainnya. Virus ini juga menyebabkan gangguan pada sel darah.

Kucing yang terinfeksi mungkin tidak akan menunjukkan gejala apapun pada tahap awal, namun dalam beberapa Minggu, bulan, atau tahun kesehatan kucing akan menjadi buruk. 

Selama tahap infeksi primer atau tahap awal beberapa jenis kucing memiliki respon sistem imun yang cukup efektif menangkal virus ini. Kucing-kucing ini mampu menekan infeksi virus leukimia di dalam darah mereka sehingga menghentikan penyebaran ke seluruh tubuh. 

Tahap kedua atau seterusnya virus ini dapat menyebabkan infeksi jaringan dan sumsum tulang secara terus menerus, di tahap ini kucing akan sulit disembuhkan dan kucing akan terinfeksi virus leukimia selama sisa hidupnya.

Dibawah ini beberapa gejala yang terkait dengan virus Feline leukemia meliputi;

  • Hilangnya nafsu makan
  • Warna kuning di dalam mulut dan di bagian putih mata
  • Anisocoria
  • Gusi pucat dan selaput lendir
  • Radang mulut dan gusi
  • Pembesaran kelenjar getah bening
  • Penurunan berat badan
  • Terganggunya saluran pernafasan dan kandung kemih
  • Demam
  • Lesu
  • Diare
  • Perubahan perilaku
  • Gangguan neurologis.

 

Penanganan dan Pengobatan Feline leukemia


Sebagai pemilik kucing wajib melakukan pemeriksaan rutin setidaknya dua kali setahun dan perawatan kesehatan untuk mencegah kucing dari virus Feline leukemia. Biasanya dokter akan memberikan vaksin untuk virus ini. Selain itu pemilik juga bisa memberikan antibiotik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

Seperti yang sudah saya Sebutkan sebelumnya virus ini aku lemah dan akan mati dalam waktu beberapa jam di lingkungan yang normal (kering), lebih tepatnya dalam waktu 2 jam. Untuk pencegahan sebaiknya pemilik membersihkan semua kotoran lembab dari kotak kucing setelah digunakan meskipun terkadang hal ini tidak cukup untuk mencegah penyebaran infeksi virus Feline leukemia. 

Cara lain yang bisa anda lakukan adalah membuat kotak kotoran kucing menjadi 3 bagian dengan mengisi tongkol jagung atau sisa biji safflower. Agar cairan tersebut mengalir ke penampung yang dikosongkan dengan teratur. Tempatkan kotoran di lingkungan yang cepat kering sehingga mampu membunuh virus dengan cepat. 

Mencegah infeksi virus Feline leukemia


Sebagai pemilik penting untuk memperhatikan apakah kucing terinfeksi atau tidak. Jika kucing menunjukkan gejala-gejala yang disebutkan di atas anda perlu memisahkan kucing dari kucing yang lain (apabila memiliki kucing lebih dari 1) untuk mencegah penularan.

Dan memperhatikan kucing untuk tidak bermain di luar ruangan agar tidak terinfeksi dari kucing lain.
Meskipun sudah ada vaksinasi virus Feline leukemia anda harus tetap meminta saran dari dokter hewan yang anda percaya. Namun perlu diingat bahwa kucing yang sudah divaksinasi harus tetap diberikan pengawasan untuk mencegah timbulnya infeksi kembali.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.