15 Hewan Langka dan Menakjubkan di Dunia

Planet Bumi menyimpan begitu banyak misteri, mulai dari dasar laut dan hutan lebat yang kita tidak tahu seperti apa hewan-hewan yang mendiami nya, banyak saintis yang melakukan penelitian dan penemuan terhadap hewan-hewan baru untuk dapat di klasifikasikan ke dalam kerajaan hewan.

Seperti dibawah ini hewan-hewan paling langka dan paling menakjubkan di dunia yang berhasil ditemukan

15. Semut Panda

semut panda

Dilihat dari penampilannya hewan ini terlihat seperti gabungan antara semut dan panda, tapi untuk kamu tahu ya, sebenernya hewan ini bukanlah seekor semut, namun Tawon dari keluarga "mutillidae" yang memiliki spesies lebih dari 3000 spesies Tawon, dimana salah satu betina dari spesies nya adalah semut panda.

Serangga ini pertama kali ditemukan di wilayah pesisir Cile Tengah pada tahun 1938. Memiliki sengatan yang mematikan bahkan mampu merobohkan seekor sapi.

14. Snow Leopard

leopard



Memiliki nama latin Panthera Uncia, hewan yang dapat ditemukan di pegunungan di Asia Tengah ini mulai terancam populasi nya.

13. Cumi-cumi bergigi manusia


cumi cumi


Memiliki 8 lengan ditambah 2 lengan besar dan gigi yang tampak seperti gigi manusia, hewan ini terlihat mengerikan sekaligus aneh, dengan nama latin Promachoteuthis sulcus dari spesies cumi promachoteuthid diketahui tertangkap oleh kapal riset Jerman R / V Walther Herwig di Tristan da Cunha, samudra selatan (36 ° 49'S 12 ° 17'W), pada kedalaman 1.750 -2,000 m (5,740-6,560 kaki).

Faktanya adalah hewan ini sulit untuk ditemukan karena habitat nya yang berada di laut yang dalam ditambah dengan ukuran tubuh yang kurang lebih satu inci.
Saintis mengklaim bahwa hewan ini tidak bisa tumbuh besar.


12. The Blue-Footed Boobies


burung berkaki biru
sumber gambar: nytimes.com

Burung berkaki biru ini dapat ditemukan di Teluk California di sepanjang pantai barat Amerika Tengah dan Selatan Peru, memiliki ritual yang unik untuk menarik pasangannya, burung ini akan menari dengan mengangkat satu kaki dan satu kaki lainnya.
Kaki biru cerah mereka adalah ciri seksual. Semakin terang kaki burung jantan, semakin menarik bagi betina nya.

11. The Cardinal Gynandromorph


burung kardinal

Kalau kita lihat burung yang satu ini seperti warna bendera negara kita ya, dengan komposisi warna setengah merah dan putih.
Burung kardinal atau northern cardinal (Cardinalis cardinalis) yang pada umumnya terlihat hanya berwarna merah untuk Jantan dan berwarna putih untuk betina, yang satu ini memiliki karakteristik keduanya atau disebut Gynandromorph. 
Burung ini ditemukan oleh seorang pensiunan guru sekolah menengah bernama Robert Motz pada tahun 2008 yang pada saat itu melihat ke luar jendela belakang rumahnya di Illinois.

Temuannya itu menarik perhatian seorang ahli ornitologi bernama Brian Peer di Western Illinois University di Macomb, AS.  
dan teori nya mengatakan kalau burung tersebut mengalami kesalahan dalam kode genetik nya.

10. Amazon Milk Frog


katak beracun


Katak Susu Amazon, spesies katak ini berasal dari Hutan Hujan Amazon di Amerika Selatan.
Katak ini menghabiskan hampir seluruh hidupnya berada di puncak pohon atau hewan arboreal, ukuran tubuhnya bisa mencapai 2,5 sampai 4 inci panjangnya
sebagai pertahan diri dia dapat mengeluarkan cairan susu beracun yang berbau busuk dari kulit untuk melindungi dirinya dari predator. Katak susu Amazon tidak memiliki musuh alami berkat racun yang dimilikinya.
Hewan yang aktif dimalam hari ini mampu bertahan hidup sampai 25 tahun lamanya.

