5 Tips Sebelum Melakukan Tes HIV

5 Tips Sebelum Melakukan Tes HIV

Sebagian orang enggan melakukan tes HIV karena beberapa alasan, biasanya mereka enggan karena takut dan malu, tapi tahukah anda penting melakukan tes HIV agar menghindari kemungkinan terburuk yang bisa terjadi pada diri anda. Di postingan kali ini misterhidayat ingin berbagi informasi mengenai 5 tips sebelum memutuskan untuk melakukan tes HIV.

5 Tips Sebelum Melakukan Tes HIV


1. Perbanyak referensi


Sebelum melakukan tes HIV Sebaiknya Anda memperbanyak referensi dengan membaca informasi dan menonton video mengenai berita HIV, Kenapa? agar tidak salah persepsi terhadap penyakit ini, pastikan informasi yang Anda dapatkan adalah informasi terbaru dan terupdate, jangan sampai anda mendapatkan informasi lama yang membuat Anda berfikir bahwa HIV adalah sama dengan kematian padahal dunia kesehatan saat ini didukung dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, HIV bisa ditangani salah satunya melalui pengobatan ARV. 

Selain dengan membaca, Menonton video inspirasi atau motivasi dari para ODHA (orang dengan hiv aids) juga penting untuk menambah motivasi anda agar setidaknya mau datang ke rumah sakit dan berkonsultasi kepada dokter mengenai masalah ini. 

2. Bergabung di grup media sosial


Saran dan tips yang kedua adalah bergabung di grup grup media sosial seperti Facebook, supaya menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai penyakit HIV secara langsung dari orang orang yang mengalaminya. Saya sarankan untuk gabung di grup tidak hanya grup lokal tapi internasional agar wawasan yang didapat lebih luas lagi. 

3. Mencari Tempat tes HIV yang tepat


Tips yang ketiga adalah mencari tempat tes HIV yang tepat, bisa rumah sakit atau puskesmas. Bagaimana cara nya? Anda bisa menggunakan aplikasi Google untuk mencari tempat tes HIV. Misalnya anda berlokasi di Jakarta silakan cari melalui Google dengan kata kunci "tempat tes hiv di Jakarta". Biasanya ada Blog atau Vlog tentang review rumah sakit yang pernah mereka datangi untuk melakukan tes HIV. Anda juga bisa menanyakannya melalui grup grup media sosial yang anda sudah bergabung di dalamnya, tanyakan juga pengalaman mereka selama tes di tempat tersebut, bagaimana perlakuan petugas kesehatan kepada pasien HIV dan lain sebagainya.

4. Menerima kekurangan diri


Tidak bisa dipungkiri hidup dengan HIV adalah hal yang sulit, Meskipun begitu anda harus bisa menerima kekurangan diri sendiri. Tanamkan pemikiran kalau tidak ada orang yang sempurna. Semua pasti memiliki kekurangan dan kesalahan karena memang itulah arti menjadi manusia. Manusia adalah tempat salah namun akan menjadi manusia yang mulia jika kita bisa memperbaiki kesalahan dan menjadi lebih baik untuk diri sendiri bahkan bisa menginspirasi orang lain. 

5. Cari teman untuk tes


Tips yang terakhir atau yang kelima adalah mencari teman yang bisa mendampingi anda saat melakukan tes HIV, kenapa? Jika anda sudah melakukan tips atau saran pada poin sebelumnya lalu secara mental anda siap untuk tes HIV, apapun hasilnya nanti tetap saja kita membutuhkan setidaknya satu teman yang bisa menyemangati anda apalagi jika hasilnya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. 

Itulah 5 tips sebelum memutuskan untuk melakukan tes HIV, anda bisa melakukan tips dan saran diatas agar tidak salah sangka mengenai penyakit ini karena saya tekankan lagi bahwa HIV tidak sama dengan kematian. HIV bisa ditangani oleh karena itu jangan putus asa, teruslah berjuang untuk hidup dan jadilah inspirasi untuk orang lain.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.