Mengatasi Isi Gmail Yang Di Baca Oleh Aplikasi Pihak Ketiga

Mengatasi Isi Gmail Yang Di Baca Oleh Aplikasi Pihak Ketiga

Internet sempat dihebohkan oleh kasus kebobolan data pengguna Facebook oleh aplikasi pihak ketiga pada bulan April lalu, nah setelah Facebook, kali ini perusahaan besar lainnya yaitu Google telah dituduh bahwa perusahaan mengizinkan aplikasi pihak ketiga untuk dapat mengakses email pribadi penggunanya di Gmail.

Laporan tersebut menegaskan bahwa pengembang aplikasi pihak ketiga yang telah di beri izin dapat melihat secara rinci akun gmail pengguna termasuk id email pengguna, tanda waktu pengiriman atau timestamp, seluruh isi surel pengguna, dan masih banyak lagi.

Google belum melakukan apapun tentang hal tersebut, tetapi menyatakan bahwa proses penyaringan sudah berjalan dan hanya aplikasi atau perusahaan terpercaya yang dapat menambahkan modul Gmail di dalam aplikasi mereka. Itu artinya Gmail belum mengupgrade pengaturan soal izin aplikasi yang lebih baik

Lalu tindakan apa yang harus diambil pengguna untuk berjaga-jaga agar data email dan isi nya tetap aman? apalagi pengguna internet sebagian besar menggunakan Gmail sebagai layanan email mereka.
Kamu bisa mengambil langkah berikut agar akun Gmail mu tetap aman, yaitu dengan meninjau dan menghapus izin aplikasi pihak ketiga yang tidak penting atau tidak lagi digunakan.

Langkah-Langkah Menghapus Izin Aplikasi Pihak Ketiga Gmail Melalui PC


Proses untuk melihat aplikasi yang memiliki akses ke akun Gmail kamu sangat mudah. Cukup kamu ikuti langkah-langkah yang kudoy berikan di bawah ini untuk meninjau aplikasi pihak ketiga dan mencabut akses yang tidak lagi di gunakan.

1. Kunjungi halaman akun mu di Halaman Google akun  melalui browser desktop dan pilih "Aplikasi yang dapat mengakses akun" pada menu Login & keamanan.


mengatasi gmail yang dapat dibaca aplikasi pihak ketiga


2. Kamu akan mengetahui aplikasi pihak ketiga mana saja yang telah kamu berikan akses izin pada Gmail, lalu pilih "KELOLA APLIKASI".


memeriksa akses aplikasi pihak ketiga di gmail


3. Pada daftar aplikasi yang telah diberikan akses izin, kamu bisa mencari nya dengan cepat dengan menekan 'CTRL+F'  pada windows atau 'CMD+F' pada mac.


meninjau izin akses aplikasi pihak ketiga di gmail

4. Klik pada aplikasi yang tidak lagi kamu gunakan atau aplikasi yang menurutmu tidak aman, lalu klik ''HAPUS AKSES'' pada pojok kanan atas. dan sekarang akunmu akan aman dari plugin atau aplikasi pihak ketiga yang tidak diinginkan.


meninjau izin akses aplikasi pihak ketiga di gmail



Langkah-Langkah Menghapus Izin Aplikasi Pihak Ketiga Gmail Melalui Android


Jika kamu ingin memeriksa dan mencabut aplikasi pihak ketiga melalui perangkat Android yang kamu miliki, maka kamu harus pergi ke "Pengaturan > Google > Akun Google" untuk melihat pengaturan di akun google kamu. Selanjutkan arahkan ke tab "Keamanan", gulir ke bawah dan tekan "Kelola akses pihak ketiga" untuk melihat aplikasi dan mencabut akses izin ke akun gmail anda.

Sangat diarankan agar kamu mengikuti langkah diatas setidaknya dalam beberapa bulan sekali untuk melihat apakah kamu secara tidak sengaja mengizinkan aplikasi pihak ketiga ke akun Google kamu baik Gmail, Google Play, atau layanan Google lainnya. Setidaknya langkah diatas akan melindungi akun mu sampai Google mengubah pengaturan izin aksesnya, kamu harus waspada terhadap ancaman yang ditimbulkan oleh aplikasi berbahaya. Hanya izinkan aplikasi pihak ketiga yang memiliki reputasi pengembang dan peringkat yang baik.

Itu dia Cara mengatasi isi Gmail yang dapat dibaca oleh aplikasi pihak ketiga, jika postingan ini bermanfaat jangan lupa share nya.
Trimakasih
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.