Filosofi Lebah | Belajar Memaknai Hidup Dari Lebah

Filosofi Lebah | Belajar Memaknai Hidup Dari Lebah

Burung yang bisa terbang membantu manusia mendesign pesawat, Ikan yang berenang dengan lincahnya menginspirasi manusia untuk menciptakan baju renang. Inilah yang disebut sebagai biomimikri yaitu meniru bentuk, sistem, atau element alam untuk selanjutnya dimanfaatkan demi kepentingan manusia. Begitu pun dengan hewan lebah, banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil. Apa saja manfaatnya dan apa yang dapat kita pelajari dari lebah?

Filosofi Lebah Belajar Memaknai Hidup Dari Lebah


Lebah adalah sejenis serangga yang pada umumnya berkelompok dan dikenal dalam peranannya untuk membantu penyerbukan pada bunga, menghasilkan madu, dan cara hidupnya yang menginspirasi.

1. Bersabar dalam mencapai kesuksesan


Bersabar dalam mencapai kesuksesan

Mungkin banyak dari kalian heran dan ingin tahu bagaimana lebah menghasilkan madu; setelah sains mempelajari hal tersebut ternyata lebah menghasilkan madu dengan mengambil cairan manis yang diproduksi bunga dari tumbuh-tumbuhan sewaktu mekar yang disebut nektar atau sari bunga.

Lebah mengumpulkan cairan tersebut dari satu bunga ke bunga yang lain dengan menghisapnya dari dasar bunga melalui mulutnya. Setelah itu menyimpannya di dalam kantong khusus. Melalui kantong tersebut lebah dapat menampung nektar dari 150 sampai 1500 bunga yang dihisapnya. Anda bisa bayangkan betapa lebah adalah hewan yang sabar bagaimana tidak dari begitu banyak bunga yang lebah kunjungi hanya sedikit saja cairan yang dapat dihasilkan.

Setelah itu lebah kembali ke sarang nya lalu mengumpulkan nya menjadi madu. begitu seterusnya sampai madu yang dikumpulkan menjadi banyak. Istilah nya dikit-dikit lama lama menjadi bukit.

Meskipun begitu lebah tidak merusak bunga, justru lebah membantu penyerbukan bunga agar tumbuhan bisa bereproduksi.

Kata mutiara lebah:
Jadilah seperti lebah yang bersabar dalam meraih kesuksesan, menebarkan kebaikan dimanapun dia berada, dan tidak melupakan dimana tempat nya berasal.

2. Membangun kerja sama tim yang solid


Membangun kerja sama tim yang solid

Selama ribuan tahun, lebah dikenal dengan kerja sama tim nya yang luar biasa. Meskipun lebah hanyalah serangga tapi banyak pelajaran yang bisa kita ambil baik dalam hal organisasi maupun soal kepemimpinan.

Baca juga: Filosofi elang dan prinsip kepemimpinan burung elang

Dalam dunia kerja, sebuah perusahaan harus tumbuh secara berkelanjutan dan tanpa misi yang jelas maka karyawannya tidak akan tahu apa yang mereka kerjakan.

Lebah adalah hewan yang mengerti kemana tujuan tersebut: membangun dan mempertahankan sarang mereka. Secara ringkas dikatakan, sebuah tim yang baik memiliki 4 rencana yang mesti dilakukan layaknya yang dilakukan lebah yaitu membangun, melindungi, mempertahankan dan bereproduksi.

Kata mutiara lebah:
Di dalam bisnis, kesuksesan tidak bisa diraih sendiri, melainkan diraih bersama-sama. 

3. Mengambil Keputusan dengan tepat dan bijaksana


Mengambil Keputusan dengan tepat dan bijaksana

Di satu waktu ada kalanya kita dihadapkan dengan sebuah pilihan yang menentukan jalan hidup kita apakah menjadi lebih baik atau sebaliknya, namun dibalik keputusan yang kita buat diperlukan pemikiran yang tepat dan bijaksana agar tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain. Tapi jika semua sudah terjadi jangan pernah menyesali keputusan yang sudah diambil tersebut. 

