5 Aplikasi Android Terbaik Untuk Meditasi dan Relaksasi

Kali ini misterhidayat.blogspot.com akan bagikan informasi mengenai 5 Aplikasi Android Terbaik Untuk Meditasi dan Relaksasi. Tapi sebelum lanjut, sebenernya apa sih meditasi itu? bagaimana bisa meditasi me relaksasi pikiran?.

5 Aplikasi Android Terbaik Untuk Meditasi dan Relaksasi


1. Apa itu meditasi?

Menurut situs wikipedia, meditasi adalah metode yang dilakukan seseorang untuk mencapai ketenangan batin dengan memfokuskan fikiran pada satu titik secara terus-menerus.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk bermeditasi, dan karena hal tersebut merupakan praktik pribadi, terkadang cara yang dilakukan tergantung pada masing-masing individu.

2. Bagaimana meditasi mempengaruhi pikiran?

Hal menariknya ketika seseorang melakukan meditasi adalah terjadinya perubahan aktifitas gelombang otak, yaitu gelombang beta atau beta waves.

Gelombang beta sendiri muncul ketika seseorang mengalami aktifitas mental yang terjaga penuh seperti misalnya ketika kamu sedang membaca postingan ini. Selain itu saat berinteraksi dengan orang lain dan melakukan kegiatan sehari-hari, saat itulah otak berada pada frekuensi beta.

Ketika melakukan meditasi, otak berhenti memproses informasi yang secara normal biasa dilakukan. Yang artinya adalah terjadinya penurunan aktifitas gelombang beta itu sendiri.

Nah, lalu apa ada hal lainnya yang terjadi ketika seseorang melakukan meditasi?, ternyata tidak hanya penurunan gelombang beta saja, tapi beberapa bagian pada otak mengalami perubahan aktifitas misalnya pada

  • Lobus Frontal- Lobus Frontal ini merupakan bagian otak yang berfungsi pada penalaran, perencanaan, emosi, dan kesadaran diri. Ketika ber meditasi, Lobus Frontal cenderung tidak aktif.
  • Lobus Parietal- Bagian ini berfungsi memproses informasi panca indera mengenai hal hal disekililing kita. Ketika bermeditasi ternyata aktifitas nya menjadi lebih lambat.
  • Thalamus- Fungsinya menyampaikan informasi untuk masuk lebih dalam ke otak. Dengan bermeditasi aliran informasi yang masuk menjadi perlahan.
  • Sistem Retikular- Susunan retikular ini membuat otak menjadi lebih waspada ketika menerima rangsangan dari luar. 


3. Apa Saja Manfaat Dari Meditasi?

Tentu kita ingin tahu apa saja manfaat yang didapatkan dari meditasi dan apa pengaruhnya pada kesehatan tubuh kita?.
Berikut penjelasannya,

  • Menjadi Lebih Fokus- Karena meditasi adalah praktik memfokuskan fikiran tentu saja terjadi peningkatan dalam hal konsentrasi.
  • Berkurangnya Rasa Cemas- Dengan bermeditasi informasi soal perasaan cemas menjadi lebih terkendali.
  • Lebih Kreatif- Hal menariknya bagi orang yang yang suka melakukan meditasi adalah menjadi lebih kreafit. Menurut penelitian di Universitas Leiden Belanda, menunjukan terjadinya peningkatan performa pada subjek yang mengikuti program meditasi.
  • Peningkatan daya ingat, Stress berkurang, etc


4.  Aplikasi Untuk Meditasi 

Setelah mengetahui informasi mengenai meditasi, saat ini mungkin kamu ingin mempraktikan  bagaimana sih melakukan meditasi untuk pemula?. Jangan khawatir, misterhidayat.blogspot.com akan merekomendasikan aplikasi berikut ini untuk kamu yang ingin mendapatkan manfaat dari melakukan meditasi.

Inilah 5 Aplikasi Android Terbaik Untuk Meditasi dan Relaksasi

1. Headspace

Headspace merupakan salah satu aplikasi kesehatan dan fitnes paling laris di google play store. Termasuk didalamnya panduan meditasi yang mudah dipraktekan bagi pemula. Terdapat banyak sesi panduan untuk melakukan teknik relaksasi. Aplikasi ini sangat di rekomendasikan untuk kamu yang ingin berhasil melakukan meditasi.

Download


2. Innerhour

Aplikasi Innerhour adalah panduan lengkap bagi kamu yang memikili masalah stress, kecemasan, dan juga depresi. Pengembang aplikasi memperkenalkan Innerhour untuk membantu seseorang menjadi lebih bahagia.

Developernya nya sih mengatakan kalau panduan yang ada di dalam aplikasi dibuat bersama dengan ahli psikologis, psikiatris dan ahli kesehatan mental. Jadi gak usah ragu lagi untuk mencoba aplikasi ini ya.

Download

3. Calm

Dari nama nya saja pasti sudah tau ya kalau aplikasi ini pasti bikin kalem. Aplikasi Calm merupakan aplikasi meditasi terbaik yang pernah ditampilkan di New York Times. Aplikasi ini bagus digunakan untuk pemula namun juga terdapat pelatihan untuk semuat tingkat, baik menengah maupun yang sudah ahli.

Panduan yang terdapat didalamnya sangat lengkap seperti misalnya, mengurangi kecemasan, mengatur stress, deep sleep, fokus dan konsentrasi, dan masih banyak lainnya.

Download

4. Meditation and Relaxation

Aplikasi ini membantu melakukan meditasi dan juga yoga dengan cara yang mudah dan sederhana bagi pemula. Dengan teknik meditasi dan relaksasi fikiran, aplikasi ini secara signifikan meningkatkan kualitas hidup. Dengan banyak fitur, dan tampilan yang ramah, aplikasi sangat direkomendasikan untuk yang ingin belajar melakukan meditasi dan relaksasi.



5. Let's Meditate

Aplikasi terakhir yang misterhidayat.blogspot.com rekomendasi kan bernama Let's meditate. Salah satu aplikasi terbaik yang cocok untuk semua orang, untuk membantu merelaksasi pikiran agar menjalani aktifitas sehari-hari dengan produktif dan jadi lebih percaya diri.

Download

Itulah 5 Aplikasi Android Terbaik Untuk Meditasi dan Relaksasi. Sekarang kamu sudah mengetahui mengenai apa itu meditasi?, Pengaruhnya bagi pikiran, dan juga manfaat yang di dapat. Semoga setelah membaca postingan ini kita semua jadi lebih bahagia dan bisa menjalani hidup yang lebih baik. Jangan lupa untuk meminta bantuan orang terdekat jika kamu memiliki masalah, bukan berarti kamu lemah, tapi itu adalah batu loncatan menuju kebahagiaan.

Jika postingan ini bermanfaat silahkan di share.
Trimakasih.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.