9. Nembrhota Cristata


siput laut


Hewan laut Ini bernama Nembrotha Cristata, seekor siput laut berwarna-warni yang ditemukan di Samudra Pasifik Indo-Pasifik yang tropis. 
Hewan ini tumbuh sekitar 50mm dan memiliki tubuh hitam dengan corak hijau . 
Seperti kebanyakan nudibranch atau siput laut tanpa cangkang, mereka memberikan sengatan yang menyakitkan . Mereka tidak menghasilkan sel yang menyengat itu sendiri tetapi memasukkannya ke jaringan mereka sendiri dari mangsanya yaitu ubur-ubur penyengat.


8. Glaucus atlanticus 

naga laut

Meski terlihat seperti naga berwarna biru, ternyata hewan ini masih termasuk dalam siput laut di keluarga glaucidae , sama seperti nembrhota cristata hewan ini juga memiliki kemampuan untuk menyengat yang didapat dari mangsanya. 
    
7. Satanic Leaf tailed Gecko


tokek paling langka
sumber gambar: Pinterest

Dikenal sebagai Uroplatus phantasticus. Tokek ini sangat ahli dalam kamuflase, dengan tubuh yang meniru daun mati membuat hewan ini sangat sulit di sadari keberadaannya baik bagi predator dan juga mangsanya . Tubuhnya yang bengkok, kulit berurat, dan ekor yang terlihat sangat mirip seperti dedaunan kering sangat membantu reptil ini dalam bertahan hidup dihabitatnya.

6. King of Saxony bird of paradise


burung paling langka

Burung yang satu ini banyak ditemukan di daerah pegunungan New Guinea, dan kadang-kadang diburu untuk diambil jambul nya
meski belum termasuk hewan yang terancam populasi nya, jika dibiarkan maka bisa saja dalam waktu dekat hewan ini masuk ke dalam daftar hewan yang terancam punah.

5. The Spotted Cuscus 

hewan langka

The Spotted Cuscus tersebar luas di New Guinea namun, di Australia terdapat pada ujung Cape York, sehingga merupakan hewan langka untuk dilihat, ditambah hewan ini juga sangat pemalu dan saat malam hari menghabiskan waktunya berada di cabang pohon. .
Hewan ini adalah subspesies dari posum.

4. Leafy Seadragon


Salah satu hewan yang paling ahli dalam berkamuflase, Leafy Seadragon adalah sejenis ikan yang masih memiliki hubungan famili dengan kuda laut.
bernama latin Phycodurus eques ini dapat bertahan hidup dengan menyamar menjadi rumput laut yang mengapung untuk mengelabui predator. 
Hewan ini dapat ditemukan di perairan pesisir Selatan dan timur Australia.

kuda laut
 sumber gambar: 7wallpaper


kuda laut
sumber gambar: aboutanimals

Dari penampilannya yang sangat menakjubkan seringkali hewan ini diambil oleh penyelam dan dijadikan peliharaan di aquarium, hal tersebut sampai mengurangi jumlah populasi nya pada awal 1990an, sehingga pemerintah Australia memberikan perlindungan penuh terhadap spesies tersebut. 
Selain itu pencemaran dan hilangnya habitat juga telah mengurangi jumlah mereka, dan sekarang hewan ini hampir terdaftar dalam hewan yang terancam punah.

3. Ikan Buaya

ikan paling langka

Ikan es putih berdarah, atau "ikan buaya" (Chaenocephalus aceratus). 
Mereka kekurangan sel darah merah dan hemoglobin, tapi memiliki sel darah putih. Memiliki tubuh yang transparant, dan mampu menyerap oksigen langsung dari air di sekitarnya.

2. Metallic Tarantula

laba laba langka

Poecilotheria metallica adalah spesies tarantula yang ditemukan hanya di daerah hutan gugur di Andra Pradesh, di India bagian selatan.

1. The Sarcastic Fringerhead

ikan paling langka

Sarcastic Fringerhead adalah ikan kecil yang hidup di lepas pantai California dan Baja California di Samudera Pasifik timur laut. Spesies ini dikenal dengan perilaku yang agresif apalagi saat mempertahankan wilayah kekuasaannya.
sepertinya ikan ini tidak bisa dikategorikan sebagai ikan paling cantik sedunia malah sepertinya lebih cocok disebut sebagai ikan paling aneh dan langka, ditambah dengan mulut yang seperti itu pantas saja dia dinamakan dengan sarkastic

hewan paling langka predator













NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post

This post have 0 comments

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.