Belajar Menikmati Kesendirian

Banyak orang berfikir "Menyendiri" adalah hal yang tidak baik. Sering nya mereka menganggap seseorang tersebut adalah seseorang yang anti-sosial, atau tidak diinginkan. padahal menyendiri bukanlah hal buruk seperti yang kita fikirkan selama ini. Sekali saja kamu menikmati kesendirianmu, maka kamu akan tumbuh menjadi seseorang yang lebih baik dari kamu yang sekarang.

Dibawah ini hal-hal luar biasa yang akan terjadi pada seseorang yang mulai belajar menikmati kesendirian;


belajar menikmati kesendirian

1. Mendapatkan energi


Seringkali kita dikelilingi oleh banyak orang, kita menghabiskan begitu banyak energi. Mencoba untuk membuat orang lain senang karena kehadiran kita, membuat mereka tertawa, menenangkan ego mereka, membaca emosi mereka, dan semua keadaan lain yang hadir bersamaan dengan interaksi yang terjadi.

Itu dapat menguras energi secara mental jika kamu terus menerus terhubung dengan orang-orang sepanjang waktu. Berikan waktu untuk dirimu sendiri untuk mendapatkan energi mu kembali.

2. Refleksikan diri


Hidup selalu bergerak dan kadang berhenti di satu titik yang sulit untuk kita hadapi. Saat itu hadir mungkin kamu tidak menyadari bahwa mengalahkannya adalah dengan memiliki waktu untuk dirimu sendiri dan merefleksikan diri atas semua keadaan tersebut.
Sejak kamu tidak menghabiskan waktu memproses semua pemikiran dan perasaan orang lain, itu adalah saatnya untuk kamu fokus kedalam dirimu sendiri. Memandang suatu masalah dari sudut pandang yang baik terjadi saat kamu berada dalam kesendirian.
Dalam kesendirian, fikiran menjadi lebih tenang dan penyelesaian masalah menjadi lebih mudah. Jadi Menyendiri memberikanmu kesempatan yang baik untuk merefleksikan diri atas semua masalah yang membebanimu.

 3. lebih mengenali emosi diri


Sekali lagi, saat kita dikelilingi oleh banyak orang setiap saat, kita secara terus menerus mencoba untuk membaca semua emosi lawan bicara kita. Begitu banyak sampai kamu lupa mengenali emosi mu sendiri.

Saat kamu belajar bagaimana menikmati waktu sendirian, kamu akan mendapatkan sudut pandang terbaik terhadap emosi mu sendiri. Kamu akan memahami secara lebih dalam, pada hal-hal apa yang bisa membuatmu bahagia, apa yang membuatmu marah, dan apa yang membuatmu sedih.

Dengan semua pemahaman tersebut, lebih mudah untuk kamu mengatur emosimu dan itu semua dimulai dengan memahami perasaanmu. Dan saat sendiri merupakan waktu terbaik untuk kamu mengenalimu emosimu.

4. Mulai melakukan hal yang benar-benar kamu sukai


Ketika kamu secara terus-menerus ditemani orang lain, kamu akan selalu mengikuti apa yang paling disukai secara umum di kelompok pertemananmu. Sayangnya, hal yang kamu inginkan terkadang tidak selalu sama seperti apa yang mereka sukai.

Lebih mudah untuk melakukan hal yang benar-benar disukai saat kamu sendirian.

5. Menjadi lebih produkif


Ditemani orang lain  memang seru dan menyenangkan, tapi itu juga sangat mempengaruhi produktifitasmu. Ada saat dimana di temani orang lain hanya akan mengalihkanmu untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas-tugas yang ada.

Menghabiskan waktu sendirian dapat menjadi waktu paling produktif, seringnya karena tidak ada yang mengalihkanmu, dan kamu bisa fokus untuk menyelasaikan tugas atau pekerjaan yang menunggu untuk diselesaikan.

6. Kamu akan lebih percaya diri


Sekali kamu menikmati waktu sendiri, kamu akan merasa lebih percaya diri pada kemampuanmu karena kamu mampu melakukan hal-hal sendirian.
Kamu tidak akan lagi merasa cemas, atau keinginan untuk selalu ditemani orang lain.

