Cara Lucid Dream Mudah Dalam Satu Malam

Cara Lucid Dream Mudah Dalam Satu Malam

Lucid dreaming adalah suatu keadaan dimana seseorang yang sedang bermimpi bisa menyaksikan secara sadar dan mengontrol mimpinya. Meskipun banyak pakar mimpi yang percaya hal tersebut adalah kemampuan yang di pelajari dalam waktu yang cukup lama, Namun beberapa cara berikut bisa membantu anda mendapatkan lucid dream hanya dalam satu malam. Dengan mempersiapkan beberapa hal sebelum menjalankan tekniknya, akan berpeluang besar untuk mendapatkan mimpi secara sadar dan mengingat kembali apa yang dialami.

Memperluas Mimpi

1. Fokuslah terhadap mimpi anda.

Terdapat satu teknik yang dikenal sebagai Induksi Mnemonik Lucid Dreaming (MILD) yaitu teknik mimpi yang mengharuskan anda mengingat kembali hal hal yang pernah terjadi di dalam mimpi sebelumnya atau setidaknya mengetahui ciri khas ketika berada didalamnya. Dengan cara ini akan membuat anda tersadar ketika bermimpi.

Ciri khas tersebut bisa mencakup hal-hal berikut ini.

  • Pemandangan luar biasa
  • Lokasi yang tidak diketahui
  • Melihat seseorang yang tidak dikenal
  • Tindakan diluar akal pemikiran
  • Keinginan yang menjadi kenyataan

2. Yakinkan diri akan mendapatkan mimpi yang menarik dan berkesan.

Percayalah kepada diri anda bahwa ketika nanti terbangun dari tidur, anda akan mengingat mimpi yang dialami. Ini seperti memberikan sugesti kepada alam bawah sadar.

Katakan hal ini sebelum pergi tidur.
"Saya akan bermimpi sesuatu yang menarik malam ini, saya tidak sabar untuk masuk kedalam mimpi dan melihat semuanya secara jelas"

3. Meningkatkan asupan vitamin B6

Banyak penelitian yang menunjukan bahwa vitamin B6 mampu meningkatkan kemampuan mengingat mimpi secara jelas. Jika anda bertanya dimana mendapatkan asupan vitamin B6? Suplemen vitamin B6 sudah tersedia di apotek dan toko obat lainnya. Sangat dianjurkan untuk mengkonsumi satu suplemen sebelum tidur untuk mengingat mimpi dengan jernih. Bahan makanan alami berikut ini juga bisa dikonsumi untuk mendapatkan asupan vitamin B6, termasuk:

  • Alpukat
  • Pisang 
  • Kacang polong
  • Daging (Sapi, ayam, dll)
  • Biji-bijian
  • Roti dan sereal


4. Mengkonsumsi melatonin

Melatonin adalah hormon yang di hasilkan secara alami di dalam tubuh maupun secara buatan/sintetis melalui labolarorium. Melatonin membantu mengatur siklus tidur, selain itu penelitian menunjukan bahwa melatonin dapat meningkatkan kejernihan (kejelasan) ketika bemimpi. Dengan ini akan membuat seseorang berpeluang besar untuk menyadari mimpi nya. Melatonin sudah tersedia dalam bentuk pil dll, anda bisa menemukannya di apotik atau toko obat lainnya, disarankan mengkonsumi sesuai resep dokter.

5. Mengkonsumi 5-Hidroksitriptofan

Zat ini berasal dari zat lain yaitu L-Trytophan dan juga dihasilkan dari biji tanaman Afrika (Griffonia simplicifolia). 5-Hidroksitriptofan atau yang disingkat 5-HTP dikonsumsi untuk mengobati gangguan tidur dan beberapa kondisi lainnya. Banyak yang percaya bahwa menggunakan 5-HTP dapat membantu mendapatkan mimpi jelas atau vivid. Selain hal yang sudah disebutkan, 5-HTP juga dapat menyebabkan efek samping seperti mual dan masalah otot. Interaksi negatif akan muncul jika dikonsumsi dengan obat lain seperti anti depresan. Dianjurkan menggunakan resep dokter sebelum mengkonsumsi 5-Hidroksitriptofan.

