Pengaruh Musik Pada Perkembangan Anak Usia Dini

Pengaruh Musik Pada Perkembangan Anak Usia Dini
Sejak zaman dahulu kala, musik sudah digunakan sebagai media penyembuhan. Aristoteles mengatakan "ketika kita mendengar musik dan puisi, jiwa kita diubah". Di zaman modern sekarang ini, para ahli telah mengungkapkan manfaat yang didapat dari musik. Misalnya saja beberapa riset mengenai pengaruh musik terhadap perkembangan bayi dan anak usia dini.

Melalui riset tersebut para ahli mengungkapkan bahwa dengan mendengarkan musik selama masa kehamilan akan membantu mengembangkan saraf otak pada bayi untuk memproses pikiran dan informasi lebih baik. Para ahli juga mengungkapkan bahwa dengan mendengarkan musik untuk anak usia dini memiliki manfaat pada perkembangan keterampilan perseptual, yakni kemampuan bahasa dan sastra; kecerdasan spasial, yang terkait dengan kemampuan matematika, dan juga koordinasi motorik.

Lain halnya dengan bahasa, musik mengaktifkan setiap subsistem otak termasuk bagian yang terlibat dalam motivasi dan emosi seseorang. Hal ini efektif untuk membuat ikatan antar individu menjadi lebih baik.

Menurut dokter Patricia Vardin ketua Departemen Pendidikan Anak Usia Dini di Manhattan College, "mendengarkan musik dengan orang lain akan memberikan anak-anak perasaan bahagia dan menguatkan ikatan ketika berada di dalam suatu kelompok". Anak-anak yang mungkin memiliki kesulitan bersosialisasi dan pemalu, akan menjadi lebih terbuka dan bebas ketika berada di dalam aktivitas bermusik.

Terapi musik modern berkembang setelah perang dunia 1 dan 2, saat itu banyak tentara yang menderita trauma emosional dan fisik, dan mereka merasa lebih baik ketika bermain, bernyanyi, atau sekedar mendengarkan musik. Sampai hari ini terapi musik telah terbukti bermanfaat dalam perkembangan anak, memperbaiki mood, pemulihan penyakit stroke, penyakit jantung, dan pengobatan gangguan neurologis seperti skizoprenia, penyakit alzheimer, demensia, amnesia, dan depresi.

Meskipun perawatan klinis tidak diperlukan untuk setiap anak, orang tua bisa menggunakan teknik terapi musik dalam hal meningkatkan perkembangan kemampuan kognitif, emosi, dan fisik mereka. Berikut beberapa cara melibatkan musik pada anak:

  • Orang tua bisa menyiapkan alat musik seperti kincringan, mainan musik gantung, dan semacamnya
  • Bantu anak-anak dengan menggerakkan tubuh mereka saat mendengarkan musik.
  • Libatkan musik atau nyanyian ketika melakukan aktivitas tertentu seperti menghitung benda, membersihkan sesuatu, dll
  • Gunakan lagu-lagu yang mudah diingat untuk menambah kosa kata mereka.
  • Orang tua juga bisa menggunakan lagu atau nyanyian saat menceritakan kisah atau dongeng.

Manfaat yang paling penting dari musik pada anak yaitu untuk meningkatkan perkembangan fikiran dan fisik mereka, hal tersebut harus menjadi perhatian para orang tua karena dengan musik dapat merangsang kerja otak secara positif. Namun alangkah baiknya temani mereka saat bermain atau mendengarkan musik karena dengan interaksi dari orang lain akan meningkatkan persepsi diri mereka dan orang orang disekitarnya. 
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

This post have 0 comments

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.