Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan

Kiwi atau memiliki sebutan lain gooseberry dari Cina adalah buah yang berasal dari lembah Sungai Yang Tse dan pesisir provinsi zhejiang di China di mana selanjutnya buah ini disebarkan ke Selandia Baru lalu ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Buah yang memiliki warna yang menarik dan lezat ini ternyata mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaat buah kiwi bagi kesehatan.

Sebelum melanjutkan ke pembahasan mengenai manfaat yang terdapat di dalam buah kiwi kita lihat dulu apa saja fakta fakta menarik mengenai Kiwi.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan


Fakta Menarik Buah Kiwi


Buah kiwi dapat ditanam pada cuaca atau iklim sedang di tempat atau daerah yang memiliki panas yang cukup. Tanaman sirih adalah tanaman merambat oleh karena itu tu ketika menanam tanaman ini maka diharuskan memiliki penopang yang kuat.

Untuk menghasilkan buah, tanaman Kiwi disebut dioseus yang berarti tanaman tersebut bisa jantan maupun betina. Jadi hanya tanaman betina saja yang dapat menghasilkan buah. Selain itu untuk melakukan penyerbukan tanaman jantan harus menyerbuki tanaman betina dikarenakan tanaman kiwi ini sendiri tidak terlalu menarik bagi serangga atau agen penyerbuk.

Ketika tanaman ini memasuki usia di tahun ketiga maka produksi buah juga menurun oleh karena itu harus tanaman ini harus dipangkas secara rutin.

Kandungan Nutrisi Buah Kiwi


Buah kiwi mengandung nutrisi yang berlimpah yang dibutuhkan oleh tubuh antara lain vitamin, protein, dan serat. Untuk kandungan vitamin buah kiwi mengandung vitamin A vitamin C dan juga vitamin E.

Vitamin A baik untuk menjaga kesehatan mata, menghindari rabun senja, dan menyehatkan indera penghilatan secara menyeluruh terutama bagi seseorang yang lanjut usia.

Vitamin C baik untuk antioksidan, melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, dan menguatkan sistem kekebalan tubuh atau antibodi.

Vitamin E baik untuk menjaga kesehatan kulit, menjaga kesehatan rambut, dan sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari penyakit akibat polusi dan radikal bebas.

Sedangkan kandungan protein yang terdapat pada buah kiwi baik untuk membantu proses metabolisme di dalam tubuh, menyeimbangkan cairan tubuh, menstabilkan ph tubuh, dan membantu darah untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Selain itu buah kiwi juga mengandung kalium dan pada buah kiwi mengandung sumber antioksidan yaitu flavonoid. Fungsi flavonoid itu sendiri untuk tubuh adalah sebagai antioksidan dimana baik dalam menjaga kesehatan sel dan jaringan dari bahaya radikal bebas.

Jika tidak adanya antioksidan pada tubuh kita, maka beberapa masalah kesehatan akan muncul. Misalnya radang sendi, penyakit jantung, kanker, aterosklerosis, penyakit alzheimer dan penyakit lainnya yang bisa kapan saja menyerang tubuh kita.

Biji yang diekstrak menjadi minyak mengandung sekitar 62% asam Alfa linolenat. Kandungan serat yang terdapat pada buah kiwi sangat tinggi, inilah Salah satu alasan buah kiwi sangat direkomendasikan para ahli gizi untuk dikonsumsi di daftar menu harian.

Itulah diatas manfaat buah kiwi bagi kesehatan. Jangan lupa selalu kunjungi blog zona viral untuk mendapatkan artikel menarik lainnya seputar kesehatan. Semoga bermanfaat!
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.