Kandungan Nutrisi dan Manfaat Gandum Bagi Kesehatan Tubuh

Gandum memiliki segudang manfaat untuk kesehatan karena kandungan nutrisi di dalamnya yang berguna untuk menurunkan berat badan, menurunkan risiko diabetes, meningkatkan energi, menjaga metabolisme tubuh, mencegah asma, mencegah batu empedu hingga untuk kecantikan kulit dan rambut Anda.

Siapa yang tidak mengenal sumber olahan makanan yang satu ini. Umumnya gandum kita kenal sebagai sumber makanan untuk membuat roti. Nah sebenarnya apa saja makanan yang bisa diolah dari gandum lalu apa isi kandungan nutrisi dan manfaat gandum bagi kesehatan tubuh?

Gandum merupakan tanaman serealia yang berasal dari keluarga padi-padian yang akan kandungan karbohidrat, di Indonesia gandum umumnya diolah untuk memproduksi tepung terigu, pakan ternak hingga dijadikan fermentasi alkohol.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Gandum Bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan Nutrisi Gandum
Gandum yang tidak di rafinasi mengandung karbohidrat kompleks, serat diet dan protein. Selain itu, gandum juga kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan dan kecantikan tubuh Anda. Berikut ini kandungan nutrisi dalam tiap 100 gram gandum:

Kandungan Nutrisi (100 gram)

Air 47.75 gram
Energi 198 Kcal
Protein 7.49 gram
Lemak Total 1.27 gram
Karbohidrat 42.53 gram
Serat 1.1 gram
Kalsium 28 mg
Zat Besi 2.14 mg
Magnesium 82 mg
Fosfor 200 mg
Potassium 169 mg
Sodium 16 mg
Zinc 1.65 mg
Vitamin C 2.6 mg
Thiamin 0.23 mg
Riboflavin 0.16 mg
Niacin 3.09 mg
Vitamin B6 0.27 mg
Asam Folate 38 µg
Fatty acids, total saturated 0.21 gram
Fatty acids, total monounsaturated 0.15 gram
Fatty acids, total polyunsaturated 0.56 gram

Nutrisi dan Manfaat Gandum Bagi Kesehatan Tubuh


1. Mencegah Obesitas

Gandum utuh memiliki kemampuan untuk menjaga berat badan Anda tetap ideal, wanita yang rutin mengonsumsi produk gandum utuh saat program diet umumnya mengalami penurunan berat badan signifikan daripada mereka yang tidak. Mengutip American Journal of Clinical Nutrition menunjukan bahwa konsumsi gandum utuh seperti nasi merah, nasi coklat dan oat sangat dianjurkan untuk mereka yang memiliki berat badan berlebih.

2. Mencegah Gangguan Metabolisme

Gandum merupakan makanan yang sangat dianjurkan untuk mereka yang memiliki keluhan gangguan metabolisme. Ciri-ciri umum penderita gangguan metabolisme adalah obesitas, kadar trigliserida tinggi, kadar HDL rendah dan tekanan darah tinggi.

Konsumsi gandum dan produk turunannya sangat baik untuk melindungi Anda dari masalah kesehatan diatas, Menurut pakar diet dari The Nutrition Society, Janice Harland dan Lynne Garton, rutin konsumsi gandum umumnya dapat menurunkan indeks massa tubuh bagi mereka yang mengalmi obesitas.

3. Menurunkan Risiko Diabetes

Kandungan Magnesium dalam gandum merupakan nutrisi esensial yang dibutuhkan oleh lebih dari 300 jenis enzim dalam tubuh Anda, enzim-enzim ini terlibat langsung dalam memaksimalkan sensitifitas insulin dan sekresi gula dalam tubuh Anda.

Dalam penelitian yang dipublikasikan pada The American Journal of Clinical Nutrition menunjukan bahwa konsumsi gandum secara rutin dapat mengontrol kadar gula darah Anda. Oleh karena itu, bagi penderita diabetes atau mereka yang berada dalam tahan pre-diabetes sebaiknya ganti nasi putih dengan gandum utuh seperti nasi merah, nasi coklat atau oatmeal.

4. Mencegah Batu Empedu

Serat dalam gandum sangat diperlukan untuk menjaga pergerakan perut dan melancarkan sistem pencernaan Anda, hal ini sangat baik untuk menurunkan tingkat sekresi asam empedu. Asam empedu berlebih dapat menyebabkan timbulnya batu empedu. Oleh karena itu, konsumsi gandum mulai saat ini untuk kesehatan sistem pencernaan Anda.

5. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Serat dalam gandum juga sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan tubuh Anda, rutin konsumsi gandum dapat mencegah gangguan pencernaan seperti perut kembung, mual, dan sembelit. Penelitian yang dipublikasikan Journal of Food Science and Technology mengatakan bahwa serat dalam gandum sangat baik untuk kesehatan organ pencernaan Anda.

Sistem pencernaan yang lancar dapat mencegah timbulnya peradangan pada perut yang dapat menyebabkan susah buang air besar kronis yang dapat merusak dinding usus Anda.

6. Mencegah Asma pada Anak

Anak-anak yang memiliki masalah alergi dan asma menunjukan penurunan reaksi alergi dan frekuensi asma kambuh hingga 50 persen setelah konsumsi gandum. Kandungan vitamin E dan magnesium dalam gandum dapat mencegah Bronchial Hyperresponsiveness yang dapat menyebabkan penyempitan saluran pernapasan dan meningkatkan sensitifitas.

Catatan: Dalam beberapa kasus, konsumsi gandum dapat menyebabkan reaksi alergi pada tubuh pasien asma, oleh karena itu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.

7. Meredakan Gejala Menopause

Konsumsi gandum dan produk turunannya sangat baik untuk wanita lanjut usia yang memasuki masa menopause, kandungan serat dan protein dalam produk gandum dapat membantu wanita lanjut usia dalam mengontrol berat badan, menyeimbangkan hormon dan meredakan gejala menopause seperti kepanasan dan gangguan mood.

8. Mencegah Penyakit Jantung

Gandum utuh memiliki kandungan senyawa Enterolactone, yang sangat baik untuk mencegah penyakit jantung. Dalam penelitian di Denmark menurunkan bahwa wanita yang rutin mengonsumsi gandum utuh umumnya memiliki tekanan darah rendah dan kadar trigliserida dalam darah yang rendah, hal ini sangat baik untuk mencegah timbulnya penyumbatan pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

British Medical Journal juga merekomendasik mereka yang tidak memiliki alergi terhadap gluten untuk rutin mengonsumsi gandum untuk menjaga kesehatan sistem kardiovaskular Anda.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan nutrisi seperti Selenium, Vitamin E, dan Zinc dalam gandum sangat baik untuk menjaga kelembapan kulit, mengatasi jerawat dan mencegah kerusakan kulit karena sinar ultraviolet. Selain itu, kandungan serat dalam gandum sangat baik untuk menjaga metabolisme tubuh, yang membantu mengeluarkan racun sehingga membuat kulit Anda tampak lebih muda dan bercahaya.

10. Menjaga Kesehatan Rambut

Zinc dalam panganan ini dapat menutrisi rambut dan mencegah kerontokan, mineral zinc dibutuhkan untuk melindungi rambut Anda dari kerusakan karena polusi lingkungan.

11. Mencegah Kanker Payudara

Kandungan antioksidan dalam gandum sangat baik untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh karena zat karsinogenik, mereka yang mengonsumsi 30 gram gandum setiap hari umumnya memiliki risiko kanker payudara yang lebih rendah, lebih jauh konsumsi gandum pada wanita yang memasuki masa menopause dapat menurunkan risiko penyakit kanker payudara hingga 41 persen.

Penelitian yang dilakukan oleh UK Women’s Cohort Study menunjukan bahwa konsumsi makanan kaya serat dari gandum, buah-buahan dan sayuran sangat penting untuk menurunkan risiko penyakit kanker payudara.

Efek Samping Gandum bagi Tubuh

Meski menyehatkan, konsumsi gandum berlebihan dapat menyebabkan efek samping negatif bagi tubuh Anda. Berikut ini beberapa efek samping yang dapat disebabkan gandum pada tubuh Anda:

Reaksi alergi seperti ruam kulit, gatal-gatal dan eksim
Penyakit Celiac dan reaksi alergi terhadap gluten
Penyakit irritable bowel syndrome
Kandungan oxalate dalam gandum dapat menyebabkan masalah batu empedu, batu ginjal dan asam urat.
Menyebabkan rendahnya penyerapan mineral zat besi dan zinc oleh tubuh karena kandungan Phytic Acid di dalamnya.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Gandum untuk Kesehatan dan Kecantikan tubuh Anda, semoga bemanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan dengan bahan-bahan alami.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.