10 Hal yang Bisa Kita Pelajari dari Anak-Anak

10 Hal yang Bisa Kita Pelajari dari Anak-Anak

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata "anak-anak"? Pasti kita akan bilang Lucu, polos, jujur dan lain sebagainya bukan?. Di dalam Alquran kata "Dhurriyah" (zuriah) yang berarti anak-anak atau keturunan telah disebutkan di dalam al-quran sebanyak 32 kali di 19 surah yang berbeda.

Masing-masing dari Anda adalah seorang gembala dan masing-masing dari Anda akan bertanggung jawab atas ternak Anda". (Bukhari dan Muslim)

Hal ini berarti Islam menekankan pentingnya anak-anak atau keluarga. Di postingan kali ini dakwah viral ingin berbagi  pemikiran dan pandangan yang berbeda mengenai anak-anak. Apa yang orang dewasa bisa ambil pelajaran dari anak-anak.

Berikut 10 hal yang bisa kita pelajari dari anak-anak


1. Tekun dan gigih


Kita semua tahu anak-anak tidak mudah menyerah ketika menginginkan sesuatu. Mereka akan melakukan apapun untuk fokus dan mencapai tujuan yang mereka inginkan. Namun terkadang orang dewasa justru menghalangi keinginannya tersebut.

2. Sikap positif saat melakukan kesalahan


Sebelum mengenal lingkungan sekolah anak-anak sudah diajari bahwa melakukan kesalahan adalah hal yang tidak baik. Anak-anak tidak memikirkan kesalahan mereka justru menjadikan pengalaman tersebut jadi pembelajaran.

Sebagai orang dewasa kita harusnya belajar dari pengalaman, apabila kita membuat kesalahan ambil hal tersebut jadi kesempatan kita untuk belajar dan tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik.

3. Hati yang tulus


Anak-anak selalu jujur dengan perasaannya, mereka juga tidak menyimpan dendam dan mudah memaafkan orang lain. Sebagai orang dewasa kita harus belajar untuk berhubungan dengan orang lain dengan tingkat ketulusan hati yang sama.

Jika kita melakukan satu kebaikan kepada seorang anak maka ia akan mudah Melupakan kesalahan kesalahan yang pernah kita lakukan. Lain halnya jika kita melakukan satu kesalahan terhadap orang dewasa maka mereka akan melupakan kebaikan kebaikan kita terhadapnya.

4. Mudah beradaptasi


Anak-anak mudah menyesuaikan diri terhadap perubahan di dalam kehidupan mereka. Tidak seperti orang dewasa yang terkadang kesulitan menghadapi perubahan di dalam hidupnya.

5. Selalu tersenyum dan tertawa


Fakta menariknya adalah ternyata durasi rata-rata anak tertawa sekitar 200 kali sehari sementara orang dewasa hanya 14 sampai dengan 17 kali sehari. Sebagian besar orang dewasa malah pemurung dan tidak mudah tersenyum.

6. Keingintahuan memberi jalan


Anak-anak secara alami memiliki keingintahuan yang tinggi, mereka selalu mencari hal-hal baru dengan kemampuan mereka sendiri. Kita sebagai orang dewasa harus terus menggali rasa ingin tahu kita terhadap banyak hal, Karena rasa ingin tahu akan menemukan hal baru.

7. Kepercayaan


Kepercayaan jadi hal sulit di jaman sekarang. Sulitnya percaya kepada orang lain dan cenderung selalu curiga terhadap hal baik sekalipun. Lain halnya dengan anak-anak mereka selalu memilih untuk percaya kepada orang lain. Orang yang memilih untuk percaya cenderung lebih dan bahagia lebih disukai orang lain. Untuk itulah kita harus berperilaku dengan cara yang dapat dipercaya.

8. Percaya diri


Anak-anak selalu percaya diri mereka selalu merasa merekalah yang paling cantik, tampan, cepat, kuat, pintar dll. Dari hal tersebut kita belajar bahwa kepercayaan diri penting sehingga kita bisa mengejar impian kita.

9. Aktif


Anak-anak selalu melakukan aktivitas dimanapun mereka berada. Sebagai orang dewasa kita juga harus aktif dan produktif.

10. Pengetahuan yang mungkin kita tidak miliki


Di era teknologi dan gawai canggih, anak-anak mendapatkan informasi berguna setiap saat. Jika kita mendengarkan mereka mungkin kita akan menyadari bahwa pengetahuan mereka lebih luas dibandingkan kita.

Itulah 10 hal yang dapat kita pelajari dari anak-anak.

Hargailah anak dan dengarkanlah mereka, tiba saatnya ketika mereka menjadi dewasa mereka akan melakukan hal yang sama. Anak-anak adalah generasi penerus yang akan memperjuangkan hal-hal baik seperti yang kita inginkan.

Sebagai orang dewasa, sebagai orang tua, tentunya kita ingin melihat mereka tumbuh menjadi seseorang yang bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Semoga Allah selalu melindungi anak-anak kita menjadikan mereka diantara orang-orang yang saleh.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.