Meski Pahit Ternyata Ini 7 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh

Siapa yang tidak kenal dengan sayuran satu ini, Pare. Pare adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki rasa yang pahit, namun meskipun begitu banyak orang yang menyukainya. Mengonsumsi Pare ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan karena kandungan nutrisi di dalamnya. Apa saja manfaat mengonsumsi pare? Berikut penjelasannya,

7 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh


1. Mengatasi Masalah Pernapasan


Mengonsumsi pare segar merupakan salah satu cara alami untuk mengatasi beragam masalah pernapasan seperti asma, pilek, batuk dan lain sebagainya. Tidak hanya buahnya, daun dari tanaman pare juga memiliki manfaat kesehatan yang tidak perlu diragukan lagi. Mengonsumsi daun pare yang telah dihaluskan dengan daun tulsi dan madu merupakan salah satu obat batu alami.

2. Mencegah Kanker


Salah satu manfaat pare berasal dari kandungan nutrisi dan antioksidan yang berperan dalam mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel kanker. Rutin konsumsi pare dapat mengontrol kadar gula darah, hal ini sangat baik untuk mencegah perkembangan sel kanker dan tumor dalam tubuh Anda. Sebagai informasi, gula merupakan sumber makanan bagi sel kanker, oleh karenanya sangat penting bagi Anda untuk mengontrol kadar gula darah untuk menjaga kesehatan.

Dalam beberapa penelitian, konsumsi pare sangat baik untuk mencegah beragam jenis sel kanker seperti kanker pankreas, kanker liver, kanker usus, kanker payudara dan kanker prostate.

3. Membantu Program Diet


Seperti halnya sayuran lainnya, pare merupakan jenis panganan rendah kalori dan kaya nutrisi yang baik untuk membantu menjaga berat badan Anda tetap ideal. Kandungan antioksidan dalam sayuran hijau ini dapat membantu mengeluarkan racun dan zat berbahaya dalam tubuh Anda, dipadukan dengan kandungan seratnya hal ini dapat meningkatkan metabolisme dan melancarkan sistem pencernaan Anda, sehingga membantu Anda menurunkan berat badan.

Pare merupakan sayuran yang rendah kalori sehingga mengonsumsi sebanyak apapun tidak akan meningkatkan berat badan Anda secara signifikan, disamping itu kandungan air dalam sayuran ini dapat menekan rasa lapar sehingga menahan Anda mengonsumsi cemilan yang tidak sehat.

4. Menurunkan Darah Tinggi


Rutin mengonsumsi pare sangat baik untuk sistem kardiovaskular Anda, kandungan potassium dalam sayuran hijau ini berperan sebagai vasodilator yang bekerja dengan melemaskan dan melebarkan pembuluh darah, hal ini dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah dan disaat bersamaan dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Disamping itu, kandungan antioksidan dalam sayuran pare dapat mencegah oksidasi pembuluh darah yang dapat mengeraskan dan menyempitkan pembuluh darah yang dapat meningkatkan tekanan darah Anda.

5. Menjaga Kesehatan Jantung


Konsumsi pare juga sangat baik untuk kesehatan jantung Anda. Kandungan nutrisi dan antioksidan dalam sayuran hijau ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang menempel pada dinding pembuluh darah sehingga menurunkan risiko penyumbatan pembuluh darah yang dapat menggiring Anda pada penyakit jantung dan stroke.

Oleh karenanya, bila Anda memiliki masalah kadar kolesterol tinggi, konsumsi pare merupakan solusi alami yang dapat Anda tempuh untuk menurunkan kadar kolesterol.

6. Baik bagi Diabetes


Manfaat pare untuk penderita diabetes telah terbukti secara klinis sangat baik dalam mengontrol kadar gula darah.

Dalam studi 3 bulan yang melibatkan 24 partisipan penderita diabetes menunjukan konsumsi suplemen 2000 mg ekstrak pare selama empat minggu menunjukan penurunan kadar gula darah dan hemoglobin A1c secara signifikan.

Dalam penelitian tersebut juga mengungkapkan konsumsi ekstrak pare menunjukan penurunan Fruktosamine, salah satu faktor pengontrol kadar gula darah.

7. Menjaga Kesehatan Ginjal


Konsumsi pare merupakan salah satu cara menjaga kesehatan ginjal Anda, kandungan antioksidan dalam ekstrak pare dapat mencegah pembentukan sekaligus menghancur batu ginjal secara alami. Pare dapat menurunkan kadar keasaman dalam tubuh Anda dan juga meredakan nyeri pada penderita batu ginjal.

Itulah diatas penjelasan mengenai apa saja manfaat pare bagi kesehatan tubuh. Jika artikel diatas bermanfaat jangan lupa bagikan. Salam sehat!
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.