Cara Instal Google Camera MOD di Semua Hape Android

Bagi kamu yang hobi mengambil gambar melalui smartphone android tentu hal pertama yang harus diperhatikan adalah kualitas kamera. Untuk mendapatkan gambar terbaik maka kualitas kamera pun harus baik. 

Meskipun beberapa tahun belakangan ini kamera smartphone telah jauh berkembang, beberapa orang menginginkan perbedaan nyata pada kualitas gambar di kamera smartphone mereka salah satunya dengan menginstal Google Camera MOD.

Bagi yang belum tau, Google Camera atau GCam adalah aplikasi kamera yang dikembangkan oleh Google dimana aplikasi ini telah disematkan pada beberapa ponsel salah satunya adalah Pixel2 dan Pixel 3. Kelebihan menggunakan GCam banyak sekali yang pasti kualitas tangkapan gambar jauh lebih baik dibandingkan kamera bawaan.

Cara Instal Google Camera MOD di Semua Hape Android

Kepopuleran Google Camera membuat beberapa developer android di forum forum internasional membuat trik agar dapat menginstalnya di semua hape android tanpa error. 

Tentunya ini merupakan hal yang ditunggu tunggu pecinta potografi sebab kita bisa menggunakan aplikasi kamera yang satu ini tanpa perlu membeli perangkat yang memang disematkan secara resmi. Lalu bagaimana cara menginstalnya? Simak panduannya berikut ini.

Baca Juga: Cara Instal Google Kamera di Asus Zenfone Max Pro M2 Tanpa Root

Cara Instal Google Camera MOD di Semua Hape Android


1. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengecek apakah ponsel android yang kamu gunakan sudah mendukung Camera 2 API.

Camera2 API adalah kerangka kerja yang memungkinkan pengembang untuk mendapatkan akses ke kontrol kamera granular seperti eksposur, fokus, atau ISO, Caranya instal aplikasi Camera2 API Probe di google play store melalui link (disini)

Cara Instal Google Camera MOD di Semua Hape Android

  • LEGACY: Ponsel Android ini hanya mendukung API Camera1. Tidak ada fitur Camera2 API yang tersedia. 
  • LIMITED: Ponsel ini mendukung beberapa fitur Camera2 API, tetapi tidak semua (terbatas)
  • FULL: Ponsel ini (termasuk Poco F1) mendukung semua fitur utama Camera2 API 
  • LEVEL_3: Perangkat ini mendukung pemrosesan ulang YUV dan pengambilan gambar RAW, bersama dengan konfigurasi stream output tambahan.

Gambar diatas dari perangkat ZenFone Max Pro M1 di sebelah kiri dan Nokia 7 Plus di sebelah kanan. Itu berarti  ZenFone Max Pro M1 tidak mendukung Google Camera2 API. Lalu bagaimana caranya agar mendukung semua ponsel android? yaitu dengan memberikan baris perintah di Build.prop


Jika kamu ingin menambahkan baris perintah atau men tweak build prop dengan tweak tertentu salah satunya Camera 2 API maka kamu membutuhkan aplikasi BuildProp Editor di google play store, silahkan instal (disini)

2. Jika sudah silahkan buka dan jalankan aplikasi BuildProp Editor. 

3. Terdapat peringatan akses root, silahkan ijinkan akses root lalu tekan Icon pensil untuk mulai mengedit

Cara Instal Google Camera MOD di Semua Hape Android

4. Masukan tweak atau perintah berikut ini di bawahnya lalu simpan.

persist.camera.HAL3.enabled=1

Cara Instal Google Camera MOD di Semua Hape Android

5. Jika sudah silahkan restart ponsel.

6. Setelah semua langkah diatas sudah kamu lakukan, itu artinya sekarang ponsel yang kamu gunakan sudah mendukung Camera 2 API. Nah selanjutnya tinggal instal saja APK Google Camera MOD nya. 


Apabila tidak terdapat ponsel yang kamu gunakan dari daftar diatas, silahkan klik link (disini) dan cari merek ponsel yang sesuai. 

Selesai.

Bagaimana mudah bukan? itulah diatas cara menginstal apk Google Camera MOD di semua hape android. Jika kamu menemui kesulitan mengikuti langkah-langkah diatas, silahkan tanyakan melalui kolom komentar. 

Semoga berhasil!
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.