8 Manfaat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan

8 Manfaat Madu Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Madu telah dikenal sebagai sumber obat alami yang dapat mengatasi beragam masalah kesehatan. Selain itu madu juga bisa digunakan untuk kecantikan. apa saja manfaat yang didapat dengan menggunakan madu untuk kesehatan dan kecantikan. Simak penjelasannya dibawah.

8 Manfaat Madu Bagi Kesehatan dan Kecantikan


1. Mempercepat Regenerasi Kulit


Regenerasi kulit bisa terjadi jika sel kulit mati bisa dibuang, sehingga sel baru akan tumbuh sebagai hasilnya. Meski merupakan fenomena atau proses alami, regenerasi kulit bisa dipercepat. Bila regenerasi bisa terjadi lebih cepat, kulit akan jauh lebih sehat karena mendapat sel baru dan bisa membuang sel tua.

Berbagai jenis masalah kulit bisa dicegah bahkan sembuh, mulai dari munculnya jerawat, kulit kering, kulit berminyak serta kulit yang gelap.

Dengan mengetahui informasi ini, mungkin Anda akan coba beralih menggunakan madu sebagai bahan dasar masker daripada menggunakan produk kimia. Karena manfaat madu untuk kecantikan sudah tidak diragukan lagi. Jangan pernah ragu untuk mengkonsumsi madu atau menggunakannya untuk perawatan Anda, karena Anda tidak akan mendapatkan apa-apa selain keuntungan baik untuk kesehatan dan kecantikan Anda.

2. Melindungi Kulit dari Radikal Bebas


Manfaat madu untuk kecantikan selanjutnya adalah dapat melindungi kulit. Madu sangat baik untuk melindungi kulit serta bagian tubuh lainnya. Kulit membutuhkan nutrisi dan suplemen tertentu agar tetap sehat dan sehat. Inilah alasan mengapa orang suka membeli begitu banyak kosmetik atau perawatan kecantikan untuk memastikan kulit mendapatkan apa yang diperlukan, terutama pada perlindungan dari faktor eksternal seperti debu, polusi, ultraviolet dan sebagainya.

Dalam memilih kosmetik perawatan atau kecantikan, setidaknya Anda memiliki dua pilihan utama yang alami dan tidak alami. Jika Anda lebih menyukai yang pertama, itu akan jauh lebih baik untuk Anda, kemungkinan Anda akan mengalami efek samping sangat kecil daripada yang tidak alami (kimiawi).

Salah satu esensi alami yang dibutuhkan oleh kulit Anda adalah madu, karena mengandung antioksidan yang sangat bermanfaat untuk melindungi kulit terutama dari radikal bebas dan ultraviolet. Selain itu, juga memiliki esensi anti bakteri dan anti jamur sehingga dengan melakukan satu perawatan, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat.

Esensi anti-oksidan melindungi kulit Anda dari kekeringan atau penyakit kulit apapun, seperti iritasi, gatal, kulit kemerahan dan sejenisnya. Ini berarti semakin rutin Anda menggunakan madu sebagai perawatan kecantikan Anda, semakin baik hasilnya.

3. Melembabkan Kulit


Kulit lembab bukan hanya tentang keindahan dan tampilan, tapi juga tentang kondisi sehat. Kulit yang lebih lembab adalah, kulit yang lebih sehat dan lebih indah. Itulah sebabnya orang suka melakukan beberapa perawatan atau menggunakan kosmetik kecantikan agar kulit mereka lembab secara alami.

Jika Anda juga suka melakukannya, Anda bisa menggantinya dengan madu. Beberapa kandungan yang bekerja dengan baik untuk melembabkan kulit adalah gula dan asam amino pada madu. Selain itu, madu mampu mengikat esensi hidrogen sehingga akan melembabkan kulit Anda dari dalam.

Untuk jenis perawatan ini, Anda tidak mengonsumsi madu. Anda hanya perlu mengolesi pada wajah secara merata selama beberapa menit dan kemudian mencucinya dengan air (masker madu). Tidak hanya menjadi lembab secara alami, wajah kulit Anda juga akan terlindungi dari debu, ultraviolet dan sejenisnya. Untuk hasil terbaik, disarankan agar Anda mencampurnya dengan esens alami lainnya.

4. Membersihkan Kulit


Ternyata manfaat madu untuk kecantikan kulit tidak diragukan lagi. Pembersihan kulit adalah salah satu perawatan kulit yang paling umum dilakukan orang. Biasanya, kita suka menggunakan pembersih dengan kapas, sehingga kotoran yang menempel pada kulit bisa dilepas.

Bagaimanapun, jika Anda tertarik untuk mencoba pengobatan alami untuk membersihkan kulit, Anda mungkin harus mencoba menggunakan madu dalam perawatan Anda.

Madu mengandung enzim yang akan sangat bermanfaat untuk membersihkan kulit tanpa menipiskan lapisan kulit seperti produk kosmetik instan. Anda hanya perlu mencampur madu dengan air, lalu gosokkan kepada bagian tubuh yang ingin dibersihkan, setelah itu bilas dengan air sampai bersih. Campuran tersebut akan menghasilkan antiseptik yang lembut yang akan bagus untuk membersihkan kulit dan memenuhi seluruh kebutuhannya secara keseluruhan.

