Tips Memberi Makan Kucing Untuk Pemula

Tips Memberi Makan Kucing Untuk Pemula

Apakah kamu awam dalam merawat kucing? Bagaimana tips dan cara memberi makan kucing dengan baik dan benar untuk pemula? Simak penjelasannya berikut ini,

Merawat kucing mengharuskan kita tidak hanya memberikan kebutuhan dasar seperti makanan dan kotak litter yang bersih, tetapi juga menjaga kesehatannya termasuk pikiran dan kenyamanan kucing itu sendiri. Bagi pemula merawat kucing membutuhkan komitmen yang serius agar dapat membesarkannya dengan sehat, aktif, dan bahagia.

Di postingan kali ini saya ingin berbagi informasi kepada cat lovers sekalian tentang,

Tips Memberi Makan Kucing Untuk Pemula


1. Memberi makanan bernutrisi


Hal pertama yang paling penting adalah menyediakan makanan yang bernutrisi. Dengan memperhatikan jenis makanan yang sesuai jenis kucing yang kamu miliki akan berpengaruh terhadap kesehatan nya. Untuk kamu yang pemula, kami bisa merekomendasikan beberapa makanan kucing seperti,

  • Royal Canin, makanan yang satu ini dipercaya oleh banyak dokter hewan sebagai makanan kucing yang paling baik dalam menjaga kesehatan bulu.
  • Pro plan, adalah jenis makanan kucing yang khusus untuk menaikkan berat badan. Dengan mengkonsumsi Pro plan secara rutin akan menaikkan berat badannya sekitar 1 kg selama 2 minggu.
  • Friskies, adalah satu dari sekian banyak makanan kucing yang memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan dan juga bulunya. Makanan yang satu ini cocok diberikan kepada kucing ras campuran lokal.
  • Whiskas, makanan kucing yang satu ini paling terkenal di antara beberapa jenis makanan kucing yang sudah disebutkan di atas. Nutrisi dan kualitas nya hampir sama dengan Friskies, kamu bisa memberikan Whiskas apabila kucing menyukainya.
  • Me-O, makanan terakhir yang kami rekomendasikan adalah Me-O. Makanan kucing yang satu ini cocok untuk kamu yang tidak memiliki cukup budget. Namun tidak menjadi masalah jika cocok untuk kucing kamu.

Jika kamu masih tidak yakin terhadap jenis makanan kucing yang cocok, kamu bisa mendiskusikan nya dengan dokter hewan. Dokter akan menyarankan jenis makanan yang sesuai berdasarkan kebutuhan nutrisi secara spesifik.

2. Memberikan makanan sesuai usia


Memberi makan kucing harus disesuaikan dengan usia, untuk kucing yang masih muda kamu harus memberikan makanan khusus anak kucing. Semakin bertambahnya umur kucing kamu harus memberikan makanan yang dapat melengkapi nutrisinya. Ketika kucing semakin dewasa kamu harus mengganti makanan khusus kucing dewasa.


  • Umur kurang dari 4 bulan

Untuk anak kucing yang berumur kurang dari 4 bulan jangan dulu diberikan makanan apapun Sampai berusia lebih dari 5 minggu. Karena di masa tersebut makanan yang paling utama adalah ASI induk kucing.

Setelah berumur sekitar 7 minggu, di umur tersebut biasanya kucing sudah mulai pindah ke diet yang solid. Pada masa ini sistem pertahanan tubuh sudah mulai berkembang, kamu bisa menyediakan makanan kucing yang yang tinggi protein, mengandung lemak, karbohidrat, mineral, dan vitamin.


  • Anak kucing setelah umur 4 bulan

Di usia ini, kucing terus mengembangkan sistem pertahanan dan kekebalan tubuhnya secara alami, struktur tulang dan massa otot menjadi lebih kuat dan berkembang.

Kebutuhan makanan harus disesuaikan karena di usia 4 sampai dengan 5 bulan mereka sudah mencapai puncak pertumbuhan, setelahnya laju pertumbuhan akan menurun secara bertahap.

Untuk kucing hamil dan menyusui pastikan makanan yang diberikan memenuhi kandungan protein yang tinggi. Kamu juga perlu memberikan suplemen kalsium pada induk yang menyusui anaknya.

3. Memberi makan 2 - 3 kali sehari


Jumlah makanan yang bisa kamu berikan kepada kucing bergantung pada ukuran kucing yang kamu miliki. Untuk mengetahuinya kamu bisa lihat petunjuk di kemasan makanan. Untuk ukuran dan porsi yang sesuai biasanya didasarkan pada ukuran dan usia kucing. Kucing yang makan terlalu cepat harus diberi makan lebih sedikit namun lebih sering.

Kamu juga bisa mendiskusikan porsi yang sesuai dan jadwal pemberian makan kepada dokter hewan. Mereka mungkin memiliki saran berdasarkan kebutuhan makanan sesuai kucing yang kamu miliki sehingga dapat menjaga kucing tetap sehat. Kelebihan berat badan dapat menyebabkan terganggunya kesehatan pada kucing.

4. Menyediakan banyak air minum


Menyediakan banyak air minum sangat penting bagi kesehatan nya karena kekurangan cairan atau dehidrasi dapat membuat kucing sakit.

Masukkan air ke dalam mangkuk kecil yang bersih dan gantilah setiap hari. Kamu bisa membuat air mancur kucing dengan itu dapat menarik perhatian kucing untuk meminum lebih banyak. Pastikan air minum diletakkan jauh dari makanan dan kotak pasir nya karena ku tak akan berpikir air minum tersebut sudah terkontaminasi.

Itulah beberapa tips dan trik cara memberi makan kucing dengan baik dan benar untuk kamu yang masih pemula, cara di atas bisa menjadi panduan dasar agar kucing dapat tumbuh sesuai yang di harapkan.

Jika kamu memiliki saran lain dalam memberi makan kucing silahkan berbagi pengalaman di kolom komentar. Jika artikel ini pemanfaat silakan share dan subscribe di kolom subscribe di bawah agar tidak ketinggalan artikel selanjutnya.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.