Kandungan Nutrisi dan Manfaat Salmon Bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Salmon Bagi Kesehatan Tubuh

Salmon adalah salah satu jenis ikan yang berasal dari famili salmonidae. Ikan ini hidup di Samudra Atlantik dan juga Samudra Pasifik. Apa saja kandungan nutrisi dan manfaat salmon bagi kesehatan tubuh? Simak penjelasannya berikut ini.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Salmon Bagi Kesehatan Tubuh


1. Menjaga Kesehatan Mata


Penelitian mengungkapkan bahwa dengan mengonsumsi ikan salmon dapat membantu menyembuhkan sindrom mata kering. Hal itu karena ikan salmon mengandung omega 3 yang tinggi. Ikan ini juga dapat membantu mengatasi masalah degenerasi makula terkait usia yang dapat menyebabkan kebutaan.

Saat ini sedang dilakukan penelitian untuk mengetahui seberapa efektif ikan salmon dan omega 3 dalam hal drainase cairan intraokular dari mata. Hal penting yang perlu diketahui lainnya adalah bahwa omega-3 dalam ikan salmon sangat penting untuk perkembangan mata pada bayi.

2. Menjaga Kesehatan Kulit


Manfaat kedua terkait dengan mengonsumsi ikan salmon adalah membantu menjaga kesehatan kulit. Omega 3 dalam ikan salmon juga dapat membantu kulit menjadi lebih cerah dan lebih kenyal.

Ikan salmon mengandung karotenoid antioksidan astaksantin. Sel tersebut berguna dalam mengurangi efek kerusakan akibat radikal bebas pada kulit.

3. Meningkatkan Kesehatan Otak


Otak adalah organ penting pada tubuh manusia untuk menjaga kesehatan otak kita dapat mengonsumsi ikan salmon. Dengan kandungan omega 3 ikan salmon mampu membantu fungsi otak menjadi lebih efisien dan meningkatkan daya ingat.

Selain itu ikan salmon juga mengandung vitamin A, vitamin D, dan Selenium yang dapat melindungi sistem saraf dari kerusakan akibat pengaruh usia.

4. Membantu Mengatasi Masalah Tidur


Banyak orang yang yang memiliki stres karena pekerjaan dan kurangnya istirahat. Para penelitian sedang mempelajari kaitan antara mengonsumsi ikan salmon dan tidur malam.

Ikan salmon mengandung tryptophan tingkat tinggi yang merupakan hormon yang bertindak sebagai obat penenang alami. Dengan kata lain mengonsumsi ikan salmon dapat bermanfaat untuk kualitas tidur yang baik ketika di malam hari.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung


Manfaat yang terakhir untuk ikan salmon yaitu membantu menjaga kesehatan jantung. Tingginya kadar omega 3 membantu mengurangi kolesterol, menjaga fleksibilitas pembuluh darah, dan memperkuat otot jantung.

Ikan salmon juga mengandung asam amino esensial yang mana dari beberapa penelitian telah ditemukan manfaat nya yaitu untuk memperbaiki kerusakan pada jaringan kardiovaskular.

Asam amino esensial tersebut juga dapat mengurangi tekanan darah dengan menurunkan kadar kolesterol dan mencegah pengerasan dinding arteri. Ikan salmon juga dapat membantu mengurangi kemungkinan serangan jantung dan stroke.

Itulah di atas manfaat mengkonsumsi ikan salmon bagi kesehatan tubuh. Jadi mulai saat ini mulailah mengonsumsi ikan salmon sebagai menu makanan sehat anda, agar dapat merasakan manfaatnya.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.