Tips Membeli HP Android Bekas [Berdasarkan Pengalaman]

Tips membeli hp android bekas - Sebagian orang memilih untuk membeli hp bekas dibandingkan yang baru karena beberapa alasan tapi yang paling utama karena harganya yang jauh lebih murah.

Namun masih banyak orang yang awan dan tidak berhati-hati dalam memilih dan membeli hp bekas dengan benar, alhasil marak terjadinya kasus penipuan akibat kurang mengerti mengenai barang yang dibelinya.

Banyak yang mengeluhkan kualitas dari hp bekas atau hp second yang tidak sesuai harapan. Baru beberapa hari atau bulan hp sudah rusak, fitur tidak beroperasi dengan semestinya, barnag yang dibeli ternyata tidak original, dan masih banyak lainnya.

Sebagai pembeli kita harus cerdas untuk mengetahui hal hal berikut sebelum memutuskan untuk membeli hp atau smartphone android bekas agar tidak menyesal di kemudian hari. misterhidayat.blogspot.com ingin berbagi informasi mengenai tips memilih dan membeli HP Android bekas berdasarkan pengalaman agar tidak tertipu.

Tips Membeli HP Android Bekas [Berdasarkan Pengalaman]




1. Perhatikan di mana tempat membelinya


Saat ini kebanyakan orang membeli hp bekas namun tidak memperhatikan di mana membeli nya, karena tergiur harga murah dan tampilan hp yang terlihat baik. Pastikan kamu membeli hp di tempat yang tepat.

Umumnya orang membeli hp bekas di counter HP, perorangan secara langsung, dan terakhir melalui online. Jika kamu membelinya di konter HP pastikan kamu tahu betul toko HP yang memiliki reputasi baik yang direkomendasikan orang orang yang pernah membeli di konter tersebut. Bisa tanya tanya kepada teman atau orang di sekitar kamu.

Jika membelinya melalui perorangan atau ada orang lain yang menawarkan hp android bekas untuk dijual kepada kamu, jika mengenalnya itu lebih baik namun jika kamu baru kenal pastikan ajak untuk bertemu atau COD. Saran saya jangan lakukan transaksi malam hari karena biasanya mata tidak jeli memeriksa kondisi barang dengan detail.

Apabila memutuskan untuk membeli hp second melalui online memang agak beresiko karena kita tidak tahu secara pasti hp yang akan diterima seperti apa, kamu pasti sudah tahu istilah membeli kucing dalam karung bukan? yap itulah resiko bertransaksi melalui online.

Untuk tips nya pastikan kamu membeli di toko online terpercaya, untuk sistem pembayaran lebih baik COD atau barang datang kamu bayar. Jika memang tidak bisa COD pastikan gunakan layanan rekening bersama atau rekber. Rekber biasanya sudah disematkan di sistem toko online besar dan sudah terkenal misalnya lazada atau tokopedia.

2. Periksa Kondisi Barang


Untuk tips yang kedua ini biasanya yang paling sering jadi penyebab orang menyesal setelah membeli hp bekas, karena tidak mengerti betul apa yang harus dicek dan lain lain. Yang harus kamu memerika kualitas dan kondisi hp yang akan dibeli.

Kualitas hp atau smartphone bisa dilihat dari kode IMEI. apa itu kode IMEI? International Mobile Equipment Identity yaitu semacam kode identitas pada tiap perangkat yang dipasarkan oleh vendor HP. jadi setiap hp memiliki kode IMEI yang berbeda-beda.

Kode IMEI ini biasanya memiliki jumlah sebanyak 15 digit dan berfungsi untuk mengetahui kualitas dan keaslian dari perangkat hp tersebut. Bagaimana cara mengeceknya? untuk merek Samsung, Xiaomi kamu bisa mengecek melalui kode *#06# setelah muncul di layar silahkan kamu cocokan dengan kode IMEI di dalam Box atau kardus hp tersebut jika benar cocok berarti hp bekas yang akan kamu beli bisa terjamin keasliannya.

Selain itu ada beberapa yang perlu diperhatikan, pada kode digit IMEI ke 7 dan ke 8 adalah asal hp tersebut di buat. Berikut daftarnya


  • 00 Prancis
  • 01 Finlandia
  • 10 Finlandia
  • 08 Jerman
  • 80 Jerman
  • 20 China
  • 02 China
  • 40 India
  • 04 India


Untuk kualitas terbaik adalah dari prancis dan finlandia, tapi kebanyakan hp saat ini kebanyakan di buat di Cina dan itu tidak masalah karena hp dengan merek apapun seperti oppo atau iphone dan sistem operasi apapun seperti android atau iOS kebanyakan dibuat di Cina.

Jadi jangan anggap smartphone atau hp yang dirakit di Cina memiliki kualitas buruk, itu cuma mitos lama.

Setelah cek kode IMEI ada beberapa kode penting juga yang perlu kamu tahu. Kode yang kedua yaitu *#*#4636#*#* fungsinya adalah untuk melihat informasi statistik penggunaan hp dan penggunaan baterai.

Kode yang ketiga yang paling penting dan harus dilakukan pengecekan yaitu kode untuk memeriksa kondisi HP. Ketikan kode *#0*# untuk melihat kondisi perangkat lunak seperti layar sentuh, sensor, LCD speaker, sinyal dan lain lain.

Dengan kode tersebut kamu akan mengetahui jika hp yang akan kamu beli masih bagus atau tidak. Setelah mengetikan kode tersebut akan muncul beberapa menu yang bisa kamu gunakan untuk memastikan perangkat keras di dalam hp tersebut. Kalau kamu memilih menu tertentu misalnya layar sentuh, akan terlihat bagian mana saja area di layar yang tidak berfungsi.

Kode *#*#7378423#*#* (Sony)
Kode *#*#3424#*#* (HTC)
Ketikan di aplikasi kalkulator bawaan .12345+= (ASUS)

3. Periksa fungsi dan kelengkapan hp


Jika sebelumnya kamu sudah mengecek fitur dan perangkat keras di dalam hp tersebut, selanjutnya silahkan kamu periksa kondisi fisik hp . Periksa tombol home, tombol power, tombol volume dan kamera apakah masih berfungsi.

Periksa juga lubang adapter apakah masih berfungsi. Lihat juga tampilan dan bentuk baterai hp tersebut apakah masih terlihat bagus dan tidak kembung. Ketika membeli hp bekas yang masih memiki kelengkapan seperti charger, headset dan adapter akan lebih bagus dibandingkan hanya hp nya saja. Tapi itu kembali lagi tergantung kamu mau atau tidak.

4. Cek Kelengkapan Garansi


Nah terakhir yang tidak kalah pentingnya, pastikan juga mengenai garansi hp tersebut. Jangan sampai baru beberapa hari sudah rusak dan kamu tidak apa yang harus dilakukan. Karena kalau barang sudah ditangan penjual tidak bertanggung jawab pada kerusakan setelah pemakaian. Apalagi jika penjual tidak memberikan garansi. Jadi sekali lagi pastikan membeli hp yang disertai garansi meskipun itu hp bekas.

Itulah tips membeli hp android bekas berdasarkan pengalaman saya sendiri. Karena saya lihat masih banyak orang yang tertipu karena hp bekas yang baru di beli hanya memiliki umur singkat. Jika kamu memiliki saran dan pengalaman ketika membeli hp bekas agar aman dan tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan, silahkan berbagi di kolom komentar dan jika artikel ini bermanfaat jangan lupa share.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.