15 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh

Kacang kedelai ternyata memiliki manfat bagi kesehatan tubuh, hal tersebut karena kandungan nutrisi di dalamnya yang dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan. Selain itu kacang kedelai juga bermanfaat untuk perawatan kecantikan. Simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Kacang kedelai merupakan salah jenis legume dan bagian dalam keluarga kacang pea, kacang kedelai merupakan salah satu makanan yang paling sering dikonsumsi di seluruh dunia. Kacang kedelai dapat diolah menjadi susu kedelai, tahu, tempe dan minyak kedelai.

15 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh


Kacang kedelai rendah lemak, kalori dan tinggi akan kandungan vitamin, mineral, serat dan protein yang sangat baik untuk menjaga fungsi organ tubuh Anda tetap optimal.

15 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh


1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Kandungan protein dalam kacang kedelai sangat tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan protein harian tubuh Anda, protein merupakan nutrisi esensial yang dibutuhkan untuk menjaga sistem metabolisme tubuh dan fungsi organ tubuh Anda. Protein berperan dalam pembentuk sel-sel tubuh dan pembuluh darah yang sangat penting untuk kesehatan Anda.

Protein dari kacang kedelai dapat memastikan kesehatan dan regenerasi sel-sel tubuh Anda yang rusak. Selain itu, protein nabati yang berasal dari kacang ini lebih sehat dibandingkan protein hewani yang didapatkan dari daging, telur, susu dan ikan.

2. Mencegah Kanker

Kacang kedelai memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan dalam kacang kedelai dapat menangkal beberapa jenis kanker, antioksidan berperan dalam menetralisir radikal bebas yang dapat memutasi genetik sel tubuh Anda menjadi sel kanker dan tumor.

Lebih jauh, American Institute of Cancer Research menjelaskan bahwa kandungan serat dalam kedelai dapat menurunkan risiko penyakit kanker usus dan kanker perut. Oleh karena itu, selipkan produk kedelai dalam menu makanan Anda.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Kacang kedelai merupakan salah satu makanan dengan sumber lemak tak jenuh yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda, hal ini sangat baik untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah karena penumpukan kolesterol pada pembuluh darah Anda sehingga menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Kandungan asam lemak seperti Asam Linoleic dan Asam Linolenic dalam kacang ini berperan penting dalam mengontrol fungsi otot-otot tubuh Anda membantu mengontrol tekanan darah Anda, lebih lanjut serat dalam panganan ini dapat menurunkan kadar kolesterol dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh dan menyingkirkan kolesterol yang menempel pada dinding pembuluh darah Anda.

4. Meredakan Gejala Menopause

Kandungan isoflavone dalam kacang ini merupakan nutrisi esensial yang dibutuhkan oleh organ reproduksi wanita. Selama memasuki usia menopause, hormon estrogen wanita mengalami penurunan signifikan. Isoflavone dapat mengikat sel reseptor estrogen sehingga tubuh tidak mengalami penurunan hormon estrogen secara drastis.

Hal ini dapat meredakan gejala menopause seperti perubahan mood, gerah dan sakit perut.

5. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat dalam kedelai sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan tubuh Anda. Serat dalam kacang ini dapat melembutkan dan meningkatkan pergerakn perut Anda sehingga dapat mengatasi masalah susah buang air besar dan menurunkan risiko penyakit kanker usus.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Kacang kedelai kaya akan kandungan vitamin dan mineral seperti kalsium, magnesium, copper, selenium dan zinc yang sangat penting untuk kesehatan tulang Anda. Kandungan nutrisi tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dengan cara menjaga kepadatan tulang dan mempercepat proses penyembuhan tulang.

Rutin konsumsi kacang kedelai merupakan solusi jangka panjang untuk mencegah osteoporosis di kemudian hari.

7. Baik untuk Ibu Hamil

Konsumsi kacang kedelai atau produk turunannya seperti susu kedelai, tahu atau tempe sangat dianjurkan untuk ibu hamil. Kandungan vitamin B kompleks dan asam folat dalam kedelai merupakan nutrisi esensial yang dibutuhkan selama trimester pertama kehamilan. Asam folat berperan penting dalam membantu perkembangan sistem saraf bayi dan mencegah kerusakan saraf bayi dalam kandungan Anda.

