Panduan Lengkap Cara Berhenti Merokok Terbukti Ampuh

6 Cara Berhenti Merokok Terbukti Ampuh

Bagi pecandu rokok yang mulai menyadari kerugian dari merokok pasti berusaha untuk mencari cara bagaimana berhenti dari aktivitas ini. Tentu saja itu tidak mudah dan butuh proses. Di postingan ini misterhidayat ingin berbagi informasi tips dan 6 cara berhenti merokok yang terbukti ampuh.

6 Cara Berhenti Merokok Terbukti Ampuh


Namun sebelum itu kita mesti tau dulu manfaat apabila anda memutuskan untuk berhenti merokok.

Manfaat Berhenti Merokok


Manfaat berhenti merokok ini sangat banyak sekali, baik untuk keuangan maupun kesehatan Anda secara keseluruhan.

1. Secara Keuangan

Kalau Anda berhenti merokok, otomatis pengeluaran untuk membeli rokok pasti berkurang, walau pada kenyataannya nanti uang tersebut akan Anda ganti buat beli cemilan, tetapi setidaknya perlahan hal tersebut akan bisa Anda kendalikan.

2. Secara Kesehatan

Ditinjau dari segi kesehatan, manfaat berhenti merokok ini sangat baik untuk tubuh Anda, berikut tahapannya:


  • 20 menit pertama: Nikotin dapat meningkatkan tekanan darah serta laju jantung. 20 menit setelah Anda berhenti merokok, detak jantung akan mulai stabil.
  • 2 jam: Setelah itu, ujung jari kaki dan tangan mulai hangat karena sirkulasi darah periferal sudah mulai pulih secara bertahap. Pada tahapan ini rasa ingin merokok mulai tak tertahankan.
  • 8 jam: Kalau Anda berhasil sampai pada tahap ini, kadar karbondioksida dalam tubuh mulai menurun, terganti dengan oksigen.
  • 24 jam: Kalau seharian full Anda bisa menahan diri, kabar baiknya adalah resiko serangan jantung akan berkurang secara bertahap.
  • 48 jam: 2 hari Anda berhenti merokok, ujung-ujung saraf indera penciuman dan perasa akan bekerja secara normal kembali. Pada tahapan ini, Anda akan merasa eneg kalau mencium bau rokok, tapi rasa keinginan untuk merokok masih tinggi.
  • 72 jam: Setelah 3 hari, kadar nikotin dalam tubuh akan menghilang seluruhnya. Rasa sakauw pada tahap ini sangat tinggi, badan lemas, Anda mulai tempramen, terasa kram dan mual. Cuekin aja! Itu sangat normal!
  • 2 minggu: Fungsi paru-paru dan pernafasan Anda sudah mulai meningkat. Rasa sakauw sudah mulai menurun.
  • 3-9 bulan: Kesehatan tubuh secara keseluruhan sudah mulai meningkat. Rasa ingin merokok pun sudah hilang,
  • 1 tahun: Setelah setahun Anda meninggalkan rokok, resiko bermacam penyakit jantung akan berkurang drastis sebanyak 50%. Pada tahap ini, bisa dibilang Anda sudah berhasil untuk berhenti merokok. Selanjutnya tugas Anda adalah menjaga diri agar tidak merokok lagi!
  • Secara Sosial


Mungkin pada saat Anda masih jadi pecandu rokok, ada orang-orang tertentu yang menjauhi Anda karena memang mereka alergi bau rokok. Ketika Anda meninggalkan rokok, orang-orang tersebut akan mulai berdekatan dengan Anda, karena nafas ataupun pakaian Anda sudah tidak bau rokok lagi.

Cara Berhenti Merokok Secara Total


Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda tiru untuk berhenti merokok, silahkan pilih mana cara yang efektif untuk Anda jalani. Namun yang perlu dicatat adalah semua metode di bawah ini akan berhasil kalau niat Anda untuk berhenti sangat kuat. So, tahapan awalnya adalah perkuat niat Anda!

1. Cold Turkey

Metode ini adalah salah satu cara berhenti merokok yang lumayan efektif dan terbukti berhasil untuk banyak orang. Cold turkey adalah salah satu metode yang memaksa perokok untuk berhenti secara drastis saat itu juga, tanpa dicicil dan tanpa ada pelarian apapun.

Memang fisik kita akan kaget kalau tingkat asupan nikotin terhenti secara mendadak, tapi justru cara ini akan lebih cepat membuat Anda berhenti merokok.

Gejala yang biasa terjadi pada metode ini adalah lemas, emosi meningkat, serta keinginan untuk merokok kembali sangat tinggi. Wajar saja, itu karena suplai nikotin diputus secara tiba-tiba.

2. Mengurangi Secara Bertahap

Ini adalah salah satu cara berhenti merokok yang paling umum di tengah masyarakat. Kalau metode cold turkey memutus pasokan nikoton secara drastis, kalau metode ini mengurangi secara bertahap, sedikit demi sedikit.

Cara menjalankan metode ini adalah dengan mengurangi konsumsi rokok secara terjadwal, misalnya hari ini Anda merokok 25 batang, besoknya kurangi jadi 24 batang saja, begitu seterusnya hingga Anda tidak merokok sama sekali.

