Manfaat dan Kandungan Nutrisi Kayu Manis Bagi Kesehatan

Manfaat dan Kandungan Nutrisi Kayu Manis Bagi Kesehatan

Pada kesempatan kali ini kita akan akan membahas mengenai apa saja manfaat dan kandungan nutrisi yang terdapat pada kayu manis. Seperti yang kita tau kayu manis merupakan bagian dari jenis pohon yang memiliki bau dan rasa yang khas.

Manfaat dan Kandungan Nutrisi Kayu Manis Bagi Kesehatan


Penelitian menemukan bahwa kayu manis merupakan rempah dan herbal alami yang memiliki kandungan zat antioksidan tertinggi. Kayu manis juga memiliki beragam manfaat lain seperti anti-bakiteri, anti-jamur dan anti-diabetes yang sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh Anda.

Selain itu, kayu manis memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh Anda, dalam satu sendok teh bubuk kayu manis, terdapat kandungan berupa:

Kalori 19
Karbohidrat 6,2 gram
Protein 0.3 gram
Lemak 0.1 gram
Serat 4.1 gram
Mangan 1.4 miligram
Kalsium 77.7 miligram
Zat Besi 0.6 miligram
Vitamin K 2.4 microgram

Selain daftar nutrisi diatas kayu manis juga terdapat sejumlah kecil vitamin dan mineral seperti Vitamin E, Niacin, Vitamin B6, Magnesium, Potassium, Zinc dan Copper. Berikut penjelasan lengkap mengenai manfaat kayu manis.

1. Kaya Antioksidan


Kayu manis memiliki beragam zat antioksidan yang bekerja untuk memerangi radikal bebas dan mencegah penuaan dini. Setidaknya, terdapat 41 jenis zat antioksidan dalam kayu manis.

Mengutip Skala Orac, yang sering digunakan untuk mengukur konsentrasi antioksidan dalam sebuah makanan, kayu manis berada di urutan 7 dari seluruh makanan yang diteliti, dan berdasarkan data tersebut. Kayu manis memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi daripada bawang putih, thyme, rosemaery dan oregano.

Dalam kayu manis terdapat zat antioksidan seperti Polyphenol, Asam Phenolic, dan Flavonoids yang bekerja melawan proses oxidative didalam tubuh Anda karena radikal bebas dan mencegah beragam penyakit kronis seperti kanker.

Selain itu juga kayu manis dapat menghambat terbentuk Nitric Oxide dalam darah Anda dan mencegah peroksidasi lemak. Kondisi ini dapat menurunkan risiko penyakit otak, kanker, serangan jantung dan berbagai penyakit kronis lainnya.

2. Mengatasi Peradangan


Kayu manis dapat mengatasi peradangan pada tubuh, hal tersebut sangat baik dalam menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, dan gangguan kognitif tubuh Anda.

Kandungan beragam jenis dari Flavonoid dalam kayu manis sangat efektif dalam menangkal peradangan di tubuh Anda. Herbal ini dapat meringkan pembengkakan, mencegah peradan dan sangat baik untuk meredakan rasa nyeri yang ditimbulkan seperti nyeri otot, nyeri haid dan mengurangi reaksi alergi pada tubuh Anda.

3. Menjaga Kesehatan Jantung


Ternyata kayu manis dapat menjaga kesehatan jantung seseorang. Kayu manis dapat mengontrol kadar kolesterol, kadar trigliserida dan tekanan darah tinggi sehingga Anda terhindarkan dari penyakit jantung dan stroke.

Kayu manis juga dapat membantu pengentalan darah dan menghentikan pendarahan pada tubuh Anda. Selain itu, kayu manis dapat meningkatkan sirkulasi dan mempercepat penyembuhan jaringan otot, yang sangat bermanfaat untuk meregenerasi jaringan otot di sekitar jantung. Hal ini tentu sangat baik untuk mencegah serangan jantung, penyakit jantung dan stroke.

