5 Hal Umum yang Membuat Shalat Menjadi Tidak Khusyuk

5 Hal Umum yang Membuat Shalat Menjadi Tidak Khusyuk

Pernahkah anda merasa sulit berkonsentrasi ketika shalat? Ya kadang-kadang kita berada di dalam situasi tersebut dan tidak menyadari apa yang mengganggu kekhusyukan kita ketika salat.

Khusyu adalah salah satu bagian terpenting dari salat seperti yang difirmankan Allah di dalam al-quran,

"Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman yaitu orang-orang yang khusyuk dalam shalatnya". (QS Al Mu'minun: 1-2)

Khusyu' dalam bahasa Arab merujuk kepada kerendahan hati yaitu tunduk, pasrah, atau merendah. Khusyu' adalah ketenangan dan kepasrahan terhadap Allah Subhanahu Wa Ta'ala di dalam melaksanakan ibadah khususnya shalat.

Salat tanpa khusu' ibarat api tanpa kehangatan, Oleh karena itu sebagai seorang muslim wajib adanya untuk khusu Di dalam salat. Di bawah ini 7 hal umum yang sering mengganggu kekhusyukan ketika salat.

5 Hal Umum yang Membuat Shalat Menjadi Tidak Khusyuk


1. Tidak Membersihkan Fikiran


Setiap hari otak kita memproses informasi dari mulai pekerjaan, tugas, masalah, dan banyak hal yang membuat fikiran kita terbebani. Di saat itulah setan menganggu konsentrasi kita dengan membisikan hal hal yang membebani otak kita tadi di waktu ketika kita makan, tidur atau yang paling penting ketika kita melakukan ibadah khususnya shalat.

Untuk menghindari hal tersebut sebisa mungkin anda istirahat di sela waktu harian anda untuk berfikir dan menenangkan diri agar ketika waktu ibadah shalat tiba fikiran negatif tersebut tidak mengganggu konsentrasi anda.

2. Mengingat hal hal mendesak


Selama shalat setan juga cenderung mengingatkan kita tentang hal-hal mendesak yang lupa kita lakukan. Misalnya ketika anda pergi ke masjid lalu ketika waktu salat tiba dan mulai membaca doa shalat tiba-tiba ada terpikir apakah anda sudah mengunci pintu rumah.

Contoh lain misalnya ketika shalat tiba tiba anda terfikir apakah anda sudah mengerjakan tugas A dan semacamnya.

Yang perlu anda sadari bahwa semua itu adalah tipu muslihat setan untuk merusak kekhusyukan dan konsentrasi sholat.

3. Khawatir tentang keabsahan wudhu


Hal ini menjadi masalah besar yang menyebabkan orang meninggalkan shalat karena mereka tidak yakin apakah mereka sudah bersuci atau tidak. Seperti yang diutarakan Abbad ibnu Tamim dari pamannya yang mengeluh kepada Rasulullah mengenai seorang pria yang berfikir bahwa ia telah membatalkan salat karena buang angin.

Lalu Rasulullah berkata,

''Dia tidak boleh berpaling atau meninggalkan shalat kecuali dia mendengar suara atau mencium sesuatu". (Al Bukhari 1: Bab 4, Hadist 137)

4. Khawatir Akan Kesalahan


Pernahkah terlintas di fikiran anda ketika mengucapkan niat atau doa shalat sudah benar atau belum? Lalu anda mengulang nya lagi.  Atau anda berfikir sepertinya anda menukar doa rukuk dengan doa sujud dll. Selama melafalkan doa pikirkan saja apa yang sedang anda lakukan saat ini.

5. Tempat yang tidak nyaman


Ketika anda salat di masjid atau di suatu tempat di mana pun itu terkadang kita salat dengan kondisi yang membuat sulit berkonsentrasi misalnya tidak ada pendingin ruangan atau kipas mati. Lalu anda merasa suhu panas dan akhirnya sulit berkonsentrasi.

Perlu anda Ingat masih banyak orang-orang di luar sana yang menjalani ibadah salat ketika perang atau selama operasi berlangsung. Oleh karena nya jangan karena hal sepele membuat shalat anda tidak khusu'.

Itulah 5 hal umum yang sering membuat shalat menjadi tidak khusu'. Jika artikel diatas bermanfaat silahkan bagikan untuk membantu menyebarkan hal baik kepada banyak orang.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
Copyright © 2024 . All Rights Reserved.