Wajib Tahu! 10 Manfaat Kurma bagi Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Kurma bagi Kesehatan Tubuh

Buah yang dihasilkan oleh pohon kurma yang kita kenal sebagai buah kurma ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat yang terdapat pada buah kurma berikut penjelasan lengkapnya.

Menurut situs Wikipedia kurma adalah salah satu tanaman Palma (Arecaceae) yang masuk dalam genus Phoenix. Tanaman ini berasal dari Teluk Persia.

Kurma sudah menjadi makanan pokok di Timur Tengah selama ribuan tahun dan menyebar di sekitar Selatan dan Barat Daya Asia, Italia Spanyol dan bagian Utara Afrika.

Meskipun orang Indonesia sering mengkonsumsi kurma hanya di waktu-waktu tertentu seperti saat bulan puasa atau bulan Ramadhan Namun ternyata manfaat dari buah kurma sangat bagi kesehatan. Bisa dibayangkan apabila kita mengkonsumsi nya sepanjang tahun.

Berikut 10 manfaat buah kurma bagi kesehatan tubuh


1. Meningkatkan kesehatan otak


Buah kurma mengandung vitamin B6 yang erat kaitannya dengan kinerja otak yang lebih baik.

2. Mengurangi risiko penyakit stroke


Para ahli mengungkapkan dalam penelitiannya bahwa kurma dapat mengurangi risiko stroke sebesar 9% untuk setiap 100 mg magnesium yang dikonsumsi seseorang per harinya.

3. Anti peradangan (Inflamasi)


Kurma mengandung magnesium yang dikenal dan manfaatnya untuk anti inflamasi atau anti peradangan.

4. Menyehatkan sistem pencernaan


Sistem pencernaan yang baik akan terpenuhi jika makanan yang kita konsumsi mengandung serat yang cukup. Serat sangat penting untuk meningkatkan kesehatan usus besar dan melancarkan buang air besar. Dengan mengkonsumsi kurma akan memenuhi kebutuhan serat yang baik untuk mengurangi resiko kolitis, kanker kolon, dan wasir.

5. Mengandung potasium


Dalam satu buah kurma ternyata mengandung lebih banyak potasium daripada buah pisang (per berat). Potassium adalah salah satu mineral penting yang bermanfaat untuk mengatasi tekanan darah tinggi, mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, menstabilkan denyut jantung, menyehatkan tulang, dll.

6. Kurma baik untuk pertumbuhan anak


Diperkaya dengan nutrisi dan mudah dicerna kurma dianggap sebagai sumber makanan yang baik untuk pertumbuhan anak.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Kandungan kurma kaya akan magnesium tembaga mangan dan selenium, sepertinya sudah diungkapkan banyak penelitian bahwa nutrisi di atas baik untuk membantu mencegah penyakit seperti kanker.

8. Menyeimbangkan tingkat zat besi dalam tubuh.


Beberapa penyakit yang diakibatkan karena kekurangan zat besi seperti anemia dapat dibantu dengan mengkonsumsi buah kurma. Buah kurma mengandung zat besi yang berguna untuk mengangkut oksigen dalam darah dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh.

9. Menghilangkan alergi


Kurma ternyata mengandung sulfur organik tinggi, zat ini dikenal bermanfaat untuk mengurangi reaksi alergi.

10. Menjaga kesehatan mata


Manfaat terakhir dari kurma adalah untuk kesehatan mata. Kurma mengandung vitamin A dan vitamin K yang baik untuk orang yang bermasalah dengan rabun senja.

Itulah manfaat kurma bagi kesehatan tubuh jika artikel ini bermanfaat silakan share.
Terimakasih.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.