4. Menstabilkan Kadar Gula darah


Kayu manis juga dikenal karena kandungan anti-diabetes, yang menjadikannya salah satu makanan yang baik untuk penderita diabetes.

Kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitifitas tubuh Anda terhadap insulin, hal ini sangat baik untuk menyalurkan gula dari pembuluh darah ke seluruh jaringan otot tubuh Anda untuk menstabilkan kadar gula darah.

Manfaat Kayu Manis untuk penderita diabetes ada kemampuannya dapat mencegah aktivitas beberapa enzim pencernaan untuk menunda penyerapan gula ke pembuluh darah setelah makan, karena kemampuannya ini. Banyak penelitian yang menunjukan bahwa mereka yang menderita diabetes tipe 2 sangat dianjurkan untuk mengonsumsi ekstrak kayu manis.

5. Menjaga Fungsi Otak


Kandungan zat antioksidan dalam kayu manis sangat baik untuk menjaga fungsi otak dan melindungi Anda dari risiko penyakit neurodengerative seperti Parkinson dan Alzheimer.

Kandungan senyawa aktif dalam kayu manis dapat mencegah pembentukan protein di otak yang dapat menurunkan risiko penyakit alzheimer. Selain itu, antioksidan dalam herbal ini dapat melindungi sistem saraf dari kerusakan karena radikal bebas yang mana dapat melindungi kerja otak dan mencegah gangguan kognitif Anda.

6. Mencegah Kanker


Karena kandungan antioksidan didalamnya, herbal ini dapat melindungi Anda dari kerusakan DNA, mutasil sel dan pertumbuhan sel tumor.

Kandungan Cinnamaldehyde dalam kayu manis dapat menghambat pertumbuhan sel tumor dan melindungi DNA dari kerusakan yang dapat menyebabkan timbulnya kanker. Dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kayu manis efektif unutk melindungi usus dan mencegah risiko kanker usus.

7. Mencegah Infeksi Virus dan Bakteri


Diantara sekian banyak manfaat kayu manis, kemampuannya dalam melindungi tubuh Anda dari penyakit adalah yang utama. kayu manis memiliki kandungan anti-mikroba, antibiotik, anti-jamur dan anti virus serta minyak esensial yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Oleh sebab itu, kayu manis digunakan sebagai obat alami untuk melawan infeksi bakteri dan virus yang menyebabkan demam, radang tenggorokan dan pneumonia.

8. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut


Kandungan antibakteri, antivirus, anti-mikroba dan antiobiotik dalam kayu manis juga sangat baik untuk kesehatan gigi dan mulut Anda. Kayu manis dapat mencegah bau mulut, gigi berlungan, karang gigi dan infeksi mulut.

Minyak esensial dari herbal ini juga bermanfaat sebagai anti bakteri yang bekerja melawan pertumbuhan bakteri di mulut, sehingga Anda terhindarkan dari bau mulut, sebagai obat sakit gigi dan masalah gigi lainnya.

9. Mencegah Jamur Candida


Kayu manis memiliki kandungan anti-jamur yang efektif dalam mengatasi dan mencegah pertumbuhan jamur candida di saluran pencernaan.

Kayu manis dapat menurunkan infeksi jamur Candida Albicans yang dapat menyebabkan masalah pencernaan dan penyakit autoimun.

Kemampuannya dalam menjaga kadar gula darah tetap normal juga dapat mencegah infeksi jamur candida, peningkatkan kadar gula pada saluran pencernaan merupakan salah satu penyebab utama timbulnya jamur ini.

10. Menjaga Kesehatan Kulit


Kandungan senyawa aktif yang berperan sebagai antibiotik dan antimikroba sangat baik untuk melindungi kesehatan kulit Anda, ekstrak kayu manis dapat menghindarkan kulit Anda dari iritasi, ruam merah, reaksi alergi dan infeksi.


Itulah diatas manfaat dan kandungan nutrisi yang terdapat pada kayu manis bagi kesehatan. Semoga bermanfaat!
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.