Berapa Jumlah Protein Yang Dibutuhkan Tubuh

Berapa banyak jumlah protein yang dibutuhkan tubuh kita?

 

jumlah protein yang dibutuhkan tubuh

Diet yang benar adalah diet yang menyediakan nutrisi yang tepat, terdiri dari kombinasi karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin. Di antara semua komponen yang telah disebutkan, protein memiliki peran yang berbeda dan sangat penting bagi tubuh. Fungsi utama protein adalah memperbaiki jaringan yang rusak dan memungkinkan pertumbuhan sel.

Fungsi penting lainnya yang dilakukan oleh protein di dalam tubuh adalah sebagai komponen dalam pembuatan hormon dan serum lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Protein yang berasal dari tumbuhan atau protein nabati sama pentingnya seperti protein yang didapakan dari hewan atau protein hewani. Protein terbuat dari asam amino esensial dan non esensial.

Diet yang normal harus mengandung 15-20% protein dari total kalori harian. Asupan protein tidak boleh lebih dari 20% seperti yang disarankan riset baru baru ini. Protein menyumbang 4 kalori per gram yang dikonsumsi tubuh. 

Kombinasi yang tepat dari asam amino esensial sesuai dengan Recommended Dietary Allowance (RDA) 1989 adalah: 

  • Isoleucine (10 mg), 
  • Lysine (12mg), 
  • Leusin (14 mg), 
  • Fenilalanin (14 mg), 
  • Metionin (13 mg), 
  • Threonine 7mg), 
  • Valine (10 mg) dan 
  • Tryptophan (3,5 mg). 

Ini adalah asam amino yang dibutuhkan tubuh, namun tubuh tidak dapat membuatnya dan karena itu hanya tersedia dari asupan makanan yang terdiri dari asam amino ini. Dan protein yang dibutuhkan oleh bayi adalah Histidine (28 mg). Jumlah protein ini diambil sesuai dengan berat badan, per kilogram per hari, oleh tubuh. 
                                                           
Kebutuhan protein tergantung dari berbagai faktor seperti berat badan, jenis kelamin, usia dan kondisi fisik tubuh. Kebutuhan manusia normal akan protein bervariasi dari kebutuhan seorang atlet atau untuk seseorang yang ingin membangun massa otot , atau orang yang sedang sakit dan tidak memiliki kebutuhan yang diperlukan. 

Asupan asam amino esensial tubuh yang selanjutnya yaitu membantu dalam membuat asam amino non-esensial yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melengkapi kebutuhan protein tubuh. 

Kebutuhan protein bagi seseorang yang ingin membentuk tubuh dan massa ototnya berbeda dengan pekerja normal; Protein yang dibutuhkan oleh mereka adalah protein whey.

Protein dari tumbuhan dan dari hewan adalah satu-satunya sumber protein dari luar tubuh seperti Susu yang memiliki 8 asam amino berbeda yang dibutuhkan tubuh untuk membangun otot, kepadatan tulang dan untuk memperbaiki sel tubuh. Telur juga menyediakan protein lengkap, terutama bagian putih telurnya.

Seorang individu harus mendapatkan jumlah protein yang tepat, karena kekurangan protein atau kelebihan protein pada tubuh dapat mempengaruhi fungsi tubuh itu sendiri. 

Jumlah protein yang disarankan oleh dokter di seluruh dunia dan dengan Recommended Dietary Allowance (RDA) telah disetujui secara universal sebagai asupan protein yang tepat untuk individu dengan kebutuhan fisik normal. 

Kombinasi protein yang benar harus merupakan kombinasi protein yang tepat dari makanan vegetarian dan makanan non-vegetarian. Orang-orang vegetarian disarankan untuk mengkonsumsi beberapa olahan makanan seperti susu beserta sayuran untuk menjaga agar kadar protein di dalam tubuh tetap seimbang. Makanan olahan susu memiliki protein yang tinggi dan berkualitas baik di dalamnya.                     
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

This post have 0 comments

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.