7 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Lidah buaya atau memiliki nama latin Aloe vera merupakan tumbuhan yang berasal dari benua Afrika. Tumbuhan ini dikenal karena manfaat pengobatan nya sejak ribuan tahun yang lalu. Nah untuk mengetahui apa saja manfaat dari lidah buaya, simak penjelasannya melalui postingan ini.

Lidah buaya digunakan untuk mengatasi beragam masalah kulit seperti kulit terbakar sinar matahari, luka bakar, psoriasis dan masalah kulit yang disebabkan oleh udara dingin. Jelly lidah buaya juga memiliki khasiat untuk mengatasi masalah Nyeri Sendi, Radang usus, Demam, Kulit Gatal karena Alergi dan Peradangan.

7 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Selain itu, kandungan vitamin dan mineral yang terdapat didalamnya juga dapat mengatasi masalah asma, diabetes, mencegah depresi, sembeli dan meredakan efek samping pengobatan radiasi. Di postingan kali ini kita akan membahas mengenai apa saja manfaat yang didapat dari lidah buaya bagi kesehatan maupun kecantikan.

7 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan


1. Menjaga Kesehatan Kulit


Manfaat lidah buaya untuk kesehatan kulit sangat banyak sekali karena kandungan nutrisi yang terkandung didalamnya dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral kulit Anda. Lidah buaya dapat memberikan perawatan, exfoliate, menutrisi, mencegah dan memnuhi kebutuhan nutrisi kulit Anda.

Lidah buaya kaya akan kandungan vitamin C, vitamin E dan Beta Karoten yang dapat memelihara dan mencegah penuaan dini pada kulit. Lidah buaya dapat melembabkan kulit tanpa membuatnya berminyak hanya dengan mengoleskan jelly lidah buaya pada permukaan kulit Anda.

Ekstrak lidah buaya atau produk kecantikan yang memiliki kandungan lidah buaya sangat baik untuk digunakan terutama pada mereka yang berada di suhu dingin ataupun panas. Kandungan vitamin dan mineral didalamnya sangat baik untuk menjaga sel kulit pada lapisan Epithelial sehingga menghindarkan Anda dari warna kulit tidak merata, kulit terbakar matahari dan stretchmarks.

2. Mampu Menurunkan Berat Badan


Selain untuk kesehatan kulit, ternyata lidah buaya dapat membantu menurunkan berat badan dengan maksimal. Kandungan vitamin dan mineral seperti Asam Amino, beragam Enzim dan antioksidan yang sangat baik untuk menurunkan berat badan, meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan dan menjaga kesehatan Anda secara umum.

Ekstrak Lidah Buaya banyak digunakan dalam produk kesehatan seperti suplemen diet dan jus. Kandungan antioksidan didalamnya dapat melindungi diri Anda dari radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tanaman hijau ini juga merupakan sumber protein yang diperlukan untuk pembentukan massa otot dan memberikan energi bagi Anda.

Untuk Membuat Jus Lidah Buaya, caranya cukup mudah yakni Ambil bagian jelly lidah buaya dan potong dadu lalu kemudian haluskan menggunakan blender. Untuk menghilangkan rasa pahit dari jus lidah buaya, Anda dapat mencampurkan buah-buahan atau maupun untuk mendapatkan rasa manis.

3. Mengatasi Rambut Rontok


Lidah buaya memiliki kandungan Enzim Proteolytic yang dapat memperbaiki sel kulit mati pada kulit kepala Anda. Selain itu, kandungan enzim tersebut juga dapat bekerja sebagai kondisioner alami dan menutrisi rambut Anda.

Kandungan vitamin dan mineral seperti Asam Amino, Oksigen, Carbon, Hidrogen, Nitrogen dan Sulfur dari tumbuhan ini sangat baik untuk menyuburkan rambut, mencegah gatal pada kulit kepala, mengurangi ketombe dan melebabkan rambut Anda. Selain itu, struktur kimia dari lidah buaya sangat mirip keratin rambut dan mampu menutrisi rambut Anda dan mencegah kerontokan.