8. Mencegah Anemia

Kandungan mineral Copper dan Zat Besi dalam kacang kedelai merupakan nutrisi esensial yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah merah, sedangkan vitamin C berperan penting dalam memaksimalkan penyerapan zat besi oleh tubuh Anda. Hal ini sangat baik untuk menghindarkan Anda dari gejala anemia.

Pasokan sel darah merah dan oksigen yang lancar merupakan hal yang baik untuk menjaga fungsi organ tubuh Anda, hal ini dapat memastikan metabolisme tubuh Anda, meningkatkan energi dan mengatasi anemia.

9. Mengontrol Kadar Gula Darah

Konsumsi kacang kedelai sangat dianjurkan bagi penderita diabetes atau mereka yang berada dalam fase pre-diabetes. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi dalam panganan ini dapat meningkatkan sensitifitas tubuh Anda terhadap insulin, sehingga Anda dapat mengontrol kadar gula darah.

10. Mengatasi Insomnia

Konsumsi kacang kedelai juga merupakan cara alami mengatasi insomnia. Kandungan magnesium dalam kacang ini dapat meningkatkan kualitas dan durasi tidur Anda. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki masalah sulit tidur di malam hari, ada baik konsumsi produk kacang kedelai.

11. Makanan Pendamping ASI

Kacang kedelai merupakan makanan pendamping asi yang sehat untuk bayi Anda, kandungan nutrisi dalam kacang ini sangat baik untuk membantu tumbuh kembang otak anak Anda, kandungan phytoestrol dalam pangan ini sangat baik untuk meningkatkan fungsi sel-sel saraf otak. Selain itu, susu kedelai juga sangat baik untuk pengganti susu sapi bila anak Anda alergi susu sapi.

12. Menjaga Kesehatan Kulit

Konsumsi kacang kedelai dapat menjaga kelembapan kulit dan menyingkirkan masalah kulit seperti kulit kering dan kulit bersisik. Konsumsi produk kedelai juga dapat mengatasi produksi minyak berlebih pada kulit wajah Anda.

Kacang kedelai juga dapat mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan halus, perubahan pigmen kulit, flek hitam dan keriput. Hal ini dikarenakan kandungan phytoestrogen dalam kacang kedelai dapat menstimulasi produksi hormon estrogen yang dapat mencegah timbulnya keriput dan garis halus di kulit Anda.

Selain itu, kandungan vitamin E dalam panganan ini dapat meregenerasi sel-sel kulit mati dan membantu pembentukan sel kulit baru, hal ini dapat membuat Anda tampak lebih muda dan bercahaya.

13. Menjaga Kesehatan Rambut

Mengaplikasikan jus kacang kedelai pada rambut dapat menutrisi kulit kepala dan menutrisi rambut Anda, lakukan hal tersebut selama tiga bulan untuk mendapatkan lambut lebat, lembuh dan bercahaya.

14. Mengatasi Stress dan Depressi

Asam folat yang terkandung dalam kacang kedelai dapat menstimulasi produksi hormon serotonin pada otak Anda. Hormon serotonin berperan penting dalam menjaga mood Anda tetap positif dan menurunkan level stress dan depresi Anda.

15. Menjaga Kesehatan Otak

Kandungan Lecithin dalam kacang kedelai merupakan nutrisi esensial untuk otak Anda. Konsumsi kacang kedelai dapat membantu menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan gangguan kognitif otak Anda. Selain itu, phytoestrol dalam kacang kedelai dapat menstimulasi fungsi sel-sel saraf otak Anda.

Efek Samping Kacang Kedelai
Meski memiliki segudang manfaat kesehatan, kacang kedelai juga memiliki efek samping negatif bagi kesehatan Anda, berikut ini efek samping kacang kedelai yang dapat Anda alami:

Gangguan Kesuburan Pria, karena kemampuannya dalam meniru hormon estrogen, hal ini dapat menyebabkan dampak negatif pria karena dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang dapat menyebabkan gangguan kesuburan, disfungsi seksual dan menurunkan jumlah sperma.
Risiko Gondok, kacang kedelai memiliki kandungan yang berdampak negatif pada kesehatan kelenjar tiroid dan dapat menyebabkan masalah gondok. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan jumlah asupan kacang kedelai Anda.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Kacang Kedelai bagi Kesehatan dan Efek Sampingnya, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda untuk menjaga kesehatan tubuh Anda dengan bahan-bahan alami.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.