7 Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

Pepaya atau dalam bahasa Latin carica papaya l adalah salah satu tumbuhan yang berasal dari Meksiko Selatan dan Utara dari Amerika Selatan. Buah ini sekarang bisa dijumpai hampir di seluruh daerah tropis termasuk Indonesia. Selain rasanya yang lezat, buah pepaya juga ternyata bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja? berikut penjelasannya.

7 Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh


1. Melawan Infeksi


Manfaat pertama dari buah pepaya adalah dapat melawan infeksi. Satu cangkir buah pepaya mengandung 144% vitamin C yang dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin C Tubuh. Seperti yang kita tahu vitamin c adalah antioksidan alami yang bisa larut dalam air yang dapat membantu melawan infeksi dan mencegah radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit misalnya kanker.

2. Menyehatkan Kulit dan Rambut


Manfaat kedua dari buah pepaya adalah dapat menyehatkan rambut dan juga kulit. Vitamin C yang terkandung di dalam buah pepaya tidak hanya meningkatkan antibodi atau sistem kekebalan tubuh tetapi juga dapat memelihara collagen yaitu protein penting yang ditemukan di rambut dan kulit.

Selain vitamin C yang terkandung di dalam buah pepaya ternyata buah Pepaya juga mengandung 31% vitamin A yang baik dalam menjaga kesehatan rambut dengan memproduksi sebum agar rambut tetap lembab. Selain itu zat papain dalam buah pepaya dapat membuang sel kulit mati dan mencerahkan kulit.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur


Bagi Anda yang memiliki masalah tidur seperti insomnia dengan mengkonsumsi pepaya dapat membantu anda untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Kandungan magnesium tinggi yang terdapat pada buah pepaya memiliki manfaat untuk mengatur metabolisme membantu mengurangi gangguan tidur dan insomnia.

4. Menjaga Tekanan Darah


Kandungan kalium dan natrium yang tinggi pada buah pepaya dapat membantu menjaga tekanan darah. Dalam satu cangkir pepaya mengandung sekitar 360 MG kalium dan 4,2 MG natrium zat ini dapat membantu pembuluh darah agar tetap rileks dan mempertahankan tekanan darah terutama bagi seseorang yang memiliki masalah hipertensi.

5. Mencegah Kerusakan Ginjal


Di dalam buah pepaya ada satu zat penting yaitu potasium yang baik dalam membuang endapan racun di dalam organ ginjal. Selain itu juga dapat membantu mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah dan mengurangi resiko kerusakan organ ginjal dan pembentukan batu ginjal.

6. Membantu Melawan Penyakit Kanker


Selain beberapa manfaat yang sudah disebutkan di atas ternyata buah pepaya juga memiliki manfaat yang sangat penting terutama dalam melawan penyakit kanker. Pepaya memiliki kandungan antioksidan seperti likopen yang dapat mencegah radikal bebas yang menjadi penyebab penyakit kanker.

Likopen terbukti dapat membantu mengurangi risiko penyakit kanker prostat, kanker payudara, Penyakit usus besar,  paru-paru dan endometrium secara signifikan.

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung


Seseorang yang memiliki masalah penyakit jantung stroke atau penyakit pembuluh darah ternyata diakibatkan karena kadar homosistein yang tinggi. Dengan mengkonsumsi buah pepaya dapat menurunkan kadar homosistein tersebut karena buah pepaya memiliki kandungan folat yang cukup tinggi. Selain itu pepaya juga merupakan sumber magnesium yang baik yang dapat membantu meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

Itulah diatas 7 manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh jika artikel diatas dan manfaat jangan lupa share. Trimakasih
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.