Cara membuat Masker rambut dari lidah buaya cukup mudah, Anda cukup menghaluskan lidah buaya dan menjadikannya masker rambut, lakukan setiap dua minggu sekali.

4. Mengatasi Masalah Sembelit


Kulit lidah buaya memiliki kandungan Latex yang berperan sebagai obat pencahar alami, kandungan nutrisi yang terdapat pada kulit lidah buaya dapat meng-hidrasi usus, menstimulasi produksi lendir dan meningkatkan pergerakan usus, yang mana melancarkan pergerakan makanan pada sistem pencernaan Anda.

Sehingga, lidah buaya merupakan obat pencahar alami yang sangat baik untuk pengobatan sembelit tanpa efek samping negatif bagi kesehatan Anda.

5. Melancarkan Sistem Pencernaan


Kandungan latex dan sifat anti-peradangan yang dimiliki oleh lidah buaya juga bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan Anda tetap lancar.

Jus Lidah biaya dapat melancarkan pencernaan, menormalkan kadar Alkalin dan pH tubuh Anda, mengurangi bakteri di usis dan menjaga pergerakan perut Anda.

Dalam hasil study yang dipublikasikan di Journal of Research in Medical Science menemukan bahwa mengonsumsi 30 mililiter jus lidah buaya dua kali dalam sehari dapat menurunkan rasa ketidaknyamanan pada penderita irritable Bowel Syndrome.

Selain itu, kandungan anti-bakteri yang dimiliki tanaman ini sangat baik untuk memperbaiki dinding perut dan mengobati radang perut yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Enzim yang terdapat dalam lidah buaya dapat memecahkan protein dan mengubahnya untuk menjadi energi bagi sel-sel di seluruh tubuh Anda, hal ini dapat menjaga sel agar berfungsi maksimal.

Kandungan Bradykinase dalam lidah buaya dapat menstimulasi sistem kekebalan tubuh dan mengatasi infeksi yang disebabkan oleh radikal bebas atau bakteri. Kandungan Zinc didalamnya juga merupakan nutrisi esensial yang dibutuhkan untuk menjaga sistem imun tubuh Anda.

Memenuhi kebutuhan Zinc tubuh Anda dapat menangkal beragam penyakit, membunuh bakteri dan melindungi fungsi lapisan sel-sel tubuh Anda. Zinc juga komponen perting untuk menangkal hormon receptor dan protein sehingga dapat meningkatkan sistem imun dan mempengaruhi mood Anda.

Dalam penelitian yang dilakukan pada 2014 silam yang meneliti mengenai manfaat lidah buaya untuk kesehatan gigi menemukan bahwa kandungan aloe vera ini memiliki sifat antiseptik, anti-peradangan, anti virus dan anti jamur yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh tanpa efek samping alergi.

7. Baik bagi Penderita Diabetes


Beberapan bukti yang dilakuan pada manusia dan hewan mengenai manfaat lidah buaya dapat meringankan kondisi hyperglycemia dan peningkatan kadar lemak darah yang umumnya terjadi pada penderita diabetes dan dapat menyebabkan komplikasi penyakiit jantung dan stroke.

Dalam penelitian yang dilakukan pada 72 partisipan yang memiliki masalah diabetes dengan melakuan terapi aloe vera, yakni mengonsumsi satu sendok makan jelly lidah buaya selama enam minggu. Hasilnya, mereka yang melakukan terapi ini memiliki kadar gula darah dan kadar trigliserida yang tinggi.

Dalam penelitian lain, peneliti mengkombinasikan jelly lidah buaya dengan Glibenclamide–obat diabetes– menemukan hasil yang kurang lebih sama karena mereka yang diberikan terapi lidah buaya ini memiliki kadar gula dan trigliserida yang lebih rendah daripada yang tidak melakukan terapi.

Itulah diatas manfaat lidah buaya bagi kesehatan dan kecantikan. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.