7. Hubungan dengan orang lain


Ketika sendiri dan pada akhirnya kamu menikmati kesendirianmu, kamu akan menyadari bahwa kamu juga lebih menikmati hubungan mu dengan orang-orang dibanding sebelum kamu  belajar menikmati kesendirian.
Itu karena saat sendiri dapat memberikan penghargaan terbaik untuk dirimu sendiri.

8. Berhenti untuk berusaha membuat orang lain bahagia


Hidup selalu berkaitan dengan sebuah hubungan dengan orang lain, dan sebuah hubungan akan bertahan lama saat kedua nya merasa sama-sama bahagia. Hal tersebut menjadi melelahkan apalagi ketika kamu secara terus-menerus berusaha membuat orang lain bahagia tapi. Bukan hanya bentuk hubungan cinta tapi persahabatan dan bentuk hubungan apapun.
Sekali kamu belajar menikmati kesendirian, kamu tidak perlu khawatir atas kebahagian apapun kecuali dirimu sendiri. Kamu bisa memperlakukan dirimu pada hal yang bisa membuat mu bahagia, tanpa harus berusaha membuat orang lain bahagia.

 9. Tidak harus meminta maaf atas apapun yang dilakukan


Saat sendirian kamu akan menyadari bahwa kamu tidak perlu meminta maaf atas apa apa yang sudah kamu lakukan. Seringnya kita melakukan hal-hal yang berakhir dengan ketidaksesuaian yang hanya membuat orang lain kesal, atau menyakiti perasaan orang lain, lalu kita cepat-cepat meminta maaf atas apa yang sudah kita perbuat.

Ketika kamu sendiri, kamu tidak perlu meminta maaf atas apapun yang dilakukan dirimu.

10.  Berhenti mencari persetujuan


Sering kita merasa kita butuh kata ‘’OK’’ dari teman-teman kita atau keluarga kita sebelum kita mengambil tindakan. Kita terus menerus mencari saran orang lain untuk apa yang kita akan perbuat selanjutnya.

Tentu saja ada saat dimana saran yang orang lain berikan tidak sepenuhnya sesuai seperti kenyataannya, dan yang ada hanya menyalahkan dirimu sendiri karena tidak mengikuti apa yang kata hatimu sebenarnya inginkan.
Ketika kamu menghabiskan waktu untuk sendiri, kamu akan mempelajari bagaimana mempercayai insting mu dan membuat keputusan tanpa membutuhkan persetujuan atau campur tangan dari siapapun.

 11. Berhenti mencari pengakuan orang lain


Kita hidup berada di tempat dimana hampir semua hal kita menginginkan pengakuan dari orang lain, keberadaan kita, apa yang kita lakukan, dan apa saja yang kita capai. Terkadang saat semua hal tidak seperti yang diharapkan dan orang-orang bertindak justru sebaliknya, kita menyadari kalau itu hanya menghabiskan pikiran kita dan waktu yang terbuang sia-sia. Terus menerus mencari pengakuan orang lain misalnya ingin diakui di lingkaran pertemanan hanya akan menghabiskan energimu.
Saat kamu belajar menikmati kesendirian kamu akan menyadari bahwa pengakuan orang lain tidak lah sepenting dibanding dirimu sendiri. Karena hidup bukan hanya soal mencari pengakuan orang lain tapi mengakui dirimu sendiri lah hal terpenting pertama sebelum siapapun mengakuimu.

12. Memahami apa yang dunia coba sampaikan padamu


Bumi yang kita tinggali ini hanyalah seperti sebutir pasir di pantai, diluar dari itu semua ada hal yang diluar dari pemikiran kita, kesibukan, keindahan, dan semua didalamnya melenakan, kamu tidak bisa memahami apa yang disampaikan dunia padamu jika tidak pernah memiliki waktu untuk dirimu sendiri, selalu sibuk dan mengabaikannya. Memiliki waktu untuk sendiri dapat membuatmu memahami untuk apa kamu hadir di tempat mu saat ini, arti dari keberadaanmu. Apa tujuanmu setelah ini dan semuanya.


Kesendirian tidaklah buruk, bahkan orang-orang hebat di dunia selalu memiliki waktu untuk dirinya sendiri, jadi berikan waktu untuk dirimu sendiri dan mulailah belajar menikmati waktu kesendirianmu untuk hal yang baik. 
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

This post have 0 comments

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.