5. Mengurangi Tanda Penuaan


Orang terkadang khawatir dengan tanda-tanda penuaan karena mereka akan terlihat tidak secantik dulu. Hal ini membawa mereka untuk menemukan cara dalam menghadapi tanda penuaan, lebih tepatnya sih mengurangi tanda-tanda penuaan. Bertambahnya usia sebenarnya adalah mutlak dan sudah takdir, apa yang bisa dilakukan hanya benar-benar mempersiapkan kedatangannya atau segera menghadapinya, yang paling penting adalah menikmatinya.

Salah satu tanda penuaan yang paling populer adalah kerutan, dimana kulit (terutama kulit wajah) terlihat tidak kencang seperti sebelumnya. Hal ini secara alami disebabkan oleh minimnya produksi kolagen. Tubuh manusia bisa menghasilkan kolagen secara otomatis, namun produksinya akan menurun seiring bertambahnya usia. Dalam kasus ini, karena kolagen menjadi titik utama, orang mencoba mendapatkan kolagen dari luar.

Orang bisa mendapatkan kolagen dari hewan dan juga esens alami lainnya, salah satunya adalah madu. Dibandingkan dengan kolagen yang berasal dari hewan, kolagen dari madu jauh lebih baik dan aman. Madu juga mengandung esensi anti radang yang bisa sangat efektif untuk mencegah degenerasi kulit. Itulah sebabnya, jika Anda menemukan tanda penuaan, terutama di wajah Anda, Anda mungkin akan mempertimbangkan untuk segera menggunakan madu untuk perawatan Anda.

Cara penggunaanya sangat mudah, Anda bisa menggunakannya sebagai masker pada wajah, lalu diamkan sekitar 15 menit, kemudaian bilas sampai bersih. Namun jika Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih baik, jangan lupa untuk mengkonsumsinya untuk perawatan dari dalam.

6. Mencegah dan Menghilangkan Jerawat


Selain hubungan antara pencegahan jerawat dan regenerasi sel kulit, madu juga bekerja dengan baik dalam mencegah dan menghilangkan jerawat, karena bisa membunuh berbagai jenis bakteri serta jamur. Seperti yang umum diketahui, bakteri merupakan salah satu penyebab umum jerawat sehingga bila bakteri tersebut bisa ‘secara teratur’ terbunuh, ancaman jerawat akan jauh lebih rendah dari sebelumnya.

Selain membunuh bakteri, madu juga bisa memindahkannya dari pori-pori kulit sehingga infeksi kulit karena bakteri yang terblokir oleh pori-pori kulit bisa dihindari. Dua jenis fungsi ini menjadikan madu sebagai solusi bagus untuk pencegahan jerawat.

Bekas luka jerawat adalah masalah kulit umum lainnya yang sulit untuk diatasi. Jika Anda punya masalah yang sama, Anda bisa menggunakan madu hangat lalu oleskan pada bekas luka tersebut, diamkan sekitar 2 sampai 3 jam, kemudian bersihkan dengan air dan ulangi pengobatan sampai Anda mendapatkan hasil yang sempurna. Itulah salah satu manfaat madu untuk kecantikan.

7. Memperbaiki Kerusakan Rambut


Manfaat madu untuk kecantikan juga mencakup rambut. Rambut yang rontok seperti mimpi buruk bagi pria dan wanita, karena kondisi ini bisa merusak penampilan mereka. Hal itu bisa dipicu oleh beberapa faktor mulai dari treatment yang salah, terlalu banyak esens berbahaya pada rambut, gaya hidup tidak sehat hingga genetik.

Jika menemukan diri Anda, keluarga atau teman Anda mengalami rambut rusak, Anda dapat menyarankan mereka untuk menggunakan perawatan madu terlebih dahulu sebelum berkonsultasi dengan dokter atau menggunakan shampo dengan yang mahal. Prosedurnya sangat sederhana. Anda hanya perlu mencampur madu dengan sampo yang Anda gunakan lalu oleskan secara merata di kulit rambut selama 2 jam sebelum waktu mandi Anda.

Jika Anda tidak memiliki masalah rambut yang serius, madu tetap bermanfaat bagi rambut Anda dan Anda bisa mengkonsumsinya untuk tujuan lain. Seperti, merangsang pertumbuhan rambut, menghindari rambut rontok, mencegah ketombe dan masalah rambut yang relatif tidak serius.

Khasiat madu juga bagus untuk melembabkan rambut Anda. Setelah mandi, Anda bisa memakai campuran madu dan minyak zaitun selama satu jam sebelum dibilas dengan air dingin. Setelah selesai, silahkan bercermin, maka Anda akan kagum melihat keindahan rambut Anda.

8. Mengatasi Masalah Bibir Kering


Manfaat madu untuk kecantikan terakhir adalah bisa melembabkan bibir. Bibir kering bahkan berdarah biasanya ditemukan di musim kemarau saat sebagian besar orang mendapat kontak langsung dengan sinar matahari yang sangat panas. Selain dehidrasi, masalah ini datang karena kulit tidak mendapatkan apa yang seharusnya didapat dari vitamin, suplemen, nutrisi dan sebagainya. Jika Anda mengalami masalah ini, Anda bisa mengolesi madu pada bibir Anda, seperti menggunakan lip balm.

Itulah diatas beberapa cara yang bisa kita dapatkan dari madu terutama untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga bermanfaat.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.