Cara ini lebih lama untuk menghentikan Anda merokok dibandingkan dengan cold turkey, tapi cenderung tidak menyiksa batin Anda, dan tubuh bisa lebih beradaptasi.

3. Membatasi Rokok Setiap Jam

Sebenarnya metode ini mirip dengan cara sebelumnya, bedanya hanya pada sistem penjadwalannya saja. Kalau metode sebelumnya membatasi konsumsi rokok harian, namun kalau yang ini membatasi setiap jamnya.

Misalnya Anda harus menghisap sebatang rokok setiap satu jam sekali, esok harinya Anda kurangi jadi satu setengah jam sekali, begitu seterusnya hingga Anda berhenti total.

Kalau dalam satu jam itu Anda tidak ada keinginan untuk merokok, maka Anda bisa merokok di jam berikutnya sesuai jatah, jangan di double.

4. Menunda

Biasanya keinginan merokok paling kuat itu pada saat habis makan, cobalah untuk menundanya secara perlahan. Seumpama biasanya Anda habis makan langsung bakar rokok, cobalah untuk menundanya 5 menit kemudian, kalau tak ada keinginan, tunda lagi jadi 10 menit.

Jadi makin lama Anda semakin terbiasa untuk menunda-nunda merokok, secara tidak langsung itu juga akan mengurangi jatah rokok harian Anda. Pada gilirannya, Anda bisa menunda keinginan merokok untuk selamanya!

5. Mengganti Rokok dengan Permen

Cara berhenti merokok yang satu ini juga banyak dipraktekkan orang dan berhasil. Jadi sederhananya, kalau ada keinginan untuk merokok, gantilah dengan makan permen atau permen karet. Namun cara ini tidak disarankan untuk jangka panjang, soalnya permen mengandung kadar gula yang cukup tinggi, itu juga bahaya buat kesehatan Anda.

6. Teknik Sugesti

Anda bisa mensugesti diri Anda sendiri untuk berhenti merokok, caranya:

Tepat sebelum Anda tertidur (setengah sadar), coba bayangkan Anda sedang merokok.
Rasakan rokok tersebut sejelas mungkin dalam imajinasi Anda.
Kemudian dalam imajinasi, ubah rasa rokok itu menjadi rokok yang paling Anda tidak suka, sehingga Anda merasa sangat muak sekali.
Ulangi cari ini selama 2 minggu sampai sebulan berturut-turut (jangan putus, kalau putus ulang dari awal) setiap mau tidur.
Biasanya secara bertahap keinginan Anda untuk merokok akan hilang sama sekali. Cara ini sebenarnya bisa jadi teknik tambahan untuk melengkapi metode sebelumnya agar hasilnya lebih powerful.

Setelah Berhenti Merokok


Apa yang harus Anda lakukan setelah bebas dari rokok?

1. Terus membaca artikel tentang bahaya merokok

Di internet ini banyak sekali artikel yang membahas tentang bahaya merokok, kalau Anda rajin baca artikel tersebut sebelum tidur, maka hal tersebut bisa menguatkan mental Anda untuk tetap berhenti merokok. Coba saja baca satu artikel per hari selama sebulan, sebelum tidur atau pada saat waktu senggang.

2. Sesekali manjakan diri Anda

Berhasil berhenti merokok itu sebenarnya prestasi yang bisa Anda banggakan, percayalah, banyak orang yang selalu mencoba dan gagal di tengah jalan. Oleh karena itu, Anda bisa menghargai tubuh Anda yang telah bersusah payah mengeluarkan nikotin dari dalam tubuh dengan membeli makanan yang Anda suka. Atau bisa juga membeli barang yang Anda sukai atas hasil kerja keras yang telah berhasil Anda raih. Uangnya ya dari hasil penghematan karena tidak beli rokok

3. Kendalikan nafsu makan

Ini yang perlu Anda waspadai. Nikotin yang terkandung dalam rokok bisa menekan nafsu makan, ketika asupan itu berhenti Anda mulai konsumsi cemilan secara tidak terkontrol. Hal tersebut dikhawatirkan akan menimbulkan masalah kesehatan baru. Oleh karena itu, sebisa mungkin Anda siapkan cemilan sehat, imbangi dengan olahraga dan gaya hidup sehat.

Kesimpulan

Berhenti merokok itu bukanlah hal yang mudah, tapi bukan sesuatu yang mustahil untuk dicapai. Yang pertama harus Anda lakukan adalah menguatkan tekad untuk berhenti dan ingin hidup sehat.

Selanjutnya Anda bisa pilih beberapa metode efektif di atas yang dirasa cocok untuk Anda, kalau bisa lengkapi dengan teknik sugesti untuk mempercepat hasil.

Setelah berhasil merokok, jangan lupa terus motivasi diri Anda dengan bacaan-bacaan “bahaya merokok” agar Anda enggan untuk kembali merokok. Dukungan orang terdekat akan sangat membantu dalam proses ini.

Jangan lupa kendalikan nafsu makan dan imbangi dengan gaya hidup sehat.

Itulah tips dan 6 cara berhenti merokok terbukti ampuh. Jika Anda memiliki tips dan cara berhenti merokok, yuk kita bantu teman teman yang lain dengan berbagi pengalaman anda di kolom komentar!
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.