5 Kandungan dan Manfaat Daging Yang Perlu Kamu Ketahui

Manfaat dan Nutrisi Daging Bagi Kesehatan Tubuh

Mengkonsumsi daging memiliki manfaat yang luar biasa terhadap kesehatan tubuh seseorang. Apalagi jika dikonsumsi secara teratur. Di postingan ini misterhidayat.blogspot.com ingin berbagi informasi mengenai apa saja manfaat kesehatan yang kita peroleh dari mengkonsumsi daging, dan apa saja nutrisi yang terkandung didalam daging. Berikut penjelasannya,

Banyak orang yang menyukai olahan makanan yang berasal dari daging mulai dari steak, rendang, sosis, dan lain sebagainya. Dan biasanya menu makanan tersebut tersedia di hari hari besar atau merayakan moment atau event tertentu. Namun apakah sebenarnya kandungan gizi yang terdapat pada daging?

Daging mengandung sejumlah nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan proses metabolisme. Nutrisi tersebut terdiri dari protein lemak vitamin dan mineral. Semua nutrisi ini bertanggung jawab terhadap suplai energi di dalam tubuh dan menjaga agar tubuh tetap sehat.

Manfaat dan Nutrisi Daging Bagi Kesehatan Tubuh


1. Kaya Kandungan Protein


Daging kaya akan sumber protein. Protein ini sendiri sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang tinggi karena protein memainkan peranan penting dalam fungsi tubuh dan kesehatan secara menyeluruh.

Fungsi utama yang paling penting dari protein adalah membangun, memperbaiki jaringan tubuh, pembentukan antibodi untuk melawan zat asing dari luar tubuh dan melawan infeksi.

Daging bisa dikatakan sebagai sumber protein berkualitas tinggi karena mengandung hampir semua asam amino esensial. Oleh karena itu mengkonsumsi daging memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh kita.

2. Sumber Mineral Penting Bagi Tubuh


Selain kaya akan kandungan protein daging juga mengandung banyak sumber mineral penting. Khususnya zat besi. Untuk anda tahu zat besi ini berguna dalam pembentukan hemoglobin yang diperlukan untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh.

Mineral lainnya selain zat besi adalah seng atau Zinc. Zinc berguna dalam meningkatkan metabolisme dan membantu pembentukan jaringan.

Mineral yang ketiga adalah selenium. Selenium dalam daging membantu dalam memecahkan lemak dan bahan kimia lainnya dalam tubuh. Oleh karena itu daging memberi banyak mineral yang kita perlukan untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

3. Mengandung Sejumlah Vitamin Penting


Ternyata kandungan vitamin tidak hanya ada di buah-buahan maupun sayuran, namun daging juga mengandung sejumlah vitamin, terutama di antaranya adalah Vitamin A, B, dan D.

Vitamin A mungkin kita semua sudah banyak tahu kalau vitamin A membantu meningkatkan kesehatan penglihatan mata, selain itu juga vitamin A dapat mendukung perkembangan tulang dan gigi juga menjaga kesehatan kulit secara lebih optimal.

Vitamin B, vitamin B berfungsi dalam mendukung sistem saraf pusat dan juga meningkatkan kesehatan mental.

Vitamin D, vitamin D meningkatkan penggunaan kalsium dan fosfor, nah kalsium dan fosfor ini membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Meskipun nutrisi dan vitamin yang berasal dari daging Memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh manusia Namun kita juga harus tahu dan memahami bahwa daging juga mengandung kandungan lemak dan kolesterol yang sangat tinggi. Kandungan lemak dan kolesterol ini dapat menimbulkan beragam masalah kesehatan secara langsung yang mempengaruhi jantung dan sistem peredaran darah anda.

Rekomendasi dari pakar kesehatan adalah harus membatasi porsi dalam mengkonsumsi daging, setidaknya konsumsi daging hanya 2 - 3 kali seminggu untuk mencegah munculnya masalah kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Alangkah baiknya jika dibarengi dengan olahraga secara teratur.

4. Mencegah Stroke dan Diabetes.


Pasti banyak dari kita yang belum mengetahui bahwa ternyata dengan mengonsumsi daging dapat menghindari dan mencegah penyakit stroke dan diabetes. Mengapa? sebab daging memiliki zat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imun. Tentu saja kita harus mengatur porsi yang tepat ketika mengonsumsinya.

5. Menjaga Berat Badan Ideal


Banyak orang yang mengalami masalah berat badan dan biasanya hal tersebut terjadi karena tidak teraturnya seseorang dalam memiliki makanan yang sesuai bagi kebutuhan tubuh. Selain itu juga kurangnya olahraga dapat menjadi pemicu kenaikan berat badan yang signifikan.

Untuk mengatasi hal tersebut kita dapat mengonsumi olahan daging. Hal itu karena daging kaya kandungan sumber protein yang baik bagi seseorang yang sedang melakukan diet. Disarankan untuk mengonsumsi daging non lemak atau daging dengan sedikit kandungan lemak.

Itulah Manfaat dan Nutrisi Daging Bagi Kesehatan tubuh seseorang. Semoga bermanfaat!
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.