6. Mengkonsumsi galantamin.

Galantamin? Obat apa?, galantamin sering diresepkan untuk mengobati penyakit Alzheimer, obat ini membantu memproduksi zat yang meningkatkan fungsi otak dan ingatan. Beberapa penelitian menunjukan mengkonsumsi galantamin dapat meningkatkan kejelasan mimpi. Galantamin tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, dan cairan. Anda bisa menemukannya di apotek. Efek samping mungkin terjadi seperti sakit perut. Dianjurkan untuk mengkonsumsinya melalui anjuran dokter.


Meningkatkan Kesadaran ketika bermimpi

1. Melakukan cek kesadaran.

Reality check atau cek kesadaran selama bermimpi secara terus menerus dengan bertanya kepada diri sendiri "Apakah saya sedang bermimpi?" atau "Apakah saya sudah terbangun". Hal-hal tadi dikenal sebagai cek kesadaran. Jika anda berpikir sedang bermimpi, hal tersebut akan membantu anda mencapai keadaan sadar.

2. Mempraktikan teknik WBTB

Wake Back to Bed atau WBTB adalah metode yang digunakan dengan membuat jadwal agar terbangun satu jam sebelum biasanya terbangun. Dengan ini akan mambantu mu mendapatkan mimpi ketika berada di tengah tengah mimpi. Anda bisa menggunakan alarm untuk mempraktekan teknik WBTB.

Ketika alarm membangunkan anda, jangan langsung terbangun dari tempat tidur, tapi fokus untuk memulai mimpi baru atau memasuki kembali mimpi yang dialami. Untuk memudahkan memasuki kembali mimpi yang baru saja terjadi, ingat mimpi sebelumnya dan bayangkan apa yang dialami.

3. Set alarm untuk mendapatkan lucid dream.

Penelitian mengatakan bahwa orang biasanya bermimpi setelah 90 menit, jadi jika anda mengatur alarm selama periode mimpi berlangsung, anda akan mendapatkan kesempatan mengingat mimpi yang dialami. Alarm mungkin tidak akan membangunkan secara penuh dari mimpi, itu bagus untuk mendapatkan lucid dream. Jika anda terbangun, gunakan metode WBTB untuk mencoba masuk kembali ke mimpi, biasanya mimpi akan cenderung lebih panjang, jadi cobalah atur alarm 4, 5, 6, atau 7,5 jam setelahnya.


Meningkatkan Kesempatan Untuk Mendapatkan Lucid Dream

1. Pastikan istirahat cukup.

Jika anda tertidur ketika tubuh lelah, anda mungkin akan mendapatkan tidur yang lelap atau deep sleep. Hal tersebut akan menyebabkan masalah untuk bangun dan mengingat mimpi. Sebagai tambahan, kelelahan akan membuat lebih sulit untuk sadar ketika berada di tengah mimpi. Cobalah mempraktikan lucid dream ketika tubuh dalam keadaan cukup istirahat.

2. Ingat mimpi secepatnya setelah terbangun.

Sekali anda terbangun dari dari tidur cobalah mengingat mimpi secepatnya, jangan bergerak dari posisimu di tempat tidur, berbicara, atau aktivitas yang lain. Mulailah membayangkan mimpi dan detailnya. Melakukan hal tersebut akan membuatmu tidak dengan mudah lupa akan mimpi yang baru saja dialami.

3. Menggunakan jurnal mimpi

Seperti pada artikel Cara mudah lucid dream untuk pemula. Menggunakan jurnal mimpi adalah dasar yang di praktikan banyak orang untuk menyimpan ingatan mimpi melalui tulisan. Menggunakan jurnal mimpi sangat dianjurkan untuk pemula ketika mempraktikan cara mendapatkan lucid dream. Letakan jurnal mimpi disamping tempat tidur, bersamaan dengan pen atau pensil.

Tulis apapun kejadian mimpi yang diingat, meskipun itu tidak menarik dan tidak masuk akal.
Jika anda tidak bisa mengingat secara keseluruhan, tulis bagian apa saja yang diingat, meski hanya wajah, lokasi, dan keadaan lainnya.
Jangan beranjak dari tempat tidur ketika menulis jurnal, dengan itu ingatan mimpi tidak pudar.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

This post have 0 comments

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.