7 Fungsi dan Manfaat Potasium Bagi Kesehatan Tubuh

 7 Fungsi dan Manfaat Potasium Bagi Kesehatan Tubuh

Di postingan kali ini kita akan membahas manfaat kesehatan yang terdapat pada potasium. Potassium atau dengan nama lain kalium merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan tubuh, namun banyak orang yang tidak tahu manfaat dari mineral yang satu ini. Berikut penjelasan mengenai manfaat potasium bagi kesehatan tubuh.

Tubuh manusia mengandung sekitar 4% mineral antara lain kalsium, zat besi, fosfor, potasium atau kalium, dan magnesium. Potassium merupakan salah satu mineral dengan kandungan yang cukup tinggi di dalam tubuh dibandingkan mineral lainnya. Sekarang kamu pasti bertanya jika kandungan Potassium di dalam tubuh banyak, lalu untuk apa atau Apa fungsi dari mineral Potassium ini?

7 Fungsi dan Manfaat Potasium Bagi Kesehatan Tubuh


Tubuh kita mampu menyimpan kalium dalam jumlah yang cukup. Apabila tubuh kekurangan potasium Maka akan muncul masalah kesehatan dan apabila tubuh kelebihan Potassium maka akan ada efek buruk yang menyertainya.

1. Berfungsi Sebagai Elektrolit


Fungsi utama yaitu sebagai elektrolit. Potasium berfungsi sebagai elektrolit dalam tubuh dimana dapat membantu menyeimbangkan kadar natrium di dalam darah. Apabila kalium dan pada sistem seimbang maka akan melancarkan tekanan darah dan menyelaraskan detak jantung.

Bisa dibilang potasium atau kalium berperan penting dalam menurunkan tekanan darah bagi mereka yang menderita penyakit atau masalah hipertensi.

2. Mengatur Keseimbangan Cairan Tubuh


Fungsi kedua dari potasium adalah mampu menyeimbangkan cairan tubuh gimana cairan tubuh ini sendiri berperan penting dalam beragam fungsi termasuk menjaga keseimbangan PH tubuh.

3. Menguatkan Otot


Fungsi dan manfaat ketiga dari potasium adalah untuk pertumbuhan otot terjadi jika anda kekurangan potasium atau kalium hal tersebut dapat menyebabkan kelemahan otot.

4. Mengubah Beberapa Zat Penting


Potassium juga berguna dalam membantu mengubah asam amino menjadi protein dan glukosa menjadi glikogen. Zat-zat di atas membantu tubuh agar tetap berenergi jadi secara tidak langsung kalium dapat menjaga tubuh dari kelelahan dan kram.

5. Membantu Kerja Organ Jantung


Selain fungsi dan manfaat sudah disebutkan di atas kalium juga dapat membantu jantung memompa darah. Kalium atau potasium ini dapat melancarkan aliran darah sehingga kerja jantung akan lebih maksimal untuk mengirimkan oksigen ke seluruh tubuh, selain itu juga potasium atau kalium ini mampu mengurangi resiko serangan jantung.

6. Detoksifikasi


Bersamaan dengan organ ginjal, potasium ternyata dapat membantu ginjal untuk melakukan proses detoksifikasi yaitu proses untuk mengeluarkan racun racun berbahaya dari tubuh. Melalui ginjal racun tersebut akan dibuang dalam bentuk urine. Oleh karena itu tubuh harus terpenuhi mineral yang satu ini.

7. Menyehatkan Otak


Selain manfaat potasium untuk mengurangi atau menghindari dari berbagai penyakit. Potasium juga berperan penting dalam menjaga fikiran agar tidak stress dan cemas.  Menyembuhkan migrain dan sakit kepala dan dapat menyehatkan otak dan fikiran secara menyeluruh.

Itulah diatas manfaat potasium atau kalium bagi kesehatan. Perlu anda tau jika seseorang kekurangan kandungan potasium akan menimbulkan beragam penyakit. Oleh karena itu konsumsilah sumber makanan yang mengandung potasium seperti pisang, ubi, alpukat, yogurt, pasta tomat dll. Semoga bermanfaat!
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.