Seperti dalam kehidupan lebah, melindungi sarang adalah sebuah keharusan demi kelangsungan hidup kelompoknya. Jika ada sesuatu yang mengancam sarangnya lebah akan menentukan pilihan untuk melindungi atau mati.
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, lebah akan melindungi dirinya dari gangguan dengan cara menyengat, namun beberapa saat setelah dia menyengat maka lebah akan mati. Kenapa demikian? karena jarum penyengat di tubuh lebah menyatu dengan anggota tubuh yang lain, alhasil apabila lebah menyengat targetnya maka jarum tersebut akan menancap. Ketika lebah berusaha melepaskan jarum yang menancap tersebut justru dia merusak anggota tubuhnya. Ketika itulah dia akan mati.

Keputusan yang lebah buat tidaklah mudah, namun meskipun lebah mati dia mati demi lebah lain. Dari situ kita dapat belajar, bahwa mengambil sebuah keputusan haruslah dipikir matang-matang, bukannya untung malah merugi. Bukannya untung setidaknya untuk diri sendiri atau orang lain malah tidak keduanya. Oleh karena itu kita mempelajarinya dari lebah. Karena jika salah mengambil keputusan maka langkah kedepan bisa menjadi halangan.

Kata mutiara lebah:
Hidup adalah sebuah pilihan, apa yang anda pilih saat ini akan menentukan hari esok.

4. Menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar


Menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar

Apakah anda pernah berpikir sebelumnya bahwa sebuah hubungan yang baik bisa di contoh dari kehidupan lebah. Lalu apa kaitannya?. Lebah memiliki hubungan yang luar biasa terhadap tumbuhan; mereka tidak menjadi tamak ketika mengambil sari bunganya. Pada proses lebah mengumpulkan nektar, Ia justru membantu bunga bereproduksi. Ketika lebah menghisap nektar dia tidak merusak apapun dari bunga tersebut.

Di dalam kehidupan, kita sepatutnya mencontoh bagaimana cara hidup lebah, memanfaatkan alam sekitar dengan tidak merusaknya. Dengan begitu kelangsungan hidup akan terus terjalin secara baik. Menjalin hubungan tidak cuma dengan sesama manusia tapi manusia dengan alam. Jika kita mampu menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar maka alam sekitar akan memberikan manfaatnya. 

Seperti kata pepatah apa yang kau tanam, itulah yang kau tuai.

Kata mutiara lebah:
Jadilah seperti lebah, tidak memakan kecuali yang baik, tidak membuang kecuali hal buruk, dan tidak merusak apa yang Ia hinggapi.

5. Menjadi orang yang bermanfaat dan perduli dengan sesamanya


Menjadi orang yang bermanfaat dan perduli dengan sesamanya

Lebah hidup bersama dalam sebuah koloni lebah, setiap lebah memiliki peranannya masing-masing mulai dari ratu lebah yang bertanggung jawab dalam reproduksi, lebah pekerja yang membersihkan sarang dan menjaga temperature, terdapat lebah yang menjaga sarang dari ancaman atau gangguan, dan yang lainnya terbang jauh demi mengumpulkan madu. 

Semua nya melakukan tugas nya dengan baik dan lebah tidak bisa membangun sarang yang besar itu sendirian. Sama halnya dengan kehidupan manusia kita harus bertanggung jawab atas tugas yang diberikan dan bekerja sama dengan orang lain untuk menciptakan keharmonisan dan menjadi masyarakat yang produktif.

Sekarang ini, banyak orang tidak perduli terhadap orang disekitarnya, mengabaikan sekitarnya dan mengedepankan sikap egois dibanding menjadi bermanfaat untuk orang lain, untuk itulah kita bisa mengambil contoh dari kehidupan lebah yang berbagi hal baik kepada sesamanya, membantu dan menjaga lebah lainnya.

Kata mutiara lebah:
Kikislah kebencian di dalam hati, tumbuhkan kepedulian terhadap sesama. Jangan pernah merasa diri tidak berguna, karena semua orang memiliki peran yang sama penting. 

Menemukan makna hidup terkadang datang dari hal yang tidak pernah kita duga sebelumnya, melalui lebah saja kita bisa belajar banyak soal kehidupan, melatih diri menjadi orang yang sabar, dan perduli terhadap sesama dan lingkungan. Selain makna hidup dari lebah diatas apa saja pelajaran yang bisa anda temukan dari hewan lebah? 
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

This post have 0 comments

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.