Mengetahui Feline Calicivirus Penyebab Flu Kucing

Mengetahui Feline Calicivirus penyebab flu Kucing

Informasi apa saja yang perlu kita ketahui mengenai Feline Calicivirus penyebab flu Kucing? Simak penjelasan lengkapnya berikut.

Memiliki kucing yang sakit tentunya membuat sedih dan khawatir, penyebabnya bisa dari virus maupun bakteri. Salah satunya Feline calicivirus (FCV) yang merupakan virus penyebab flu pada kucing. 

Mengetahui Feline Calicivirus Penyebab Flu Kucing 


Apa itu Feline calicivirus?


Feline calicivirus yang dikenal sebagai FCV, adalah penyebab utama penyakit mulut dan saluran pernafasan pada kucing. Jika kucing didiagnosis mengalami masalah pada saluran pernafasan sangat mungkin virus ini adalah penyebabnya dan infeksi ganda dari Feline herpesvirus bisa memperburuk kesehatannya.

Infeksi virus ini dianggap umum dan biaasanya mengalami gejala yang mirip flu. Tapi karena terdapat beberapa jenis virus yang berbeda maka tingkat keparahannya akan bervariasi satu sama lain.

Bagaimana menangani Feline calicivirus penyebab flu kucing?


Untuk yang baru mendengar Feline calicivirus, virus ini biasanya menyerang sistem pernafasan pada kucing dan berbahaya jika tidak cepat ditangani.

Terdapat beberapa macam virus yang bisa menyerang kucing dari segala usia, dengan mengetahui informasi yang benar akan membantu pemilik untuk melakukan penanganan yang tepat.

Melalui postingan ini saya ingin berbagi informasi mengenai salah satu virus yaitu Feline calicivirus. Mengetahui penyebab dan gejalanya akan dapat membantu mengenali masalah kesehatan pada kucing sedari awal.

Apa saja gejala Feline calicivirus?


Beberapa gejala umum yang sering dikaitkan dengan Feline calicivirus sebagai berikut;

  • Hidung tersumbat
  • Bersin
  • Keluarnya cairan dari mata atau hidung
  • Konjungtivitis
  • Terdapat benjolan di mulut termasuk gusi dan lidah
  • Lesu
  • Pembesaran kelenjar getah bening
  • Menyipitkan mata
  • Demam
  • Anoreksia

Turunan dari virus Feline calicivirus yang dikenal sebagai virulen sistemik Feline calicivirus (VS-FCV) dapat menyebabkan gejala yang mempengaruhi mulut hidung dan mata, setelahnya akan menyebabkan gejala lain seperti depresi berat Ikterus edema wajah atau kaki, demam tinggi, dan penyakit organ multiple. 

Virus ini dapat menyebabkan tingkat kematian yang lebih tinggi dan sangat menular. Untungnya hal tersebut jarang terjadi.

Bagaimana penyebaran Feline calicivirus?


Feline calicivirus sangat menular, umumnya menyebar melalui sekresi pada mata dan hidung serta air liur kucing. Para ahli juga berpendapat bahwa bisa jadi melalui kotoran atau urin.

Kucing dapat terinfeksi calicivirus melalui sentuhan langsung kucing yang sudah terinfeksi atau dari lingkungan yang terkontaminasi virus ini.

Mengobati kucing yang terinfeksi Calicivirus


Selain melakukan vaksinasi pada kucing, ada perawatan untuk mendukung kesehatan kucing yang sudah terinfeksi Virus ini. Dokter hewan biasanya memberikan obat untuk mata serta anti peradangan. Antibiotik juga dapat digunakan untuk mencegah infeksi bakteri sekunder. Untuk kasus yang parah mungkin memerlukan rawat inap.

Cara mencegah kucing dari infeksi calicivirus


Karena Feline calicivirus sangat menular, sebagai pemilik harus meminimalisir kucing dari hewan lain yang sakit. Andajuga bisa menjaga kebersihan lingkungan nya dan selalu mencuci tangan.

Jika melihat adanya gejala FCV segeralah untuk mendapatkan perawatan dan saran dokter hewan agar kucing sehat kembali.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.